STAIMUNSTAIMUN

JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)JEMINOV (Journal of Education Management and Innovation)

Dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui peran supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dengan tujuan ingin meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar. Dalam hal ini menekankan terhadap esensi dari supervisi pembelajaran dalam memperankan tugas dan kewajibannya dengan menggunakan pendekatan non-direktif. Metode yang dilakukan pada penelitian ini ialah studi kajian literatur. Jenis yang diberlakukan ialah dekstiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan analisis terhadap data yang diambil dari bentuk buku, dokumen, karya tulis, karya ilmiah yang telah dipublikasikan dan dianggap relevan dengan pokok pembahasan peran supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif sebagai penunjang dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menelaah kajian teori-teori yang sudah dianggap relevan dengan pembahasan tersebut. Hasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan peranan guru dalam melakukan keterampilan mengajarnya.

Berdasarkan hasil uraian pembahasan diatas, disimpulkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar.Supervisi dengan pendekatan non-direktif yakni memberikan kesempatan yang lebih luas terhadap orang yang disupervisi untuk menjelaskan kendala atau bentuk permasalahan yang mereka alami.Perilaku supervisor pada saat melakukan supervise yaitu.mendengarkan permasalahan dalam memberikan penguatan terhadap guru sebagai orang yang disupervisi, menjelaskan pendapat selaku supervisor, menyajikan solusi, dan memecahkan permasalahan guru yang dialami.

Saran penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada bagaimana pengaruh supervisi pembelajaran dengan pendekatan non-direktif terhadap kemampuan guru dalam memfasilitasi diskusi kelas yang interaktif. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi dampak dari dukungan emosional yang diberikan oleh supervisor terhadap motivasi guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar. Penelitian lain juga bisa mempertimbangkan aspek penggunaan teknologi dalam supervisi non-direktif bagi perkembangan keterampilan mengajar guru di era digital saat ini.

  1. The Impact of Principal Academic Supervision and Work Motivation on Teacher Performance | Atlantis Press.... atlantis-press.com/proceedings/incoepp-21/125958917The Impact of Principal Academic Supervision and Work Motivation on Teacher Performance Atlantis Press atlantis press proceedings incoepp 21 125958917
  2. Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran sebagai Potret Kinerja Guru dalam Mengajar | Amanati | Media Penelitian... doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14711Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran sebagai Potret Kinerja Guru dalam Mengajar Amanati Media Penelitian doi 10 26877 mpp v17i1 14711
  3. PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | Wiguna | SELAPARANG:... doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Wiguna SELAPARANG doi 10 31764 jpmb v4i3 4798
  4. Clinical Supervision Management Of School Supervisor Tirta Model To Increase Pedagogic Competence Of... doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.465Clinical Supervision Management Of School Supervisor Tirta Model To Increase Pedagogic Competence Of doi 10 51601 ijersc v3i4 465
  1. #sikap motivasi guru#sikap motivasi guru
Read online
File size298.86 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test