HIPKIN JATENGHIPKIN JATENG

Journal of Curriculum IndonesiaJournal of Curriculum Indonesia

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen proses belajar yang dapat menciptakan aktivitas belajar yang menarik. Flipbook merupakan media pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipbook terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Palembang. Metode yang digunakan adalah desain kuasi‑eksperimental dengan desain satu grup pra‑test‑post‑test, melibatkan populasi sebanyak 298 siswa dan sampel kelas X.10 berjumlah 17 siswa yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai t‑count sebesar 11,152 > t‑tabel 1,746, yang mengindikasikan penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif. Dengan demikian, penggunaan media flipbook berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, karena mampu menyajikan konten yang beragam, tampilan visual yang menarik, biaya produksi yang rendah, serta fleksibilitas penggunaan.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook secara signifikan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Palembang, terbukti dari peningkatan nilai rata‑rata dari 73,47 (pre‑test) menjadi 96,53 (post‑test) dan nilai t‑statistik 11,152 (p < 0,01).Hasil statistik tersebut menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif, yang menyatakan adanya pengaruh positif media flipbook terhadap pencapaian belajar.Dengan demikian, flipbook terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademik siswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi perbandingan efektivitas antara media flipbook dengan media digital lainnya, seperti video pembelajaran, dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada berbagai tingkat kelas untuk mengetahui mana yang lebih optimal dalam konteks belajar. Selain itu, penting untuk meneliti dampak jangka panjang penggunaan flipbook terhadap retensi pengetahuan siswa, sehingga dapat dipahami sejauh mana media ini berkontribusi pada penguatan memori dan penerapan konsep ekonomi setelah periode belajar selesai. Selanjutnya, penelitian dapat mengkaji integrasi fitur penilaian interaktif di dalam flipbook, misalnya kuis otomatis atau umpan balik adaptif, untuk menilai pengaruhnya terhadap motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan regulasi diri siswa dalam konteks pembelajaran ekonomi.

  1. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi | Ayuardini | Faktor Exacta.... journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/14924Pengembangan E Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi Ayuardini Faktor Exacta journal lppmunindra ac index php Faktor Exacta article view 14924
  2. Pengaruh Penggunaan Flipbook pada Materi Tekanan Zat terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP... scienceedujournal.org/index.php/PSEJ/article/view/131Pengaruh Penggunaan Flipbook pada Materi Tekanan Zat terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP scienceedujournal index php PSEJ article view 131
  3. Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil... doi.org/10.23960/e3j/v5i1.74-84Analisis Kebutuhan Pengembangan E modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil doi 10 23960 e3j v5i1 74 84
  4. Pengembangan E-book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi... ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/47213Pengembangan E book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi ejournal unesa ac index php inovasi pendidikan fisika article view 47213
Read online
File size227.21 KB
Pages6
Short Linkhttps://juris.id/p-1rj
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test