IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI

JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)

Penelitian ini mengkaji persepsi siswa untuk mengevaluasi kecerdasan emosional guru. Kurangnya keterlibatan siswa EFL berhubungan dengan kecerdasan emosional guru, yang mendorong penelitian ini. Studi ini juga berusaha menentukan keterlibatan siswa dan apakah kecerdasan emosional guru mempengaruhi pembelajaran siswa EFL. Penelitian ini melibatkan siswa-siswa Madrasah Aliyah. Sampel 60 siswa direkrut melalui pengambilan sampel acak terstratifikasi disproporasional dari kelas X (n = 30) dan XI (n = 30). Kecerdasan emosional guru dan keterlibatan belajar siswa EFL diukur menggunakan kuesioner skala Likert. Analisis deskriptif dan Pearson Product Moment dengan SPSS 22.0 untuk analisis bivariasi diadopsi. Penelitian menemukan bahwa guru memiliki kecerdasan emosional yang sedang (10,07) dan keterlibatan belajar siswa yang moderat (12,46). Menurut analisis hipotesis, kecerdasan emosional guru dan keterlibatan belajar siswa memiliki korelasi positif yang signifikan. Oleh karena itu, guru harus meningkatkan kecerdasan emosional mereka untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa EFL.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang tingkat Kecerdasan Emosional Guru berada pada kategori sedang, dengan tingkat yang sama di setiap domain (kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial).Diketahui juga bahwa ada tingkat keterlibatan belajar siswa yang moderat, dengan tingkat yang sama untuk tiga jenis keterlibatan belajar siswa, yaitu keterlibatan perilaku, emosional, dan kognitif.Oleh karena itu, dapat dilihat bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional guru dan keterlibatan belajar siswa di kelas EFL dengan hubungan yang cukup kuat.Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas EFL, guru harus meningkatkan kecerdasan emosional mereka agar keterlibatan siswa di kelas EFL juga meningkat.

Untuk penelitian lanjutan, penting untuk mengeksplorasi bagaimana perbedaan gaya mengajar guru dapat mempengaruhi kecerdasan emosional dalam konteks kelas EFL. Selain itu, perlu ada penelitian yang menyelidiki dampak dari program pelatihan kecerdasan emosional pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran EFL. Akhirnya, peneliti diharapkan dapat melakukan penelitian dari sudut pandang guru untuk memahami bagaimana mereka melihat dan menilai keterlibatan siswa serta kecerdasan emosional mereka sendiri selama proses pembelajaran di kelas.

  1. Frontiers | The Effect of Teacher Caring Behavior and Teacher Praise on Students’ Engagement in... doi.org/10.3389/fpsyg.2021.746871Frontiers The Effect of Teacher Caring Behavior and Teacher Praise on StudentsAo Engagement in doi 10 3389 fpsyg 2021 746871
  2. Impact of Emotional Intelligence on Employees’ Job Performance: A Case Study of FPT Telecom Joint... doi.org/10.2991/978-94-6463-150-0_2Impact of Emotional Intelligence on EmployeesAo Job Performance A Case Study of FPT Telecom Joint doi 10 2991 978 94 6463 150 0 2
  1. #siswa efl#siswa efl
  2. #siswa madrasah aliyah#siswa madrasah aliyah
File size755.59 KB
Pages25
DMCAReportReport

ads-block-test