PENCERAHPENCERAH

Journal of Social and Policy IssuesJournal of Social and Policy Issues

Pemerintah Kota Surabaya berupaya mendekatkan layanan kepada masyarakat dan meningkatkan kemudahan akses terhadap layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi reformasi birokrasi terhadap kinerja layanan di kelurahan Medokan Ayu melalui penerapan teknologi digital untuk melayani masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus di Medokan Ayu. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan referensi teori yang diajukan oleh Agus Dwijayanto (2006) dalam Ismoyo (2017), yang mengidentifikasi lima indikator utama untuk mengukur kinerja birokrasi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan administrasi kependudukan di Kelurahan Medokan Ayu lebih baik daripada sebelumnya. Namun, sistem digital ini menghadapi tantangan besar, terutama terkait keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten dan kurangnya sosialisasi program administrasi.

Implementasi reformasi layanan melalui layanan digital di Kelurahan Medokan Ayu dinilai baik.Penggunaan teknologi digital, seperti sistem barcode dan e-Kios, meningkatkan efisiensi layanan.Kualitas layanan juga meningkat melalui kecepatan, responsivitas, dan layanan outreach.Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya sosialisasi masih perlu diatasi untuk mencapai layanan yang lebih optimal.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan model pelatihan yang lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi petugas dalam mengelola layanan digital. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih mendalam mengenai strategi sosialisasi yang tepat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penggunaan aplikasi digital dalam administrasi kependudukan. Terakhir, studi tentang integrasi teknologi baru seperti kecerdasan buatan dalam layanan administrasi publik dapat menjadi arah penelitian yang menarik untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan.

  1. Analisis Efektivitas Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Biak Numfor)... jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/3383Analisis Efektivitas Birokrasi dalam Pelayanan Publik Studi Kasus Pemerintah Kabupaten Biak Numfor jurnal uisu ac index php mkd article view 3383
  2. Rebranding UMKM Desa Watugolong: Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung | Nusantara Community... journal.unusida.ac.id/index.php/ncer/en/article/view/735Rebranding UMKM Desa Watugolong Meningkatkan Brand Awareness dari UMKM Keripik Gadung Nusantara Community journal unusida ac index php ncer en article view 735
  3. The Implementation of Administrative Services through Application of Digital Technology in Medokan Ayu... journal.pencerah.org/index.php/jspi/article/view/389The Implementation of Administrative Services through Application of Digital Technology in Medokan Ayu journal pencerah index php jspi article view 389
Read online
File size303.7 KB
Pages5
Short Linkhttps://juris.id/p-1oC
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test