FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM

SOCIETYSOCIETY

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak keberadaan Bandara Internasional Lombok Terhadap Konsentrasi. Belajar Siswa dan Upaya penanganan guru dalam mengatasi gangguan konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah. terhadap keberadaan Bandara Internasional Lombok. Penelitin ini merupakan penelitian Kulaitatif jenis analisis. Deskriftif. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VII putra, guru, kepala sekolah MTs Fajrul Hidayah, dan karyawan. Bandara Internasional Lombok. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan. dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan. kesimpulan (Verifikasi). Pengecekan keabsahan data dengan peningkatan ketekunan dan menggunkan Triangulasi. sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) dampak keberadaan Bandara Internasional Lombok Terhadap. Konsentrasi Belajar Siswa kelas VII Di MTs Fajrul Hidayah yaitu: perilaku kognitif meliputi, terganggunya pengetahuan. dan pemahaman siswa. (b) perilaku afektif meliputi, terganggunya semangat, perhatian, sikap, motivasi belajar siswa, dan. nilai siswa sebelum adanya bandara 10% di bawah KKM, setelah adanya bandara nilai siswa menurun menjadi 35% di. bawah KKM. (c) perilaku psikomotor meliputi, terganggunya keterampilan siswa dalam menyampaikan materi. (d). perilaku bahasa meliputi, tidak terkoordinasinya penjelasan siswa. 2) Upaya penanganan guru dalam mengatasi gangguan. konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah terhadap keberadaan Bandara Internasional Lombok yaitu: (a). menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan situsi dan kondisi. (b) menggunakan media pembelajaran berupa. gambar, bagan, dan LCD.

Penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Bandara Internasional Lombok mengganggu konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah dengan hambatan pada aspek kognitif (pengetahuan dan pemahaman), afektif (perhatian, sikap, motivasi belajar, dan nilai siswa), psikomotor (keterampilan menyampaikan materi), serta bahasa (koordinasi penjelasan siswa).Gangguan tersebut menyebabkan penurunan nilai siswa dari 10% di bawah KKM sebelum beroperasinya bandara menjadi 35% di bawah KKM setelahnya.Temuan ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran dan penanganan khusus untuk meminimalkan dampak kebisingan bandara terhadap proses belajar siswa.

Penelitian lanjutan bisa diarahkan pada beberapa ide baru. Pertama, kaji efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi—seperti penggunaan video atau animasi interaktif—dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat siswa di kelas yang berdekatan dengan bandara, untuk mengetahui seberapa besar inovasi digital dapat meredam pengaruh bising eksternal. Kedua, lakukan penelitian eksperimental terkait variasi durasi istirahat terstruktur dan teknik manajemen waktu seperti model Pomodoro atau jeda aktif, guna menilai dampaknya pada motivasi dan kesiapan belajar siswa saat menghadapi suara pesawat yang sering melintas. Ketiga, selidiki peran keterlibatan orang tua melalui program workshop persiapan belajar di rumah dan umpan balik rutin dalam memitigasi efek kebisingan lingkungan terhadap prestasi akademik siswa. Keempat, lakukan survei lintas sekolah dengan tingkat kebisingan berbeda agar dapat mengidentifikasi ambang batas kebisingan kritis yang memengaruhi kemampuan belajar siswa. Dengan menyatukan pendekatan teknologi, manajemen waktu, dukungan orang tua, dan survei lingkungan, penelitian selanjutnya dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan sekolah dan model pembelajaran yang tangguh terhadap gangguan eksternal.

  1. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
Read online
File size370.12 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test