FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM
SOCIETYSOCIETYTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak keberadaan Bandara Internasional Lombok Terhadap Konsentrasi. Belajar Siswa dan Upaya penanganan guru dalam mengatasi gangguan konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah. terhadap keberadaan Bandara Internasional Lombok. Penelitin ini merupakan penelitian Kulaitatif jenis analisis. Deskriftif. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VII putra, guru, kepala sekolah MTs Fajrul Hidayah, dan karyawan. Bandara Internasional Lombok. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan. dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan. kesimpulan (Verifikasi). Pengecekan keabsahan data dengan peningkatan ketekunan dan menggunkan Triangulasi. sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) dampak keberadaan Bandara Internasional Lombok Terhadap. Konsentrasi Belajar Siswa kelas VII Di MTs Fajrul Hidayah yaitu: perilaku kognitif meliputi, terganggunya pengetahuan. dan pemahaman siswa. (b) perilaku afektif meliputi, terganggunya semangat, perhatian, sikap, motivasi belajar siswa, dan. nilai siswa sebelum adanya bandara 10% di bawah KKM, setelah adanya bandara nilai siswa menurun menjadi 35% di. bawah KKM. (c) perilaku psikomotor meliputi, terganggunya keterampilan siswa dalam menyampaikan materi. (d). perilaku bahasa meliputi, tidak terkoordinasinya penjelasan siswa. 2) Upaya penanganan guru dalam mengatasi gangguan. konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah terhadap keberadaan Bandara Internasional Lombok yaitu: (a). menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan situsi dan kondisi. (b) menggunakan media pembelajaran berupa. gambar, bagan, dan LCD.
Penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Bandara Internasional Lombok mengganggu konsentrasi belajar siswa di MTs Fajrul Hidayah dengan hambatan pada aspek kognitif (pengetahuan dan pemahaman), afektif (perhatian, sikap, motivasi belajar, dan nilai siswa), psikomotor (keterampilan menyampaikan materi), serta bahasa (koordinasi penjelasan siswa).Gangguan tersebut menyebabkan penurunan nilai siswa dari 10% di bawah KKM sebelum beroperasinya bandara menjadi 35% di bawah KKM setelahnya.Temuan ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran dan penanganan khusus untuk meminimalkan dampak kebisingan bandara terhadap proses belajar siswa.
Penelitian lanjutan bisa diarahkan pada beberapa ide baru. Pertama, kaji efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi—seperti penggunaan video atau animasi interaktif—dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat siswa di kelas yang berdekatan dengan bandara, untuk mengetahui seberapa besar inovasi digital dapat meredam pengaruh bising eksternal. Kedua, lakukan penelitian eksperimental terkait variasi durasi istirahat terstruktur dan teknik manajemen waktu seperti model Pomodoro atau jeda aktif, guna menilai dampaknya pada motivasi dan kesiapan belajar siswa saat menghadapi suara pesawat yang sering melintas. Ketiga, selidiki peran keterlibatan orang tua melalui program workshop persiapan belajar di rumah dan umpan balik rutin dalam memitigasi efek kebisingan lingkungan terhadap prestasi akademik siswa. Keempat, lakukan survei lintas sekolah dengan tingkat kebisingan berbeda agar dapat mengidentifikasi ambang batas kebisingan kritis yang memengaruhi kemampuan belajar siswa. Dengan menyatukan pendekatan teknologi, manajemen waktu, dukungan orang tua, dan survei lingkungan, penelitian selanjutnya dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan sekolah dan model pembelajaran yang tangguh terhadap gangguan eksternal.
| File size | 370.12 KB |
| Pages | 17 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Rumusan masalah: 1). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa belajar. 2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajarRumusan masalah: 1). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan minat siswa belajar. 2). Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar
IAIQHIAIQH Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi didalam kelas pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA Terpadu) kemudian dianalisisTeknik pengumpulan data menggunakan cara observasi didalam kelas pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA Terpadu) kemudian dianalisis
IAIQHIAIQH Faktor pendukung utama meliputi keteladanan ustadz, disiplin pesantren, dan lingkungan kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup latar belakang santriFaktor pendukung utama meliputi keteladanan ustadz, disiplin pesantren, dan lingkungan kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup latar belakang santri
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkanHasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran PBL mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dibandingkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, sertaHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Generatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, serta
UNIDAUNIDA Tidak terjadi interaksi antara perlakuan gula, insulin, dan waktu pemulihan. Pemberian gula dan injeksi insulin pada domba setelah transportasi meningkatkanTidak terjadi interaksi antara perlakuan gula, insulin, dan waktu pemulihan. Pemberian gula dan injeksi insulin pada domba setelah transportasi meningkatkan
UNIDAUNIDA Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 60,86 pada kelas kontrol dan 73,11 pada kelas eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 60,86 pada kelas kontrol dan 73,11 pada kelas eksperimen.
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Subjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari totalSubjek penelitian yaitu siswa SMP dengan besar sampel 377 dari populasi sebesar 6. 658. Sampel dalam penelitian sebanyak 377 siswa yang didapat dari total
UNDIKSHAUNDIKSHA Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 70 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan dataSampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 70 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
UNIMALUNIMAL Salinitas 24 ppt menunjukkan hasil optimal dengan pertambahan bobot tertinggi dan kelangsungan hidup terbaik. Laju konsumsi oksigen meningkat seiring penurunanSalinitas 24 ppt menunjukkan hasil optimal dengan pertambahan bobot tertinggi dan kelangsungan hidup terbaik. Laju konsumsi oksigen meningkat seiring penurunan