IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa kelas 10 jurusan pariwisata terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Menggunakan metode campuran, data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi-terstruktur dengan 36 siswa dari sekolah menengah kejuruan di Jawa Timur, Indonesia. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis secara tematik. Temuan menunjukkan bahwa siswa sering menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan kata, kalimat, dan paragraf dalam tugas akademik. Tingkat penggunaan yang tinggi menunjukkan ketergantungan yang cukup tinggi, terutama di antara siswa dengan kemampuan Bahasa Inggris yang lebih rendah. Namun, beberapa siswa yang lebih kritis tetap memeriksa hasil terjemahan terhadap sumber lain untuk memastikan akurasi. Meskipun Google Translate memfasilitasi akses ke Bahasa Inggris, keterbatasan dalam penerjemahan terminologi pariwisata dapat menghambat pemahaman mendalam. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan pengawasan dan memasukkan sumber belajar alternatif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan bahasa yang lebih mandiri dan kontekstual.
Penelitian ini menyoroti persepsi siswa jurusan pariwisata terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran Bahasa Inggris.Siswa sering menggunakan alat ini untuk memahami istilah asing dalam tugas akademik, namun siswa yang lebih kritis membandingkan hasil terjemahan dengan sumber lain.Ketergantungan yang berlebihan dapat menghambat pengembangan keterampilan komunikasi yang penting dalam industri pariwisata.Guru perlu memberikan pengawasan dan sumber belajar alternatif untuk mendukung pengembangan keterampilan bahasa yang lebih mandiri.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi Google Translate dengan metode pembelajaran berbasis praktik dapat meningkatkan keterampilan bahasa siswa SMK. Selain itu, penting untuk mengembangkan modul pembelajaran yang memanfaatkan teknologi terjemahan sambil tetap mendorong pemikiran kritis siswa. Studi lebih lanjut juga dapat meneliti dampak penggunaan Google Translate dalam konteks pembelajaran bahasa untuk tujuan spesifik (ESP) yang lebih luas, seperti dalam bidang kejuruan lain.
- On Google Translate: Students’ and Lecturers’ Perception of the... doi.org/10.21512/lc.v15i2.7335On Google Translate StudentsyCE and LecturersyCE Perception of the doi 10 21512 lc v15i2 7335
- Google Translate in Vocabulary Learning: The Positive Impact and The Drawbacks | Foremost Journal. google... ejournal.unis.ac.id/index.php/Foremost/article/view/4578Google Translate in Vocabulary Learning The Positive Impact and The Drawbacks Foremost Journal google ejournal unis ac index php Foremost article view 4578
- Sakarya University Journal of Education » Submission » Needs Analysis in Curriculum Design:... doi.org/10.19126/suje.854993Sakarya University Journal of Education A Submission A Needs Analysis in Curriculum Design doi 10 19126 suje 854993
- BORJU:Borneo Educational Journal. influences machine translation dependency skill borneo educational... jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/Borju/article/view/624BORJU Borneo Educational Journal influences machine translation dependency skill borneo educational jurnal fkip uwgm ac index php Borju article view 624
- A Review on Technology Enhanced Language Learning (TELL). review technology enhanced language learning... hrmars.com/index.php/IJARBSS/article/view/16496/A-Review-on-Technology-Enhanced-Language-Learning-TELLA Review on Technology Enhanced Language Learning TELL review technology enhanced language learning hrmars index php IJARBSS article view 16496 A Review on Technology Enhanced Language Learning TELL
| File size | 426.91 KB |
| Pages | 24 |
| DMCA | Report |
Related /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Apakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran.Apakah media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3). Apakah media pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami bahan pelajaran.
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Pelatihan berbasis praktik dan kurikulum bertahap efektif dalam mengatasi kesenjangan digital. Evaluasi berkelanjutan dan partisipasi aktif siswa menjadiPelatihan berbasis praktik dan kurikulum bertahap efektif dalam mengatasi kesenjangan digital. Evaluasi berkelanjutan dan partisipasi aktif siswa menjadi
ARIPIARIPI Sampel terdiri dari 40 siswa, yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan dari dua kelas. Hasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangatSampel terdiri dari 40 siswa, yaitu 23 laki-laki dan 17 perempuan dari dua kelas. Hasil menunjukkan bahwa siswa laki-laki mencapai persentase 80,38% (sangat
UBUB Keterampilan hard skill yang diperoleh oleh peserta memungkinkan mereka untuk menghasilkan karya ILM yang dapat dengan mudah disebarkan ke media sosial.Keterampilan hard skill yang diperoleh oleh peserta memungkinkan mereka untuk menghasilkan karya ILM yang dapat dengan mudah disebarkan ke media sosial.
POLIMEDIAPOLIMEDIA Pertama berisi pemaparan materi oleh narasumber yaitu tentang English for Hospitality secara umum. Kemudian, sesi kedua dilanjutkan dengan berlatih menggunakanPertama berisi pemaparan materi oleh narasumber yaitu tentang English for Hospitality secara umum. Kemudian, sesi kedua dilanjutkan dengan berlatih menggunakan
AISYAHUNIVERSITYAISYAHUNIVERSITY Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perilaku merokok, terutama dalam hal durasi dan jenis rokok, berhubungan dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasiDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perilaku merokok, terutama dalam hal durasi dan jenis rokok, berhubungan dengan rendahnya daya tahan kardiorespirasi
ELTAORGANIZATIONELTAORGANIZATION Diharapkan informasi ini dapat menjadi referensi dan sumber yang berguna bagi pembaca mengenai pemanfaatan permainan edukatif berbasis Android dalam pembelajaranDiharapkan informasi ini dapat menjadi referensi dan sumber yang berguna bagi pembaca mengenai pemanfaatan permainan edukatif berbasis Android dalam pembelajaran
UBTUBT Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. a) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diriBerdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa. a) Penerapan bimbingan kelompok dapat mengembangkan konsep diri
Useful /
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, profesionalisme guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan mutu pendidikanPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, profesionalisme guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan mutu pendidikan
UMKUMK Karyawan berkinerja tinggi mengalami kepuasan kerja, yang dapat disebabkan oleh kesesuaian mereka dengan pekerjaan dan organisasi. Tujuan penelitian iniKaryawan berkinerja tinggi mengalami kepuasan kerja, yang dapat disebabkan oleh kesesuaian mereka dengan pekerjaan dan organisasi. Tujuan penelitian ini
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Hal ini menimbulkan kecemasan pada siswa yang berujung pada rasa takut, rendahnya harga diri, kurang percaya diri, dan bahkan tidak termotivasi. PenelitianHal ini menimbulkan kecemasan pada siswa yang berujung pada rasa takut, rendahnya harga diri, kurang percaya diri, dan bahkan tidak termotivasi. Penelitian
UNIMALUNIMAL Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oksigen tertinggi terdapat pada pelakuan E (15 ppt) yaitu 0,987±0,085 mgO2/gr/jam dan terendah pada perlakuanHasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi oksigen tertinggi terdapat pada pelakuan E (15 ppt) yaitu 0,987±0,085 mgO2/gr/jam dan terendah pada perlakuan