STAIMUNSTAIMUN
JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peran supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dengan tujuan ingin meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar. Dalam hal ini menekankan terhadap esensi dari supervisi pembelajaran dalam memperankan tugas dan kewajibannya dengan menggunakan pendekatan non-direktif. Metode yang dilakukan pada penelitian ini ialah studi kajian literatur. Jenis yang diberlakukan ialah dekstiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan analisis terhadap data yang diambil dari bentuk buku, dokumen, karya tulis, karya ilmiah yang telah dipublikasikan dan dianggap relevan dengan pokok pembahasan peran supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif sebagai penunjang dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menelaah kajian teori-teori yang sudah dianggap relevan dengan pembahasan tersebut. Hasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan peranan guru dalam melakukan keterampilan mengajarnya.
Berdasarkan hasil uraian pembahasan diatas, disimpulkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar.Supervisi dengan pendekatan non-direktif yakni memberikan kesempatan yang lebih luas terhadap orang yang disupervisi untuk menjelaskan kendala atau bentuk permasalahan yang mereka alami.Perilaku supervisor pada saat melakukan supervise yaitu.mendengarkan permasalahan dalam memberikan penguatan terhadap guru sebagai orang yang disupervisi, menjelaskan pendapat selaku supervisor, menyajikan solusi, dan memecahkan permasalahan guru yang dialami.
Saran penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada bagaimana pengaruh supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif terhadap kemampuan guru dalam memfasilitasi diskusi kelas yang interaktif. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi dampak dari dukungan emosional yang diberikan oleh supervisor terhadap motivasi guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar. Penelitian lain juga bisa mempertimbangkan aspek penggunaan teknologi dalam supervisi non-direktif bagi perkembangan keterampilan mengajar guru di era digital saat ini.
- The Impact of Principal Academic Supervision and Work Motivation on Teacher Performance | Atlantis Press.... atlantis-press.com/proceedings/incoepp-21/125958917The Impact of Principal Academic Supervision and Work Motivation on Teacher Performance Atlantis Press atlantis press proceedings incoepp 21 125958917
- Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran sebagai Potret Kinerja Guru dalam Mengajar | Amanati | Media Penelitian... doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14711Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran sebagai Potret Kinerja Guru dalam Mengajar Amanati Media Penelitian doi 10 26877 mpp v17i1 14711
- PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | Wiguna | SELAPARANG:... doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Wiguna SELAPARANG doi 10 31764 jpmb v4i3 4798
- Clinical Supervision Management Of School Supervisor Tirta Model To Increase Pedagogic Competence Of... doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.465Clinical Supervision Management Of School Supervisor Tirta Model To Increase Pedagogic Competence Of doi 10 51601 ijersc v3i4 465
| File size | 298.86 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
PTTIPTTI Taman Baca diakui sebagai budaya yang menciptakan minat baca pada anak. Layanan ini bertujuan meningkatkan minat baca di masyarakat Kemlakagede VillageTaman Baca diakui sebagai budaya yang menciptakan minat baca pada anak. Layanan ini bertujuan meningkatkan minat baca di masyarakat Kemlakagede Village
ABULYATAMAABULYATAMA Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 50 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkanSubjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 50 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan
STAIMUNSTAIMUN Metodologi yang digunakan adalah survei deskriptif dengan sampel stratified random yang terdiri dari 10 kepala sekolah dan 290 guru dari sepuluh sekolah.Metodologi yang digunakan adalah survei deskriptif dengan sampel stratified random yang terdiri dari 10 kepala sekolah dan 290 guru dari sepuluh sekolah.
UBUB Kegiatan ini menggunakan metode wawancara, eksperimen produk, dan kuesioner dalam memperoleh feedback mitra. Hasil akhir yang ditransfer ke mitra yakniKegiatan ini menggunakan metode wawancara, eksperimen produk, dan kuesioner dalam memperoleh feedback mitra. Hasil akhir yang ditransfer ke mitra yakni
ARIPIARIPI Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, dan seluruh siswa dievaluasi menggunakan Test of Gross Motor Development-2Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, dan seluruh siswa dievaluasi menggunakan Test of Gross Motor Development-2
STAIQSTAIQ Penelitian ini menguji hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran Depok, Jawa Barat.Penelitian ini menguji hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran Depok, Jawa Barat.
STAIALAMISTAIALAMI Penerapan pengelolaan kelas, meliputi: (1) pengelolaan tempat duduk dan alat pengajaran, guru sudah pandai memberantas kesalahpahaman siswa kelas 10, (2)Penerapan pengelolaan kelas, meliputi: (1) pengelolaan tempat duduk dan alat pengajaran, guru sudah pandai memberantas kesalahpahaman siswa kelas 10, (2)
STAISKUTIMSTAISKUTIM Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sangatta Utara dengan subyek penelitian guru berjumlah 32 orang dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaanPenelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sangatta Utara dengan subyek penelitian guru berjumlah 32 orang dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan
Useful /
ABULYATAMAABULYATAMA 2) aktifitas guru yang dominan muncul yaitu aspek merencanakan dan melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengkomunikasikan hasil penyelidikan (14,6%).2) aktifitas guru yang dominan muncul yaitu aspek merencanakan dan melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengkomunikasikan hasil penyelidikan (14,6%).
IPTRISAKTIIPTRISAKTI Analisis persepsi, motivasi, dan preferensi pengunjung Hutan Kota Ciganjur menunjukkan bahwa ruang hijau perkotaan memegang peran krusial sebagai ruangAnalisis persepsi, motivasi, dan preferensi pengunjung Hutan Kota Ciganjur menunjukkan bahwa ruang hijau perkotaan memegang peran krusial sebagai ruang
STIE AASSTIE AAS Hasil analisis menunjukkan bahwa penjualan berpengaruh positif terhadap struktur modal, yang berarti semakin banyak peningkatan penjualan, semakin banyakHasil analisis menunjukkan bahwa penjualan berpengaruh positif terhadap struktur modal, yang berarti semakin banyak peningkatan penjualan, semakin banyak
STIE AASSTIE AAS Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Tujuan analisis profitabilitas perusahaan adalah untuk mengukur tingkat efisiensiProfitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Tujuan analisis profitabilitas perusahaan adalah untuk mengukur tingkat efisiensi