IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi gender dalam lima buku teks Bahasa Inggris untuk Pembelajar Asing (EFL) di Indonesia yang diterbitkan oleh Erlangga, serta mengungkap ideologi dan sikap yang melatarbelakangi citra gender tersebut. Metode analisis wacana kritis (CDA) yang diajukan oleh Van Dijk, yang terdiri atas wacana, kognisi sosial, dan hubungan wacana dengan masyarakat, digunakan untuk mengungkap pola representasi gender dan sikap yang terkandung di dalamnya. Data penelitian berupa gambar manusia dalam lima buku teks EFL tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi frekuensi, perempuan lebih dominan daripada laki-laki; gambar perempuan muncul lebih sering. Namun, dalam aspek lainnya, laki-laki dan perempuan digambarkan secara simetris. Representasi simetris antara laki-laki dan perempuan menunjukkan sikap dan ideologi kesetaraan gender yang dipegang oleh penulis buku.
Dalam hal frekuensi kemunculan, perempuan muncul lebih sering daripada laki-laki.Namun, dalam hal aktivitas dan pekerjaan, laki-laki dan perempuan digambarkan secara simetris, dengan keduanya terlibat aktif dalam pekerjaan publik, meskipun representasi stereotip tetap ada namun dalam frekuensi minimal.Ideologi dan sikap penulis yang mendasari representasi tersebut menunjukkan dukungan terhadap kesetaraan gender, yang kemungkinan dipengaruhi oleh gaya komunikasi perempuan dan kondisi sosial yang mendukung.Konektivitas antara bahasa dan masyarakat terjadi melalui kognisi manusia, sehingga pengembang buku teks dan pembuat kebijakan pendidikan perlu menghindari bias gender untuk mendukung kesetaraan.
Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan yang menggabungkan analisis visual dengan wawancara mendalam terhadap penulis dan penerbit buku teks untuk memahami proses pengambilan keputusan dalam representasi gender, sehingga dapat diketahui faktor kognitif dan sosial apa saja yang secara sadar atau tidak sadar memengaruhi tampilan visual dalam buku. Kedua, penting untuk mengeksplorasi bagaimana siswa sebagai pengguna utama buku teks mempersepsikan gambar-gambar tersebut, melalui studi persepsi siswa dari berbagai latar belakang gender, daerah, dan tingkat pendidikan, agar dapat dipahami apakah representasi tersebut benar-benar menanamkan nilai kesetaraan atau justru memperkuat stereotip secara tidak langsung. Ketiga, perlu dikembangkan penelitian komparatif yang membandingkan representasi gender dalam buku teks EFL dari penerbit berbeda atau dari periode waktu berbeda untuk melihat tren perubahan representasi gender seiring perkembangan kebijakan pendidikan dan kesadaran sosial di Indonesia, sehingga dapat dilihat apakah perubahan dalam konten buku mengikuti dinamika sosial yang lebih luas.
- Unveiling Gender Portrayals in Indonesian EFL textbooks: A Critical Discourse Analysis | JEELS (Journal... doi.org/10.30762/jeels.v11i2.3475Unveiling Gender Portrayals in Indonesian EFL textbooks A Critical Discourse Analysis JEELS Journal doi 10 30762 jeels v11i2 3475
- DESIGNATION OF GENDER ON ELECTRONIC EFL TEXTBOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL | Santosa | Indonesian EFL Journal.... journal.uniku.ac.id/index.php/IEFLJ/article/view/3381DESIGNATION OF GENDER ON ELECTRONIC EFL TEXTBOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL Santosa Indonesian EFL Journal journal uniku ac index php IEFLJ article view 3381
- MAPPING OF GENDER INEQUALITY IN INDONESIA BASED ON INFLUENCING FACTORS USING GEOGRAPHICALLY WEIGHTED... doi.org/10.30598/barekengvol18iss1pp0233-0244MAPPING OF GENDER INEQUALITY IN INDONESIA BASED ON INFLUENCING FACTORS USING GEOGRAPHICALLY WEIGHTED doi 10 30598 barekengvol18iss1pp0233 0244
- "Gender Equality" by Mia Siscawati, Shelly Adelina et al.. gender equality siscawati shelly... doi.org/10.7454/jsgs.v2i2.1021Gender Equality by Mia Siscawati Shelly Adelina et al gender equality siscawati shelly doi 10 7454 jsgs v2i2 1021
| File size | 477.13 KB |
| Pages | 21 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Buku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasanBuku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasan
UTMUTM Teori sosio-konstruktivisme penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan bermakna di Madrasah Almatera. Praktik seperti diskusi kelompokTeori sosio-konstruktivisme penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aktif dan bermakna di Madrasah Almatera. Praktik seperti diskusi kelompok
UTMUTM Makalah ini mengkaji tiga aliran filosofis pendidikan yang menonjol—Esensialisme, Perenialisme, dan Progresivisme—dan menganalisis implikasinya terhadapMakalah ini mengkaji tiga aliran filosofis pendidikan yang menonjol—Esensialisme, Perenialisme, dan Progresivisme—dan menganalisis implikasinya terhadap
UNDIKSHAUNDIKSHA Prototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitasPrototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitas
Useful /
UTMUTM Metode ini dipilih untuk mendalami penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanMetode ini dipilih untuk mendalami penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
UTMUTM Pengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkayaPengaplikasian teknologi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi berperan signifikan dalam meningkatkan literasi multikultural siswa. Pembelajaran interaktif memperkaya
UNDIKSHAUNDIKSHA Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.
UNUSAUNUSA Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitianKelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian