USKUSK
Studies in English Language and EducationStudies in English Language and EducationMenulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan bahasa yang diajarkan dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di sekolah menengah atas di Indonesia. Menurut penelitian sebelumnya, sebagian besar siswa menganggap menulis sebagai keterampilan yang paling sulit di antara empat keterampilan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan utama dalam menulis yang dihadapi oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Fajar Harapan, Banda Aceh, serta upaya yang dilakukan oleh guru mereka untuk mengatasi masalah tersebut. Desain penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan pengumpulan dokumen dan wawancara. Hasil pengumpulan dokumen menunjukkan bahwa persentase tertinggi masalah yang dihadapi siswa adalah dalam aspek penggunaan bahasa, sedangkan masalah terendah adalah dalam aspek konten. Hasil wawancara menunjukkan bahwa upaya koreksi yang paling umum dilakukan oleh guru adalah memberikan umpan balik tertulis untuk semua aspek menulis, seperti penggunaan bahasa, mekanika, kosakata, organisasi, dan konten. Demikian juga, guru perlu mengembangkan bentuk umpan balik yang sistematis dan menjelaskan kepada siswa apa arti umpan balik tersebut serta apa yang harus mereka lakukan untuk membantu meningkatkan keterampilan menulis mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa dalam menulis dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut.Kesimpulannya, siswa mengalami masalah dalam keterampilan menulis, terutama dalam hal konten, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanika.Kesalahan tata bahasa dalam penggunaan bahasa adalah masalah utama yang dihadapi siswa.Di sisi lain, masalah dalam konten adalah yang paling sedikit ditemukan.Guru melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, namun umpan balik tertulis tidak efektif dalam beberapa aspek, terutama penggunaan bahasa dan mekanika.Oleh karena itu, disarankan agar guru mengembangkan bentuk umpan balik yang lebih sistematis dan menjelaskan secara jelas kepada siswa tentang arti umpan balik tersebut.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas umpan balik lisan dibandingkan umpan balik tertulis dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengembangkan metode pengajaran tata bahasa yang lebih interaktif dan kontekstual, serta meneliti dampak penggunaan teknologi seperti aplikasi pembelajaran bahasa dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Dengan demikian, penelitian lanjutan dapat memberikan wawasan baru tentang strategi pengajaran yang lebih efektif dan inovatif.
| File size | 546.13 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-jT |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Apakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran. Tujuan penelitian: 1). Ingin mengetahui seberapa besar minat siswaApakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran. Tujuan penelitian: 1). Ingin mengetahui seberapa besar minat siswa
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Dimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. SesiDimulai dengan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan siswa, merancang kurikulum bertahap, dan memberikan pelatihan berbasis praktik langsung. Sesi
ARIPIARIPI Tingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung pada tahun ajaran 2023/2024 beradaTingkat perkembangan Gross Motor Skill Activities siswa kelas I SDN 6 Demuk Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung pada tahun ajaran 2023/2024 berada
UBUB Peserta dalam kegiatan PkM ini terdiri dari siswa kelas X dan XI SMK Fransiskus 1 Jakarta, yang bekerja sama dengan ini mahasiswa aktif Program Studi S1Peserta dalam kegiatan PkM ini terdiri dari siswa kelas X dan XI SMK Fransiskus 1 Jakarta, yang bekerja sama dengan ini mahasiswa aktif Program Studi S1
POLIMEDIAPOLIMEDIA Dengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapat belajar dengan baik. Sedangkan English for Hospitality adalah bahasa InggrisDengan kata lain pelatihan ini adalah proses untuk membantu peserta agar dapat belajar dengan baik. Sedangkan English for Hospitality adalah bahasa Inggris
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.Terdapat hubungan signifikan antara kuantitas merokok dan daya tahan kardiorespirasi pada siswa putra kelas XI SMAN 5 Kota Serang, dengan nilai p=0,02.
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Diharapkan informasi ini dapat menjadi referensi dan sumber yang berguna bagi pembaca mengenai pemanfaatan permainan edukatif berbasis Android dalam pembelajaranDiharapkan informasi ini dapat menjadi referensi dan sumber yang berguna bagi pembaca mengenai pemanfaatan permainan edukatif berbasis Android dalam pembelajaran
UBTUBT Di usia remaja, peserta didik berada pada masa pencarian identitas diri. Mereka sedang mencari-cari gambaran tentang siapa dirinya, atau penilaian tentangDi usia remaja, peserta didik berada pada masa pencarian identitas diri. Mereka sedang mencari-cari gambaran tentang siapa dirinya, atau penilaian tentang
Useful /
UMKUMK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap krisis keuangan. Studi ini menganalisis 35 bank konvensionalPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap krisis keuangan. Studi ini menganalisis 35 bank konvensional
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis secara tematik. Temuan menunjukkan bahwa siswa sering menggunakanData kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis secara tematik. Temuan menunjukkan bahwa siswa sering menggunakan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semesterPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas dan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak. Penelitian dilakukan pada semester
USKUSK Jones, the owner of Manor Farm, was a metaphor for Nicholas II, Old Major represented Karl Marx, Snowball and Napoleon symbolized Trotsky and Stalin respectively,Jones, the owner of Manor Farm, was a metaphor for Nicholas II, Old Major represented Karl Marx, Snowball and Napoleon symbolized Trotsky and Stalin respectively,