UINSALATIGAUINSALATIGA
ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationProgram Madrasah Reformasi merupakan inisiatif Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Kompetensi guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas pelatihan dalam Program Reformasi Madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru. Penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara intensitas pelatihan, yang meliputi frekuensi, durasi, dan kedalaman materi, dengan peningkatan kompetensi guru. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kedalaman materi memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru, sementara frekuensi dan durasi pelatihan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menyoroti pentingnya kualitas materi pelatihan sebagai elemen utama dalam program pengembangan profesional berkelanjutan. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan fokus pada penyusunan materi yang mendalam dan aplikatif untuk meningkatkan kompetensi guru secara efektif.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa intensitas pelatihan, khususnya kedalaman materi, memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah.Meskipun frekuensi dan durasi pelatihan tidak menunjukkan dampak yang signifikan, kualitas materi pelatihan menjadi faktor penentu keberhasilan program pengembangan profesional.Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pelatihan madrasah di masa depan lebih menekankan pada penyusunan materi yang mendalam, relevan, dan aplikatif, serta mempertimbangkan kebutuhan spesifik guru madrasah untuk meningkatkan efektivitas pelatihan.
Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan yang ada, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh model pelatihan blended learning terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah, dengan menggabungkan pelatihan tatap muka intensif dengan mentoring online berkelanjutan. Kedua, perlu dilakukan penelitian kualitatif untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi guru madrasah terhadap program reformasi, termasuk faktor-faktor yang memfasilitasi atau menghambat peningkatan kompetensi mereka. Ketiga, penelitian longitudinal dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari program reformasi terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa madrasah. Dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian selanjutnya dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas program reformasi madrasah dan memberikan rekomendasi yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.
| File size | 948 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Pembelajaran berdeferensiasi dengan materi cerita rakyat nasional menghasilkan nilai rata‑rata 50,7 yang lebih tinggi daripada materi cerita rakyat lokalPembelajaran berdeferensiasi dengan materi cerita rakyat nasional menghasilkan nilai rata‑rata 50,7 yang lebih tinggi daripada materi cerita rakyat lokal
UNSOEDUNSOED Penelitian kami mengidentifikasi tiga senyawa yang diketahui: triterpenoid tipe tirucallane, cneorin-NP36 (1), limonoid sekunder dari kelompok preurianin,Penelitian kami mengidentifikasi tiga senyawa yang diketahui: triterpenoid tipe tirucallane, cneorin-NP36 (1), limonoid sekunder dari kelompok preurianin,
UINSALATIGAUINSALATIGA Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendidikan multikultural menawarkan peluang untuk membentuk individu yang lebih inklusif dan toleran, kenyataanTemuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendidikan multikultural menawarkan peluang untuk membentuk individu yang lebih inklusif dan toleran, kenyataan
CHEMOPREVCHEMOPREV Ekstrak tanaman keladi tikus (Typhonium flagelliforme) dapat menurunkan ekspresi telomerase pada sel kanker Raji, sehingga ekstrak tanaman ini memilikiEkstrak tanaman keladi tikus (Typhonium flagelliforme) dapat menurunkan ekspresi telomerase pada sel kanker Raji, sehingga ekstrak tanaman ini memiliki
Useful /
UTMUTM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivismePenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori sosio-konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa di Madrasah Tsanawiyah Almatera. Teori sosio-konstruktivisme
UTMUTM Modalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontikModalitas yang sering muncul adalah modalitas epistemik yang menunjukkan tingkat keyakinan, intensional yang mengukapkan harapan serta modalitas deontik
UTMUTM Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.Pembelajaran sastra berperspektif multikultural berkontribusi pada pembentukan karakter serta nilai moral, menciptakan lingkungan inklusif dan toleran.
STKIPPACITANSTKIPPACITAN Penelitian ini juga mengukur jarak dan sudut kemiringan kamera yang terbaik untuk menjalankan Augmented Reality. Peneliti menggunakan metode Research AndPenelitian ini juga mengukur jarak dan sudut kemiringan kamera yang terbaik untuk menjalankan Augmented Reality. Peneliti menggunakan metode Research And