PDPIPDPI

Indonesian Journal of Social ScienceIndonesian Journal of Social Science

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemakaian konjungsi koordinatif dan subordinatif oleh anak muda dalam media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata tertulis yang terdiri dari konjungsi koordinatif dan subordinatif yang terdapat dalam pemakaian bahasa anak muda di media sosial dengan menggunakan metode simak dan catat. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter dan teknik catat lapangan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan kartu data yang berfungsi untuk mencatat data yang telah terkumpul. Berdasarkan hasil analisis data berupa penggunaan konjungsi bahasa Indonesia pada pemakaian bahasa anak muda di media sosial, terdapat beberapa kalimat yang ditulis menggunakan beberapa jenis konjungsi. Hasil penelitian menunjukan 5 jenis konjungsi koordinatif dan penggunaannya. 1) Jenis konjungsi koordinatif penjumlahan. 2) Jenis konjungsi koordinatif pemilihan. 3) Jenis konjungsi koordinatif, pertentangan. 4) Jenis konjungsi koordinatif berupa bahkan. 5) Jenis konjungsi koordinatif pengurutan. Hal ini membuktikan bahwa media sosial tidak hanya dijadikan sebagai hiburan saja, namun dapat dijadikan salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di dalamnya.

(1) Konjungsi koordinatif yang terkumpul berjumlah 50 data yang diambil dari media sosial yang terdiri dari penggunaan konjungsi koordinatif dan, bahkan, jika, padahal, atau, tetapi, kemudian, asalkan, sedangkan, agar.(2) Konjungsi subordinatif yang terkumpul berjumlah 50 data yang terdiri dari penggunaan konjungsi subordinatif, ketika, sewaktu, hingga, sejak, sehabis, jika, seusai, tatkala, walaupun, andaikan, sampai.Penggunaan konjungsi tidak hanya di tengah kalimat saja tetapi ada yang letaknya di awal kalimat.Dari beberapa konjungsi yang ditemukan di media sosial, konjungsi yang letaknya di tengah kalimat lebih banyak ditemukan daripada konjungsi yang letaknya di awal kalimat baik konjungsi koordinatif maupun konjungsi subordinatif.

Penelitian yang telah dilakukan ini berhasil mengidentifikasi berbagai jenis konjungsi koordinatif dan subordinatif yang digunakan oleh anak muda di media sosial. Meskipun demikian, ada beberapa arah penelitian lanjutan yang bisa digali untuk memperkaya pemahaman kita. Pertama, akan sangat menarik untuk menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pilihan anak muda dalam menggunakan jenis konjungsi tertentu di media sosial. Apakah ada alasan psikologis, sosial, atau kontekstual di balik preferensi mereka terhadap konjungsi dan dibandingkan serta, atau tetapi dibandingkan namun dalam berbagai situasi komunikasi daring? Studi lanjutan dapat menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam atau survei untuk memahami motif di balik pilihan linguistik ini. Kedua, penelitian ini bisa diperluas dengan membandingkan pola penggunaan konjungsi antara kelompok anak muda dengan demografi yang berbeda, misalnya berdasarkan wilayah geografis, latar belakang pendidikan, atau bahkan membandingkannya dengan kelompok usia yang lebih tua. Apakah generasi yang berbeda atau pengguna dari daerah yang berbeda menunjukkan variasi signifikan dalam cara mereka menghubungkan ide-ide dalam tulisan digital? Hal ini dapat membantu mengidentifikasi tren bahasa yang lebih luas di media sosial. Terakhir, mengingat temuan bahwa media sosial dapat dijadikan materi pembelajaran bahasa Indonesia, penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan dan evaluasi modul pembelajaran bahasa yang secara spesifik memanfaatkan data konjungsi dari media sosial. Bagaimana kita bisa merancang materi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan konjungsi yang tepat pada siswa dengan contoh-contoh relevan dari dunia digital mereka sehari-hari?.

Read online
File size268.65 KB
Pages9
Short Linkhttps://juris.id/p-1qJ
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test