IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap metode pengajaran yang diterapkan tutor dalam salah satu kelas bimbingan tata bahasa pada program peer tutoring di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebuah universitas di Yogyakarta. Preferensi mahasiswa terhadap metode pengajaran tata bahasa juga diidentifikasi. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan 57 mahasiswa sebagai partisipan yang mengisi kuesioner dan mengikuti observasi selama program tutoring. Data wawancara digunakan untuk memperdalam informasi. Hasil kuesioner menunjukkan skor rata-rata 4,29, menandakan persepsi positif mahasiswa terhadap metode pengajaran tutor. Mahasiswa merasa tutor mampu menciptakan pengalaman belajar yang memotivasi dan nyaman, terutama melalui penggunaan metode audio-lingual dan communicative language teaching (CLT). Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya perencanaan matang program peer tutoring dan kesiapan tutor untuk memenuhi perbedaan gaya belajar individu, serta memberikan masukan bagi peningkatan instruksi tata bahasa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memandang metode pengajaran tutor dalam program peer tutoring tata bahasa sangat efektif, terutama karena keberhasilan tutor menciptakan suasana kelas yang nyaman dan memotivasi.Mahasiswa cenderung memilih penggunaan metode audio-lingual dan CLT, serta menunjukkan preferensi lebih tinggi terhadap pendekatan deduktif sekaligus menginginkan penggunaan campuran bahasa Inggris dan Indonesia.Selain itu, perhatian pada keempat keterampilan berbahasa menjadi penting dalam pembelajaran tata bahasa, dan perlu disiapkannya perencanaan tutor yang matang serta fleksibilitas pendekatan pembelajaran.
Penelitian selanjutnya dapat merancang observasi longitudinal pada setiap tahap program bimbingan tatabahasa di perguruan tinggi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi setiap pertemuan, untuk menganalisis perubahan interaksi tutor–tutee dan perkembangan penguasaan struktur bahasa sejak pertemuan awal hingga akhir, sehingga memetakan momen kunci dan hambatan dalam proses pembelajaran. Selain itu, studi dapat menerapkan teknik sampling acak berlapis dalam seleksi responden wawancara untuk melibatkan tutee dengan latar geografis, motivasi, dan tingkat kecakapan bahasa Inggris yang beragam, sehingga data persepsi menjadi lebih representatif dan bebas bias. Selanjutnya, penting mengeksplorasi pengaruh variasi proporsi penggunaan bahasa pengantar—antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia—pada efektivitas akuisisi tata bahasa; misalnya dengan membandingkan kelompok yang menggunakan Bahasa Inggris dominan, seimbang, dan Bahasa Indonesia dominan. Ketiga ide penelitian ini diharapkan memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program peer tutoring tata bahasa dan mendukung perumusan rancangan pembelajaran yang lebih adaptif serta responsif terhadap kebutuhan mahasiswa yang beragam. Dengan pendekatan yang komprehensif ini, kajian lanjutan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan dan praktis bagi penyelenggara program bimbingan sejawat di lingkungan pendidikan tinggi.
- The Effect of Inductive and Deductive Teaching on EFL Undergraduates’Achievement in Grammar at... sciedu.ca/journal/index.php/ijhe/article/view/17312The Effect of Inductive and Deductive Teaching on EFL UndergraduatesAoAchievement in Grammar at sciedu ca journal index php ijhe article view 17312
- Peer Tutoring Effects on Omani Students’ English Self-Concept | Alrajhi | International Education... doi.org/10.5539/ies.v8n6p184Peer Tutoring Effects on Omani StudentsAo English Self Concept Alrajhi International Education doi 10 5539 ies v8n6p184
- The Effects of Deductive and Inductive Grammar Instructions in Communicative Teaching | Shirav | English... ccsenet.org/journal/index.php/elt/article/view/0/47234The Effects of Deductive and Inductive Grammar Instructions in Communicative Teaching Shirav English ccsenet journal index php elt article view 0 47234
| File size | 506.67 KB |
| Pages | 27 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Analisis dilakukan terhadap konten, gambar, dan narasi yang disajikan dalam buku pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upayaAnalisis dilakukan terhadap konten, gambar, dan narasi yang disajikan dalam buku pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya
UTMUTM Artikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaranArtikel ini merekomendasikan pembentukan komunitas belajar profesional, pendekatan inklusif, serta pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
UTMUTM Dengan memahami berbagai perspektif ini, para guru dapat membuat keputusan yang tepat tentang strategi instruksional dan menciptakan lingkungan belajarDengan memahami berbagai perspektif ini, para guru dapat membuat keputusan yang tepat tentang strategi instruksional dan menciptakan lingkungan belajar
UNDIKSHAUNDIKSHA Guru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukGuru sebagai pelaku utama pembelajaran seringkali tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
Useful /
UTMUTM Ada enam temuan utama yang meliputi menenangkan emosi penonton, memberikan semangat untuk selamat dari bencana, mendorong para pemangku kekuasaan untukAda enam temuan utama yang meliputi menenangkan emosi penonton, memberikan semangat untuk selamat dari bencana, mendorong para pemangku kekuasaan untuk
UTMUTM Kesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalamKesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam
UTMUTM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali pengalaman dan perspektif guru serta siswa dalamPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang bertujuan untuk menggali pengalaman dan perspektif guru serta siswa dalam
UNDIKSHAUNDIKSHA Hal ini menunjukkan bahwa akuisisi belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuanganHal ini menunjukkan bahwa akuisisi belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan. Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan