UNISLAUNISLA
E-LINK JOURNALE-LINK JOURNALPeneliti memutuskan melakukan penelitian mengenai metode catatan terpandu (guided note taking) untuk membantu keterampilan mendengarkan dengan rumusan masalah: bagaimana catatan terpandu dapat membantu pencapaian keterampilan mendengarkan siswa di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Ajung. Desain penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) dengan subjek berupa siswa kelas X di Madrasah Aliyah Arrisalah Curah Kates Ajung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data utama dilakukan melalui tes objektif pada tanggal 2–28 Februari 2019, kemudian dianalisis menggunakan rumus E = n/N × 100%. Hasil menunjukkan persentase siswa yang memperoleh nilai >70 meningkat dari 40% pada siklus pertama menjadi 76% pada siklus kedua. Peneliti memodifikasi media audio‑visual untuk mendukung pemahaman mendengarkan, sehingga catatan terpandu membantu siswa mengorganisasi ide, memusatkan energi, menciptakan ruang kosong dalam pikiran, dan meningkatkan rasa percaya diri, serta memperluas pengetahuan siswa.
Penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kebingungan, kurang motivasi, dan partisipasi rendah dalam proses pembelajaran mendengarkan, sehingga memerlukan intervensi.Dengan menerapkan metode guided note taking serta modifikasi pembelajaran, terjadi peningkatan signifikan pada kemampuan mendengarkan siswa, terbukti dari persentase nilai >70 yang naik dari 40% menjadi 76% antara siklus pertama dan kedua.Oleh karena itu, penggunaan guided note taking terbukti efektif meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa.
Penelitian lanjutan dapat menyelidiki pengaruh kombinasi metode catatan terpandu dengan media multimedia digital terhadap peningkatan keterampilan mendengarkan pada berbagai tingkatan kelas, sehingga dapat menentukan apakah integrasi teknologi memberikan manfaat tambahan dibandingkan penggunaan catatan terpandu saja. Selain itu, penting untuk meneliti retensi jangka panjang kemampuan mendengarkan setelah penerapan catatan terpandu, dibandingkan dengan metode tradisional, guna mengevaluasi keberlanjutan pembelajaran dan pemahaman yang dipertahankan oleh siswa selama periode yang lebih lama. Selanjutnya, penelitian dapat mengeksplorasi persepsi guru serta kebutuhan pelatihan mereka dalam mengimplementasikan catatan terpandu di konteks linguistik yang beragam, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode ini dalam lingkungan pendidikan yang berbeda.
| File size | 685.91 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas dengan penerepan media pembelajaran telah berhasil meningkatkan aktifitas belajar yaitu pada siklus I Nilai AktifitasDengan demikian Penelitian Tindakan Kelas dengan penerepan media pembelajaran telah berhasil meningkatkan aktifitas belajar yaitu pada siklus I Nilai Aktifitas
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di kelas VIII-1Metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di kelas VIII-1
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING 2015/2016, ha1 ini dibuktikan dengan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam Aspek Kejasama meningkat dari 16,9 pada siklus I menjadi 18,9 pada siklus2015/2016, ha1 ini dibuktikan dengan rata-rata aktivitas belajar siswa dalam Aspek Kejasama meningkat dari 16,9 pada siklus I menjadi 18,9 pada siklus
UNISLAUNISLA Namun, belum ada penelitian yang menganalisis nilai-nilai karakter dalam modul pengajaran dalam Kurikulum Merdeka. Studi ini menyelidiki nilai-nilai pembangunanNamun, belum ada penelitian yang menganalisis nilai-nilai karakter dalam modul pengajaran dalam Kurikulum Merdeka. Studi ini menyelidiki nilai-nilai pembangunan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
POLTEKMUPOLTEKMU Sampel dikumpulkan dari beberapa pasar tradisional kota Makassar menggunakan metode swab. Kapas swab pakaian bekas diinokulasikan pada media SDA. JamurSampel dikumpulkan dari beberapa pasar tradisional kota Makassar menggunakan metode swab. Kapas swab pakaian bekas diinokulasikan pada media SDA. Jamur
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II, menunjukkan efektivitas model pembelajaran Generatif dalam meningkatkanHasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II, menunjukkan efektivitas model pembelajaran Generatif dalam meningkatkan
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Materi pembelajaran yang diterapkan adalah Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan pada Manusia. Penelitian berlangsung dari September 2013 hingga DesemberMateri pembelajaran yang diterapkan adalah Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan pada Manusia. Penelitian berlangsung dari September 2013 hingga Desember
UMKUMK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. AnalisisPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner elektronik kepada sampel 452 karyawan di Indonesia. Analisis
UMKUMK Di antara ini, keunggulan nilai keunikan produk memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja pemasaran. Beberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkanDi antara ini, keunggulan nilai keunikan produk memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja pemasaran. Beberapa rekomendasi disarankan untuk memanfaatkan
UNIMALUNIMAL Pertambahan bobot, panjang dan kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada perlakuan B (24 ppt) yaitu masing-masing sebesar 1,231±0,153 gram, 0,970±0,083Pertambahan bobot, panjang dan kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada perlakuan B (24 ppt) yaitu masing-masing sebesar 1,231±0,153 gram, 0,970±0,083