UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Peneliti memutuskan melakukan penelitian mengenai metode catatan terpandu (guided note taking) untuk membantu keterampilan mendengarkan dengan rumusan masalah: bagaimana catatan terpandu dapat membantu pencapaian keterampilan mendengarkan siswa di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Ajung. Desain penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) dengan subjek berupa siswa kelas X di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Ajung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data utama dilakukan melalui tes objektif pada tanggal 2–28 Februari 2019, kemudian dianalisis menggunakan rumus E = n/N × 100%. Hasil menunjukkan persentase siswa yang memperoleh nilai >70 meningkat dari 40% pada siklus pertama menjadi 76% pada siklus kedua. Peneliti memodifikasi media audio‑visual untuk mendukung pemahaman mendengarkan, sehingga catatan terpandu membantu siswa mengorganisasi ide, memusatkan energi, menciptakan ruang kosong dalam pikiran, dan meningkatkan rasa percaya diri, serta memperluas pengetahuan siswa.

Penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kebingungan, kurang motivasi, dan partisipasi rendah dalam proses pembelajaran mendengarkan, sehingga memerlukan intervensi.Dengan menerapkan metode guided note taking serta modifikasi pembelajaran, terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan mendengarkan siswa, terbukti dari persentase nilai >70 yang naik dari 40% menjadi 76% antara siklus pertama dan kedua.Oleh karena itu, penggunaan guided note taking terbukti efektif meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.

Penelitian lanjutan dapat menyelidiki pengaruh kombinasi metode catatan terpandu dengan media multimedia digital terhadap peningkatan keterampilan mendengarkan pada berbagai tingkatan kelas, sehingga dapat menentukan apakah integrasi teknologi memberikan manfaat tambahan dibandingkan penggunaan catatan terpandu saja. Selain itu, penting untuk meneliti retensi jangka panjang kemampuan mendengarkan setelah penerapan catatan terpandu, dibandingkan dengan metode tradisional, guna mengevaluasi keberlanjutan pembelajaran dan pemahaman yang dipertahankan oleh siswa selama periode yang lebih lama. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi persepsi guru serta kebutuhan pelatihan mereka dalam mengimplementasikan catatan terpandu di konteks linguistik yang beragam, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode ini dalam lingkungan pendidikan yang berbeda.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #siswa kelas v#siswa kelas v
Read online
File size685.91 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test