IKMEDIAIKMEDIA

Jurnal Ilmu Sosial dan HumanioraJurnal Ilmu Sosial dan Humaniora

Ekstrakurikuler pramuka berperan penting dalam proses pembentukan karakter siswa. Ekstrakurikuler ini menjadi sarana utama dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis, menggambarkan, dan mengidentifikasi strategi pembangunan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN Komplek Kenjeran II/506 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembina pramuka, anggota pramuka, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif strategi pembangunan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka, yang dapat dibuktikan dengan tercapainya indikator-indikator disiplin dan tanggung jawab, seperti disiplin dalam penggunaan waktu, partisipasi dalam kegiatan keagamaan, keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, berpenampilan rapi, memakai atribut lengkap, serta mematuhi peraturan; serta tanggung jawab dalam pelaksanaan dan kepemimpinan diskusi kelompok, pengoperasian dan pemeliharaan teknologi, memimpin serta melatih satuan, dan pengusulan pemecahan masalah.

Kegiatan pendukung meliputi latihan rutin, baris-berbaris, perkemahan, dan Indonesia Scout Challenge, serta didukung oleh sarana prasarana sekolah, motivasi siswa, peran keluarga, dan sistem sanksi.Kendala utama meliputi kesulitan memberikan arahan dan mengontrol siswa, kebiasaan negatif, serta keterbatasan fasilitas dan kondisi cuaca.

Penelitian selanjutnya dapat melakukan perbandingan antara ekstrakurikuler pramuka dengan jenis kegiatan ekstrakurikuler lain (misalnya seni atau olahraga) dalam hal efektivitasnya membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, sehingga dapat mengidentifikasi faktor-faktor unik yang berkontribusi pada pembentukan karakter. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang memantau perkembangan disiplin dan tanggung jawab siswa selama beberapa tahun setelah partisipasi dalam pramuka dapat memberikan wawasan tentang keberlanjutan dampak program dan faktor-faktor yang mempengaruhi retensi nilai-nilai tersebut. Terakhir, studi kualitatif yang mengeksplorasi peran keterlibatan orang tua dalam mendukung kegiatan pramuka dapat mengungkap mekanisme sinergi antara lingkungan keluarga dan sekolah dalam memperkuat karakter disiplin serta tanggung jawab, serta memberikan rekomendasi praktis bagi kebijakan pengembangan program pramuka yang lebih inklusif.

  1. Penanaman Karakter Moralitas dan Disiplin Melalui Program Ekstrakurikuler dan Ko-kurikuler di SMA Negeri... journal.ummat.ac.id/index.php/CIVICUS/article/view/5987Penanaman Karakter Moralitas dan Disiplin Melalui Program Ekstrakurikuler dan Ko kurikuler di SMA Negeri journal ummat ac index php CIVICUS article view 5987
  2. PENDAMPINGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GUGUSDEPAN | Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. pendampingan... doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.295PENDAMPINGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GUGUSDEPAN Amaliah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat pendampingan doi 10 32696 ajpkm v3i2 295
Read online
File size759.36 KB
Pages12
Short Linkhttps://juris.id/p-1qU
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test