UINSALATIGAUINSALATIGA

ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and EducationATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education

Program Madrasah Reformasi merupakan inisiatif Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Kompetensi guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas pelatihan dalam Program Reformasi Madrasah terhadap peningkatan kompetensi guru. Penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara intensitas pelatihan, yang meliputi frekuensi, durasi, dan kedalaman materi, dengan peningkatan kompetensi guru. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa kedalaman materi memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru, sementara frekuensi dan durasi pelatihan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menyoroti pentingnya kualitas materi pelatihan sebagai elemen utama dalam program pengembangan profesional berkelanjutan. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan fokus pada penyusunan materi yang mendalam dan aplikatif untuk meningkatkan kompetensi guru secara efektif.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa intensitas pelatihan, khususnya kedalaman materi, memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah.Meskipun frekuensi dan durasi pelatihan tidak menunjukkan dampak yang signifikan, kualitas materi pelatihan menjadi faktor penentu keberhasilan program pengembangan profesional.Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pelatihan madrasah di masa depan lebih menekankan pada penyusunan materi yang mendalam, relevan, dan aplikatif, serta mempertimbangkan kebutuhan spesifik guru madrasah untuk meningkatkan efektivitas pelatihan.

Berdasarkan latar belakang, metode, hasil, keterbatasan, dan saran penelitian lanjutan yang ada, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh model pelatihan blended learning terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah, dengan menggabungkan pelatihan tatap muka intensif dengan mentoring online berkelanjutan. Kedua, perlu dilakukan penelitian kualitatif untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi guru madrasah terhadap program reformasi, termasuk faktor-faktor yang memfasilitasi atau menghambat peningkatan kompetensi mereka. Ketiga, penelitian longitudinal dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari program reformasi terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa madrasah. Dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian selanjutnya dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas program reformasi madrasah dan memberikan rekomendasi yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

  1. DOI Name 10.21154 Values. name values index type timestamp data serv crossref desc stain ponorogo pono... doi.org/10.21154DOI Name 10 21154 Values name values index type timestamp data serv crossref desc stain ponorogo pono doi 10 21154
File size948 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test