IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh perlakuan umpan balik korektif teman sebaya (PCF) terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks eksposisi hortatori kelas XI pada semester kedua sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol kelompok pre-test dan post-test yang tidak setara. Data dikumpulkan dari empat puluh tiga siswa dari kelompok eksperimen dan kontrol melalui observasi, tes termasuk pre-test dan post-test, serta perlakuan melalui umpan balik respons dan formulir PCF untuk kelas eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan t-test sampel berpasangan untuk membandingkan keterampilan menulis di masing-masing dari dua kelas, dan t-test sampel independen untuk mengetahui pengaruh umpan balik korektif teman sebaya terhadap keterampilan menulis siswa. T-test sampel berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis antara kedua kelas tersebut. T-test sampel independen menunjukkan bahwa umpan balik korektif teman sebaya berpengaruh positif terhadap tulisan siswa, membantu dalam proses koreksi dan revisi, yang pada akhirnya meningkatkan keterampilan menulis eksposisi hortatori mereka. Hal ini juga meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi mereka di kelas yang interaktif dan komunikatif melalui lingkungan belajar kolaboratif.
Penerapan PCF dalam proses menulis menunjukkan pengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa, pengalaman belajar, dan motivasi melalui pembelajaran yang interaktif dan komunikatif.Siswa dapat bertukar ide, pendapat, dan saran dalam membuat perbaikan untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik melalui aktivitas PCF.Oleh karena itu, guru harus lebih memperhatikan strategi pembelajaran karena penting untuk meningkatkan keterampilan dan perkembangan siswa.
Dalam penelitian selanjutnya, perlu untuk menginvestigasi bagaimana perbedaan dalam gaya penulisan antara siswa yang berbeda latar belakang mempengaruhi efektivitas umpan balik korektif teman sebaya. Selain itu, penelitian dapat berjalan lebih lanjut dengan mengimplementasikan PCF dalam konteks mata pelajaran lain untuk mengeksplorasi manfaatnya di luar keterampilan menulis. Terakhir, akan sangat menarik untuk menyelidiki peran teknologi dalam mendukung PCF, seperti penggunaan platform online, untuk meningkatkan kolaborasi antar siswa dan memperluas jangkauan umpan balik yang diberikan.
- Effect of teacher and peer written corrective feedback on writing components in EFL classrooms | JEES... doi.org/10.21070/jees.v5i2.826Effect of teacher and peer written corrective feedback on writing components in EFL classrooms JEES doi 10 21070 jees v5i2 826
- Teacher's Use of Written Corrective Feedback for Students' Writing Errors | Foremost Journal.... ejournal.unis.ac.id/index.php/Foremost/article/view/3668Teachers Use of Written Corrective Feedback for Students Writing Errors Foremost Journal ejournal unis ac index php Foremost article view 3668
- Exploring the Effects of Collaborative Peer Written Corrective Feedback on EFL Students’ Business... doi.org/10.60087/jklst.vol2.n3.p211Exploring the Effects of Collaborative Peer Written Corrective Feedback on EFL StudentsAo Business doi 10 60087 jklst vol2 n3 p211
- The Influence of Peer Corrective Feedback (PCF) on Students' Writing Skills in Hortatory Exposition... doi.org/10.30762/jeels.v11i2.3364The Influence of Peer Corrective Feedback PCF on Students Writing Skills in Hortatory Exposition doi 10 30762 jeels v11i2 3364
| File size | 526.73 KB |
| Pages | 22 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilanPemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan denganPenelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasisPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan proses siswa melalui penerapan media pembelajaran teori kinetik gas berbasis
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelasPenelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
Useful /
UTMUTM Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.
UTMUTM Dengan mengintegrasikan alat dan sumber daya teknologi, proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa mengeksplorasiDengan mengintegrasikan alat dan sumber daya teknologi, proses pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa mengeksplorasi
UTMUTM Kesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalamKesimpulannya, harus didukung oleh kebijakan pendidikan yang adaptif dan pelatihan khusus bagi pendidik guna memaksimalkan manfaat teknologi digital dalam
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Namun, masih sedikit penelitian yang mengungkap penggunaan tindak ujaran (speech acts) untuk merepresentasikan nilai moral melalui ungkapan yang terdapatNamun, masih sedikit penelitian yang mengungkap penggunaan tindak ujaran (speech acts) untuk merepresentasikan nilai moral melalui ungkapan yang terdapat