IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH

Jurnal Tarbiyah AlmuslimJurnal Tarbiyah Almuslim

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pendekatan pembelajaran yang efektif berupa metode yang tepat guna meningkatkan hasil belajar. Metode drill memperkuat pemahaman melalui latihan berulang, teamwork menumbuhkan kolaborasi, dan role play mendalami ajaran melalui simulasi peran. Hasil kajian pustaka menunjukkan integrasi ketiga metode meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran yang lebih interaktif, memperdalam pemahaman, memperkuat retensi materi, serta membantu peserta didik mengingat informasi keagamaan secara lebih baik. Kajian ini memberikan kontribusi baru mengenai potensi metode interaktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI.

Integrasi metode drill, teamwork, dan role play meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran PAI yang lebih interaktif dan bermakna.Metode drill menekankan latihan berulang untuk memperkuat hafalan dan pemahaman konsep agama.Teamwork menumbuhkan kolaborasi dan keterampilan sosial melalui tugas kelompok berbasis nilai Islam.Role play memungkinkan peserta didik mengalami langsung penerapan ajaran Islam dalam situasi nyata sehingga menumbuhkan empati dan berpikir kritis.Ketiganya bersinergi mendukung internalisasi nilai agama secara menyeluruh.

Bagaimana pengaruh frekuensi latihan dalam metode drill terhadap retensi jangka panjang hafalan ayat dan hadis peserta didik PAI? Apakah penerapan platform daring dapat memperluas kolaborasi tim pada materi kajian tematik al-Quran secara lintas sekolah? Selain itu, dapatkah simulasi role play tentang isu kontemporer seperti keadilan gender dalam Islam diterapkan secara berkelanjutan untuk mengukur peningkatan empati dan sikap toleran peserta didik?.

  1. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
  2. #agama islam siswa#agama islam siswa
Read online
File size291.71 KB
Pages17
DMCAReport

Related /

ads-block-test