ULUMUNAULUMUNA
UlumunaUlumunaEtika Islam secara substansial berbeda dari etika Yunani Klasik, meski sejumlah pemikir Muslim terpengaruh filsafat Yunani. Penelitian ini menunjukkan bahwa etika Yunani bersifat ateistik dan berfokus pada hubungan antar-manusia, sementara etika Islam bersifat teistik serta mencakup hubungan manusia dengan Tuhan. Keduanya sepakat bahwa kebahagiaan adalah tujuan tertinggi etika, namun etika Islam menekankan kebahagiaan dunia-akhirat yang berbasis Al-Quran dan Hadis.
Etika Yunani Klasik dan Islam berbeda secara prinsip.Etika Yunani tidak mengandung nilai religius, hanya menakar hubungan sesama, serta tidak berkembang seiring zaman.Etika Islam bersifat sakral, menjalin relasi vertikal-horizontal manusia-Tuhan, dan tetap relevan karena berpijak pada wahyu.Beda mendasar terletak pada nilai spiritualitas dan eskatologis.
Bagaimana bentuk etika terapan yang mampu menyelaraskan nilai-nilai teistik Islam dengan tantangan moral di era digital? Apakah konsep primacy of the middle dari Aristoteles dan Ibnu Miskawaih bisa direkayasa menjadi model pengambilan keputusan etis bagi pengguna media sosial? Selain itu, dapatkah dirancang kurikulum etika berbasis kearifan lokal yang memadukan semangat kebahagiaan Yunani dan spiritualitas Islam untuk memperkuat karakter generasi Z?.
- DOI Name 10.1023 Values. name values index type timestamp data serv crossref email doiadmin namespace... doi.org/10.1023DOI Name 10 1023 Values name values index type timestamp data serv crossref email doiadmin namespace doi 10 1023
- Comparative Study of Classical Greek Ethics and Islamic Ethics | Ulumuna. comparative study classical... doi.org/10.20414/ujis.v23i1.346Comparative Study of Classical Greek Ethics and Islamic Ethics Ulumuna comparative study classical doi 10 20414 ujis v23i1 346
| File size | 602.38 KB |
| Pages | 23 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Problematika pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan meliputi kurangnya pendidikan karakter dan fasilitas pendukung pembelajaran. KepalaProblematika pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan meliputi kurangnya pendidikan karakter dan fasilitas pendukung pembelajaran. Kepala
ULUMUNAULUMUNA Dalam era pluralisme dan multikulturalisme, fenomenologi agama, meskipun mendapatkan kritik, tetap esensial untuk memahami esensi agama dan berkontribusiDalam era pluralisme dan multikulturalisme, fenomenologi agama, meskipun mendapatkan kritik, tetap esensial untuk memahami esensi agama dan berkontribusi
ULUMUNAULUMUNA Tafsir al-Azhar merupakan karya penafsiran Al-Quran modern yang ditulis oleh seorang cendekiawan Muslim Indonesia modern. Makalah ini berpendapat bahwaTafsir al-Azhar merupakan karya penafsiran Al-Quran modern yang ditulis oleh seorang cendekiawan Muslim Indonesia modern. Makalah ini berpendapat bahwa
ULUMUNAULUMUNA Para pendukung khilafah berpendapat bahwa suatu negara harus didasarkan pada agama dan bahwa khilafah merupakan model terbaik yang merepresentasikan modelPara pendukung khilafah berpendapat bahwa suatu negara harus didasarkan pada agama dan bahwa khilafah merupakan model terbaik yang merepresentasikan model
Useful /
IPBIPB Sebanyak 371 responden dari Kabupaten Karawang dan Subang disurvei menggunakan kuesioner terstruktur yang mencakup petani yang terlibat dalam sistem produksiSebanyak 371 responden dari Kabupaten Karawang dan Subang disurvei menggunakan kuesioner terstruktur yang mencakup petani yang terlibat dalam sistem produksi
UNWUNW pertemuan antara guru-siswa menjadi sangat penting, sebab dari pertemuan itulah transformasi ilmu yang terdapat di dalam UU Sisdiknas dan Permendikbudpertemuan antara guru-siswa menjadi sangat penting, sebab dari pertemuan itulah transformasi ilmu yang terdapat di dalam UU Sisdiknas dan Permendikbud
ULUMUNAULUMUNA Sebelum transformasi, fokus utama pendidikan tinggi Islam adalah pengajaran ilmu-ilmu Islam, sedangkan UIN menambahkan kurikulum ilmu umum seperti ilmuSebelum transformasi, fokus utama pendidikan tinggi Islam adalah pengajaran ilmu-ilmu Islam, sedangkan UIN menambahkan kurikulum ilmu umum seperti ilmu
ULUMUNAULUMUNA Penelitian ini memperkenalkan iden-iden baru dalam studi pemikiran Tasawuf. Mengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal,Penelitian ini memperkenalkan iden-iden baru dalam studi pemikiran Tasawuf. Mengambil al-Jīlī dan khususnya karya al-Insān al-kāmil sebagai titik awal,