UMPWRUMPWR

Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi Karakteristik zat dan perubahannya. Jenis penelitian adalah ex-post facto dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPK Rokatenda Palue tahun pelajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa yang diperoleh dengan teknik proportionate simple random sampling. Data ditampilkan secara deskriptif dan diuji dengan perbedaan rata-rata melalui one sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh dari model discovery learning terhadap hasil belajar yang ditunjukkan pada nilai signifikan 0,000 < 0,05 di mana H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya.

Pembelajaran discovery learning memotivasi siswa dalam meningkatkan aktivitas belajarnya.Peningkatan aktivitas belajar ini mendorong siswa menggunakan proses berpikir dalam memahami materi Zat dan Perubahannya.Dengan demikian, discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Klasifikasi Zat dan Perubahannya.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menguji efektivitas discovery learning pada materi IPA lainnya dengan melibatkan sampel yang lebih besar dan diversifikasi latar belakang siswa. Studi lebih lanjut juga dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar selain discovery learning, seperti motivasi siswa dan lingkungan belajar. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan modifikasi dari model discovery learning yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa di daerah tertentu, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara lebih signifikan.

  1. Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA | Jurnal Pijar Mipa. efektivitas... jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1544Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Jurnal Pijar Mipa efektivitas jurnalfkip unram ac index php JPM article view 1544
  2. THE EFFECTIVENESS OF DISCOVERY LEARNING IN IMPROVING ENGLISH WRITING SKILL OF EXTROVERTED AND INTROVERTED... doi.org/10.23917/humaniora.v18i1.3639THE EFFECTIVENESS OF DISCOVERY LEARNING IN IMPROVING ENGLISH WRITING SKILL OF EXTROVERTED AND INTROVERTED doi 10 23917 humaniora v18i1 3639
  3. KERANGKA DASAR DAN LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 | Inspiratif Pendidikan. kerangka landasan pengembangan... journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3579KERANGKA DASAR DAN LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 Inspiratif Pendidikan kerangka landasan pengembangan journal uin alauddin ac index php Inspiratif Pendidikan article view 3579
  4. EFEKTIVITAS KEGIATAN WORKSHOP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM):... ejournal.unhi.ac.id/index.php/dharmasmrti/article/view/49EFEKTIVITAS KEGIATAN WORKSHOP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL KKM ejournal unhi ac index php dharmasmrti article view 49
  5. Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya... jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/987Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Karakteristik Zat dan Perubahannya jurnal umpwr ac index php radiasi article view 987
  1. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
File size457.12 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test