UINSALATIGAUINSALATIGA

ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui pembelajaran tafsir tematik QS. Al-Hujurat ayat 10-13 di MAN 1 Lamongan. Nilai-nilai ini harus ditanamkan sejak dini, terutama di tengah perpecahan sosial, konflik, dan lemahnya solidaritas siswa. Pendidikan agama Islam, terutama tafsir, merupakan media strategis untuk pembentukan nilai yang kontekstual. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, guru PAI berfungsi sebagai demonstrator, fasilitator, pengelola kelas, dan evaluator. Kedua, Penanaman Nilai Ukhuwah Islamiyah dalam Pembelajaran Tafsir Tematik QS. Al-Hujurat Ayat 10-13 di MAN 1 Lamongan mencakup realisasi persaudaraan antar sesama, perdamaian di lingkungan sekolah, pembentukan karakter toleran, serta saling mengenal dan memahami satu sama lain. Ketiga, tantangan yang muncul, seperti waktu belajar yang terbatas, pengetahuan siswa yang terbatas tentang konsep ukhuwah Islamiyah, pengaruh negatif media sosial, dan latar belakang siswa yang berbeda. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman yang lebih dalam tentang strategi praktis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk membentuk sikap toleransi dan solidaritas.

Penelitian ini menyoroti peran strategis guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Lamongan dalam menanamkan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah melalui tafsir QS.Para guru berfungsi sebagai teladan, fasilitator, pengelola kelas, dan evaluator untuk mempromosikan persaudaraan, empati, dan harmoni sosial di antara siswa.Meskipun menghadapi tantangan seperti latar belakang siswa yang beragam, waktu pengajaran yang terbatas, dan pengaruh negatif media sosial, penelitian ini menekankan perlunya upaya kolaboratif antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk mempertahankan nilai-nilai tersebut.Meskipun dibatasi oleh periode observasi yang singkat dan respon individu yang bervariasi, studi ini memberikan wawasan praktis tentang strategi efektif untuk membentuk toleransi dan solidaritas siswa.

Dalam upaya melanjutkan penelitian ini, beberapa pertanyaan penelitian baru dapat diajukan. Pertama, bagaimana penerapan teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang ukhuwah Islamiyah pada pelajaran tafsir di sekolah? Kedua, penelitian dapat menyelidiki dampak jangka panjang dari pembelajaran berbasis pengalaman dalam menanamkan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah di kalangan siswa. Ketiga, studi lanjutan dapat dilakukan untuk menganalisis metodologi inovatif dalam pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan latar belakang siswa, sehingga nilai-nilai ukhuwah dapat diinternalisasi secara efektif. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih dalam dan implementasi yang lebih baik terhadap nilai-nilai ukhuwah Islamiyah di sekolah.

  1. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah | QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora.... doi.org/10.61104/jq.v1i1.60Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora doi 10 61104 jq v1i1 60
  2. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA DI SMAN 2 MACANG PACAR KECAMATAN PACAR... e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/2549PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIA DI SMAN 2 MACANG PACAR KECAMATAN PACAR e journal uniflor ac index php optika article view 2549
  3. PERKEMBANGAN TEORI KONFLIK ORGANISASI | Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang. teori konflik organisasi... doi.org/10.52624/manajerial.v4i1.2209PERKEMBANGAN TEORI KONFLIK ORGANISASI Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang teori konflik organisasi doi 10 52624 manajerial v4i1 2209
  1. #peran guru pai#peran guru pai
  2. #instilling ukhuwah islamiyah#instilling ukhuwah islamiyah
File size1.55 MB
Pages22
DMCAReportReport

ads-block-test