UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationDalam studi kuasi‑eksperimental ini, temuan kuantitatif dianalisis mengenai bagaimana pengelompokan mahasiswa berdasarkan tipe kecerdasan majemuk dominan serta pemberian aktivitas Kecerdasan Majemuk yang sesuai memengaruhi perkembangan keterampilan membaca mereka. Kelompok kontrol dan eksperimental dirancang untuk membandingkan efektivitas aktivitas dan tugas pengajaran Kecerdasan Majemuk terhadap kemampuan membaca. Sebuah kuesioner diberikan kepada 95 mahasiswa EFL junior untuk mengidentifikasi tipe kecerdasan dominan mereka di sebuah universitas swasta di Irak. Berdasarkan tipe dominan, pusat pembelajaran berbeda dibentuk dengan aktivitas yang sesuai. Selama 16 minggu, efek aktivitas pengajaran Kecerdasan Majemuk diukur dengan pre‑test, tes kemajuan, ujian pencapaian, dan post‑test. Hasil menunjukkan kelompok eksperimental secara signifikan meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan, terutama dalam pemahaman dan visualisasi makna, serta terdapat hubungan yang kuat antara aktivitas Kecerdasan Majemuk dengan motivasi siswa dan manajemen kelas.
Studi kuasi‑eksperimental ini menunjukkan adanya hubungan kuat antara aktivitas pengajaran berbasis Kecerdasan Majemuk dengan peningkatan pemahaman bacaan mahasiswa EFL, dimana teknik seperti storytelling efektif bagi kecerdasan verbal‑linguistik dan brainstorming bagi kecerdasan visual.Temuan tersebut menegaskan bahwa menyediakan kegiatan yang selaras dengan berbagai tipe kecerdasan dapat meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan prestasi membaca.Oleh karena itu, pengintegrasian prinsip Kecerdasan Majemuk dalam desain kurikulum membaca sangat dianjurkan untuk mendukung keberagaman pembelajar.
Penelitian selanjutnya dapat (1) menguji efektivitas pendekatan berbasis Inteligensi Ganda pada peningkatan kemampuan membaca EFL dengan sampel yang lebih luas, meliputi beberapa universitas di berbagai wilayah Irak, guna menilai generalisasi temuan; (2) meneliti dampak jangka panjang selama setidaknya satu tahun penerapan aktivitas Inteligensi Ganda terhadap retensi pemahaman bacaan serta motivasi belajar mahasiswa, sehingga dapat memperjelas keberlanjutan manfaat intervensi; (3) mengeksplorasi penggunaan platform pembelajaran digital adaptif yang mengintegrasikan prinsip Inteligensi Ganda untuk memberikan tugas membaca yang dipersonalisasi sesuai profil kecerdasan masing‑masing siswa, serta menilai kontribusinya terhadap peningkatan hasil belajar dan kepuasan siswa dalam konteks EFL.
| File size | 320.64 KB |
| Pages | 18 |
| Short Link | https://juris.id/p-3w |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Mereka menyebutkan metode pengajaran, buku teks, dan kurangnya minat sebagai alasan rendahnya kemampuan menulis. Selain itu, peserta percaya bahwa peningkatanMereka menyebutkan metode pengajaran, buku teks, dan kurangnya minat sebagai alasan rendahnya kemampuan menulis. Selain itu, peserta percaya bahwa peningkatan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Temuan pertama menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana sadar akan strategi regulasi motivasi, yaitu konsekuensi diri, tujuan penghindaran, tujuan pendekatan,Temuan pertama menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana sadar akan strategi regulasi motivasi, yaitu konsekuensi diri, tujuan penghindaran, tujuan pendekatan,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Qualitative results showed students with high and medium anxiety experienced anxiety due to language competence (vocabulary, grammar), negative experiences,Qualitative results showed students with high and medium anxiety experienced anxiety due to language competence (vocabulary, grammar), negative experiences,
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini menemukan bahwa strategi Self-Regulated Writing (SRW) paling dominan pada dimensi lingkungan sosial, diikuti oleh dimensi kinerja dan metode,Penelitian ini menemukan bahwa strategi Self-Regulated Writing (SRW) paling dominan pada dimensi lingkungan sosial, diikuti oleh dimensi kinerja dan metode,
UNISLAUNISLA Hasil penelitian ini menyoroti baik manfaat maupun tantangan dalam mengimplementasikan *extensive viewing*, serta persepsi mahasiswa terhadap efektivitasnya.Hasil penelitian ini menyoroti baik manfaat maupun tantangan dalam mengimplementasikan *extensive viewing*, serta persepsi mahasiswa terhadap efektivitasnya.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Flash cardboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk aktivitas berbicara, khususnya dalam proses storytelling. Penggunaan media dalam pembelajaranFlash cardboard merupakan salah satu media yang digunakan untuk aktivitas berbicara, khususnya dalam proses storytelling. Penggunaan media dalam pembelajaran
UNMUNM Sebagai lingua franca internasional, Bahasa Inggris memegang peran penting bagi mahasiswa bidang kesehatan, baik untuk keberhasilan akademik maupun karier,Sebagai lingua franca internasional, Bahasa Inggris memegang peran penting bagi mahasiswa bidang kesehatan, baik untuk keberhasilan akademik maupun karier,
USKUSK Oleh karena itu, guru dan pelatih TOEFL sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan melakukan latihan belajar untuk tujuh topik dengan persentase tertinggiOleh karena itu, guru dan pelatih TOEFL sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan melakukan latihan belajar untuk tujuh topik dengan persentase tertinggi
Useful /
PPLPPL Hasil kegiatan ini mengintegrasikan teknologi digital guna mendorong Desa Wisata Genggelang menjadi destinasi yang lebih menarik dan informatif. PendampinganHasil kegiatan ini mengintegrasikan teknologi digital guna mendorong Desa Wisata Genggelang menjadi destinasi yang lebih menarik dan informatif. Pendampingan
UNMUNM Kulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untukKulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untuk
UNMUNM Untuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisisUntuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis
UNMUNM Kulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi bahan baku kertas. Metode organosolv menggunakan pelarut etanol 60% pada suhu 170 °CKulit pisang mengandung selulosa tinggi sehingga berpotensi menjadi bahan baku kertas. Metode organosolv menggunakan pelarut etanol 60% pada suhu 170 °C