IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini mengkaji tingkat dan karakteristik terlibatnya siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris yang didukung oleh chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI), dengan menggunakan perspektif Teori Perilaku Terencana (TPB). Dengan menggunakan pendekatan narrative inquiry, penelitian ini mengungkap pengalaman dan persepsi 15 peserta yang terdaftar di sebuah perguruan tinggi swasta di Aceh, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan diskusi fokus grup untuk mengeksplorasi sikap, pengaruh sosial, dan kontrol perilaku siswa. Analisis tematik diterapkan untuk menganalisis data, mengungkap sikap siswa terhadap chatbot AI yang dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan norm sosial. Peserta harus menghadapi baik pandangan pribadi mereka maupun situasi di sekitarnya, seperti dukungan dari orang lain atau akses ke teknologi, saat menggunakan chatbot AI untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks sosi budaya dan pengalaman pengguna dalam desain dan implementasi alat pendidikan berbasis AI. Penelitian ini menyoroti pentingnya sikap pengguna, pengaruh sosial, dan kontrol perilaku dalam membentuk terlibatnya siswa dengan teknologi dalam konteks pendidikan.
Penelitian ini mengungkap spektrum sikap siswa terhadap chatbot AI dalam pembelajaran bahasa Inggris, yang dipengaruhi oleh persepsi manfaat, norm sosial, dan kemampuan teknologi.Temuan menunjukkan bahwa sikap positif terhadap chatbot AI, seperti kemampuannya memberikan umpan balik segera dan pengalaman belajar yang disesuaikan, dapat meningkatkan terlibatnya siswa.Namun, kekhawatiran tentang keandalan chatbot, seperti kesalahan dalam menjawab pertanyaan kompleks, dapat mengurangi penggunaan yang konsisten.Pengaruh sosial, seperti dukungan teman dan guru, juga memainkan peran penting dalam memotivasi siswa untuk menggunakan chatbot AI.Selain itu, tingkat kemampuan teknologi dan manajemen waktu siswa memengaruhi kontrol perilaku mereka terhadap penggunaan chatbot.Penelitian ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan konteks sosi budaya dan pengalaman pengguna dalam desain dan implementasi alat pendidikan berbasis AI.Namun, penelitian ini memiliki batasan, seperti ukuran sampel yang relatif kecil dan fokus pada satu institusi, yang dapat memengaruhi keterbacaan temuan ke populasi yang lebih luas.Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada hasil belajar bahasa Inggris secara langsung dan mempertimbangkan desain chatbot yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada hasil belajar bahasa Inggris secara langsung, seperti peningkatan kemampuan berbahasa, dengan menggunakan metode campuran yang menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi pengaruh desain chatbot yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan siswa, seperti penambahan fitur interaktif atau gamifikasi, pada tingkat terlibatnya siswa. Penelitian juga dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada siswa dari latar belakang budaya yang berbeda, untuk memahami bagaimana konteks sosi budaya memengaruhi pengalaman dan persepsi mereka. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada siswa dengan tingkat kemampuan teknologi yang berbeda, untuk memahami bagaimana kemampuan teknologi memengaruhi kontrol perilaku mereka terhadap penggunaan chatbot. Penelitian lanjutan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana chatbot AI dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris, dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi terlibatnya siswa.
| File size | 767.4 KB |
| Pages | 30 |
| Short Link | https://juris.id/p-jZ |
| DMCA | Report |
Related /
UPIUPI Revolusi Industri Keempat (RI4) menonjolkan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan,Revolusi Industri Keempat (RI4) menonjolkan kebutuhan akan insinyur yang dilengkapi dengan keahlian teknis, kecerdasan emosional, komunikasi, kepemimpinan,
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Dengan demikian, sistem ini tidak hanya menjawab kebutuhan teknis yang belum terpenuhi dalam penelitian-penelitian terdahulu, tetapi juga memberikan solusiDengan demikian, sistem ini tidak hanya menjawab kebutuhan teknis yang belum terpenuhi dalam penelitian-penelitian terdahulu, tetapi juga memberikan solusi
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Integrasi teknologi dalam pendidikan Islam di Indonesia telah meningkatkan keefektifan praktik pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam menunjukkan kebiasaanIntegrasi teknologi dalam pendidikan Islam di Indonesia telah meningkatkan keefektifan praktik pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam menunjukkan kebiasaan
UMMUMM Sumber data terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masalah pelanggaran proses pemilihan dan sengketa hasilSumber data terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masalah pelanggaran proses pemilihan dan sengketa hasil
UAJYUAJY Santri diberi pembiasaan untuk menggunakan teknologi secara bijak, yang mendukung kegiatan belajar, bahasa asing, dan agama sehingga mereka siap bersaingSantri diberi pembiasaan untuk menggunakan teknologi secara bijak, yang mendukung kegiatan belajar, bahasa asing, dan agama sehingga mereka siap bersaing
DINASTIRESDINASTIRES Kepatuhan terhadap regulasi serta evaluasi berkala terhadap efektivitas respons hukum sangat penting untuk memastikan operasional yang aman, adil, danKepatuhan terhadap regulasi serta evaluasi berkala terhadap efektivitas respons hukum sangat penting untuk memastikan operasional yang aman, adil, dan
UNIMALUNIMAL Dua fase dari sistem tiga fase digunakan, kemudian diuji dalam program MATLAB. Berdasarkan output yang valid, kode program pada MATLAB ditanamkan dalamDua fase dari sistem tiga fase digunakan, kemudian diuji dalam program MATLAB. Berdasarkan output yang valid, kode program pada MATLAB ditanamkan dalam
UPIUPI Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan representasi terkini istilah teknologi dalam hubungannya dengan istilah terkait lainnya dalam pendidikan bahasa.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan representasi terkini istilah teknologi dalam hubungannya dengan istilah terkait lainnya dalam pendidikan bahasa.
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Metode yang digunakan melibatkan survei kuantitatif dan diskusi kelompok fokus kualitatif dengan 60 mahasiswa dan 7 dosen di dua perguruan tinggi negeri.Metode yang digunakan melibatkan survei kuantitatif dan diskusi kelompok fokus kualitatif dengan 60 mahasiswa dan 7 dosen di dua perguruan tinggi negeri.
UNIMALUNIMAL Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tata kelola TI dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5 di domain DSS di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tata kelola TI dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5 di domain DSS di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.
UINSIUINSI Kegiatan ibadah berjemaah di masjid selama pandemi ini kemudian menjadi lebih meluas karena pemerintah tidak memonitorinya dengan ketat. Kondisi ini menunjukkanKegiatan ibadah berjemaah di masjid selama pandemi ini kemudian menjadi lebih meluas karena pemerintah tidak memonitorinya dengan ketat. Kondisi ini menunjukkan
USKUSK Pertanyaan wawancara disesuaikan dari Fletcher et al. (2012) yang berfokus pada kurikulum, persiapan guru, metodologi pengajaran, instruksi pengajaran,Pertanyaan wawancara disesuaikan dari Fletcher et al. (2012) yang berfokus pada kurikulum, persiapan guru, metodologi pengajaran, instruksi pengajaran,