YASIN ALSYSYASIN ALSYS

International Journal of Humanities, Education, and Social SciencesInternational Journal of Humanities, Education, and Social Sciences

Bangkitnya sumber belajar digital telah memicu perdebatan mengenai efektivitas e-book dibandingkan buku cetak dalam kinerja akademik. Mahasiswa universitas semakin banyak menggunakan kedua format tersebut, namun dampaknya terhadap hasil belajar masih menjadi fokus penelitian. Studi ini mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap e-book dan buku cetak serta pengaruhnya terhadap kinerja akademik. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan membagikan kuesioner terstruktur secara daring dan luring kepada 210 mahasiswa di Shanker Dev Campus, Pulchowk Engineering Campus, Saraswoti Multiple Campus, dan KIST College. Analisis demografis menunjukkan bahwa 96,7% responden adalah mahasiswa sarjana dengan distribusi gender seimbang (54,5% perempuan, 45,5% laki-laki). Statistik deskriptif mengindikasikan bahwa buku cetak memperoleh rata-rata peringkat lebih tinggi dibandingkan e-book, khususnya dalam hal utilitas akademik. Analisis korelasi mengungkap hubungan positif sedang antara penggunaan e-book dan kinerja akademik (r = 0,406, p < 0,001) serta antara penggunaan buku cetak dan kinerja akademik (r = 0,449, p < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa kedua format sama-sama berkontribusi pada hasil belajar, dengan buku cetak memiliki keterkaitan yang sedikit lebih kuat. Meskipun e-book menawarkan kemudahan dan aksesibilitas, buku cetak tetap lebih disukai untuk pemahaman dan retensi mendalam. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan seimbang dalam mengintegrasikan materi digital dan tradisional untuk mengoptimalkan keberhasilan akademik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa baik e-book maupun buku cetak secara positif berkontribusi terhadap kinerja akademik mahasiswa, dengan buku cetak memiliki korelasi yang sedikit lebih kuat dengan hasil belajar.Analisis korelasi dan regresi mengonfirmasi bahwa penggunaan kedua format secara signifikan memprediksi kinerja akademik, sementara analisis preferensi pengguna mengungkapkan kecenderungan yang lebih kuat untuk memilih buku cetak.Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan seimbang dalam mengintegrasikan sumber belajar digital dan tradisional untuk memaksimalkan keberhasilan akademik.

Penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan longitudinal untuk mengukur dampak penggunaan e-book dan buku cetak terhadap prestasi akademik mahasiswa selama satu semester penuh hingga satu tahun akademik, dengan mengumpulkan data nilai, hasil ujian, dan indeks prestasi secara berkala untuk melihat perubahan kemampuan pemahaman dan retensi informasi dalam jangka panjang. Selain itu, sebuah studi komparatif dapat meneliti pengaruh jenis perangkat digital—misalnya smartphone, tablet, dan komputer jinjing—terhadap pengalaman membaca e-book dan efektivitas belajar, dengan membandingkan tingkat konsentrasi, kelelahan mata, serta pola interaksi siswa dengan fitur multimedia yang tersedia. Terakhir, penelitian kualitatif dapat mendalami motivasi, kebiasaan belajar, dan proses kognitif mahasiswa ketika memilih antara e-book dan buku cetak, melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus, sehingga dapat diungkap faktor-faktor psikologis dan kontekstual yang memengaruhi preferensi serta strategi belajar. Dengan mengintegrasikan ketiga ide penelitian ini, kita akan memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang kelebihan dan kekurangan kedua format dan dapat merancang rekomendasi pembelajaran digital dan tradisional yang lebih tepat sasaran.

  1. A Comparative Study of E-Books and Printed Books on Academic Performance: Perception from the University... doi.org/10.58578/IJHESS.v3i1.4953A Comparative Study of E Books and Printed Books on Academic Performance Perception from the University doi 10 58578 IJHESS v3i1 4953
  1. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
  2. #prestasi akademik mahasiswa#prestasi akademik mahasiswa
File size397.94 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test