MDPMDP

FORDICATEFORDICATE

Pandemi covid-19 mengharuskan setiap sekolah untuk melakukan langkah-langkah inovatif dengan memanfaatkan teknologi pada kegiatan belajar dan mengajar. Di antara berbagai kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan, Learning Management System (LMS) muncul sebagai platform dan Moodle menjadi salah satu LMS yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh lembaga pendidikan. Moodle memiliki fitur yang lengkap dan mudah untuk dipahami oleh pengguna. Melalui LMS Moodle pendidik dapat dengan mudah menghadirkan materi pembelajaran yang komprehensif, membuat penilaian, membuat sistem peringkat, melacak progress belajar, melihat report dan analisis hasil pembelajaran. Teknologi ini tentu saja ingin diadopsi oleh SMA Negeri 18 Palembang untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif saat dilakukan secara daring. Langkah yang diambil pihak sekolah untuk mendukung kelancaran penggunaan LMS ini adalah menyelenggarakan pelatihan bagi para administrator sekolah. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 5 orang staff dengan metode praktik secara langsung, diskusi dan tanya jawab interaktif di Laboratorium Komputer Universitas Multi Data Palembang.

Dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan ini, dapat disimpulkan dengan adanya pelatihan penggunaan Moodle di SMA Negeri 18 Palembang, administrator sekolah mengetahui cara pengoperasian LMS untuk mendukung kegiatan belajar secara daring.Kegiatan pelatihan ini membuka wawasan peserta mengenai keuntungan dalam memanfaatkan Aplikasi Moodle dalam mempermudah proses belajar dan mengajar di lingkungan SMA Negeri 18 Palembang.Dengan mengimplementasi Moodle yang dapat diakses secara daring, SMA Negeri 18 Palembang kini memiliki sistem yang lebih terstruktur dan fleksibel untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji dampak jangka panjang pelatihan Moodle terhadap efektivitas pengajaran dan pencapaian belajar siswa dengan melakukan studi longitudinal di SMA Negeri 18 serta sekolah sejenis. Selanjutnya, dapat dilakukan perbandingan antara Moodle dan platform LMS alternatif dalam konteks sekolah menengah, untuk menilai keunggulan fungsional serta tingkat adopsi oleh guru dan siswa. Terakhir, penelitian dapat meneliti hambatan teknis dan persepsi guru dalam penggunaan Moodle secara berkelanjutan, sehingga dapat merumuskan model dukungan teknis dan pedagogis yang meningkatkan keberlanjutan implementasi LMS di lingkungan pendidikan menengah.

  1. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/index. keefektifan pembelajaran moodle kemampuan pemecahan... doi.org/10.30656/gauss.v3i2.2392e jurnal lppmunsera index php gauss index keefektifan pembelajaran moodle kemampuan pemecahan doi 10 30656 gauss v3i2 2392
  2. Pelatihan Bagi Administrator Moodle di SMA Dharma Bakti Palembang | FORDICATE. pelatihan moodle dharma... doi.org/10.35957/fordicate.v2i1.3458Pelatihan Bagi Administrator Moodle di SMA Dharma Bakti Palembang FORDICATE pelatihan moodle dharma doi 10 35957 fordicate v2i1 3458
  3. One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.42One moment please moment please wait request verified doi 10 56921 cpkm v2i1 42
  1. #sma negeri 18#sma negeri 18
File size607.5 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test