UNWUNW

Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia DiniIndonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini

Pendidikan inklusi memerlukan strategi yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Peran guru pendamping khusus dilakukan dengan melakukan asesmen pada siswa, membuat Program Pembelajaran Individual yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus, dan berperan dalam melakukan penilaian serta menetapkan standar/indikator yang telah disesuaikan dengan keadaan siswa berkebutuhan khusus.

Guru pendamping khusus berperan dalam melakukan asesmen siswa, membuat program pembelajaran individual, dan berperan dalam melakukan penilaian serta menetapkan standar/indikator yang telah disesuaikan dengan keadaan siswa berkebutuhan khusus.Peran ini sangat penting dalam mendukung keberhasilan program pendidikan inklusi di TK Idaman Banjarbaru.Dengan adanya guru pendamping khusus, anak berkebutuhan khusus dapat mendapatkan layanan pendidikan yang lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas program pembelajaran individual (PPI) yang diterapkan oleh guru pendamping khusus dalam meningkatkan kemampuan akademik dan sosial emosional anak berkebutuhan khusus. Kedua, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan model pelatihan yang efektif bagi guru pendamping khusus, dengan tujuan meningkatkan kompetensi mereka dalam menangani berbagai jenis kebutuhan khusus yang dimiliki anak. Ketiga, penting untuk meneliti bagaimana peran serta dukungan orang tua dalam keberhasilan program pendidikan inklusi, serta bagaimana cara meningkatkan partisipasi aktif orang tua dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Dengan menggabungkan ketiga saran ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusi dan memberikan layanan yang lebih baik bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

  1. Journal | Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. journal universitas nahdlatul ulama surabaya plugins... doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290Journal Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya journal universitas nahdlatul ulama surabaya plugins doi 10 33086 ehdj v1i1 290
  2. EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INKLUSI SEKOLAH DASAR | Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. evaluasi pelaksanaan... ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/1014EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM INKLUSI SEKOLAH DASAR Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan evaluasi pelaksanaan ejournal uksw edu kelola article view 1014
  1. #sosial emosional anak#sosial emosional anak
  2. #peran guru pai#peran guru pai
File size466.27 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test