HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG
Journal of Curriculum IndonesiaJournal of Curriculum IndonesiaMedia pembelajaran merupakan salah satu komponen proses belajar yang dapat menciptakan aktivitas belajar yang menarik. Flipbook merupakan media pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipbook terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Palembang. Metode yang digunakan adalah desain kuasi‑eksperimental dengan desain satu grup pra‑test‑post‑test, melibatkan populasi sebanyak 298 siswa dan sampel kelas X.10 berjumlah 17 siswa yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai t‑count sebesar 11,152 > t‑tabel 1,746, yang mengindikasikan penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif. Dengan demikian, penggunaan media flipbook berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, karena mampu menyajikan konten yang beragam, tampilan visual yang menarik, biaya produksi yang rendah, serta fleksibilitas penggunaan.
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook secara signifikan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Palembang, terbukti dari peningkatan nilai rata‑rata dari 73,47 (pre‑test) menjadi 96,53 (post‑test) dan nilai t‑statistik 11,152 (p < 0,01).Hasil statistik tersebut menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif, yang menyatakan adanya pengaruh positif media flipbook terhadap pencapaian belajar.Dengan demikian, flipbook terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademik siswa.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi perbandingan efektivitas antara media flipbook dengan media digital lainnya, seperti video pembelajaran, dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada berbagai tingkat kelas untuk mengetahui mana yang lebih optimal dalam konteks belajar. Selain itu, penting untuk meneliti dampak jangka panjang penggunaan flipbook terhadap retensi pengetahuan siswa, sehingga dapat dipahami sejauh mana media ini berkontribusi pada penguatan memori dan penerapan konsep ekonomi setelah periode belajar selesai. Selanjutnya, penelitian dapat mengkaji integrasi fitur penilaian interaktif di dalam flipbook, misalnya kuis otomatis atau umpan balik adaptif, untuk menilai pengaruhnya terhadap motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan regulasi diri siswa dalam konteks pembelajaran ekonomi.
- Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi | Ayuardini | Faktor Exacta.... journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/14924Pengembangan E Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi Ayuardini Faktor Exacta journal lppmunindra ac index php Faktor Exacta article view 14924
- Pengaruh Penggunaan Flipbook pada Materi Tekanan Zat terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP... scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/131Pengaruh Penggunaan Flipbook pada Materi Tekanan Zat terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP scienceedujournal index php PSEJ article view 131
- Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil... doi.org/10.23960/e3j/v5i1.74-84Analisis Kebutuhan Pengembangan E modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil doi 10 23960 e3j v5i1 74 84
- Pengembangan E-book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi... ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/47213Pengembangan E book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi ejournal unesa ac index php inovasi pendidikan fisika article view 47213
| File size | 227.21 KB |
| Pages | 6 |
| Short Link | https://juris.id/p-1rj |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Studi ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi program link and match dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMK NegeriStudi ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi program link and match dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Negeri
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Dalam studi ini, kami membandingkan kurikulum Sarjana Disiplin Agroteknologi menggunakan sepuluh benchmark. Selain itu, analisis SWOT kurikulum juga dilakukan.Dalam studi ini, kami membandingkan kurikulum Sarjana Disiplin Agroteknologi menggunakan sepuluh benchmark. Selain itu, analisis SWOT kurikulum juga dilakukan.
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Nada otoritatif dan referensi terhadap professional makeup artists meningkatkan kredibilitas, sehingga produk diposisikan sebagai pilihan berkualitas diNada otoritatif dan referensi terhadap professional makeup artists meningkatkan kredibilitas, sehingga produk diposisikan sebagai pilihan berkualitas di
IKMEDIAIKMEDIA Kegiatan pendukung meliputi latihan rutin, baris-berbaris, perkemahan, dan Indonesia Scout Challenge, serta didukung oleh sarana prasarana sekolah, motivasiKegiatan pendukung meliputi latihan rutin, baris-berbaris, perkemahan, dan Indonesia Scout Challenge, serta didukung oleh sarana prasarana sekolah, motivasi
IKMEDIAIKMEDIA Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode Logical Framework Analysis (LFA). MetodePenelitian ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode Logical Framework Analysis (LFA). Metode
IKMEDIAIKMEDIA Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat empat jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh karakter utama, SpongeBob, dalamPenelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Terdapat empat jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh karakter utama, SpongeBob, dalam
IKMEDIAIKMEDIA Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa digital marketing (accessibility,Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa digital marketing (accessibility,
IKMEDIAIKMEDIA Pajak Reklame berkembang, sementara Hiburan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, dan Mineral Bukan Logam & Batuan terbelakang. Mayoritas pajak daerahPajak Reklame berkembang, sementara Hiburan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, dan Mineral Bukan Logam & Batuan terbelakang. Mayoritas pajak daerah
Useful /
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Penelitian ini bertujuan untuk mengeksamin karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pengemudi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA NegeriPenelitian ini bertujuan untuk mengeksamin karakteristik kepemimpinan kepala sekolah pengemudi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMA Negeri
HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG Metode penelitian menggunakan studi Systematic Literature Review. Kajian literatur bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer bersumber dariMetode penelitian menggunakan studi Systematic Literature Review. Kajian literatur bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari
IKMEDIAIKMEDIA Berdasarkan hasil penelitian mengenai motif tenun budaya masyarakat Bima, Nusa Tenggara Barat, diperoleh temuan bahwa: (1) berdasarkan ketentuan adat,Berdasarkan hasil penelitian mengenai motif tenun budaya masyarakat Bima, Nusa Tenggara Barat, diperoleh temuan bahwa: (1) berdasarkan ketentuan adat,
IKMEDIAIKMEDIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap pendapatan rumah makan di Tanak Maik, Masbagik, pasca pandemi Covid-19. PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap pendapatan rumah makan di Tanak Maik, Masbagik, pasca pandemi Covid-19. Penelitian