UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap umpan balik korektif lisan yang diberikan dosen pada kelas berbicara. Survei melibatkan 100 mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Ar‑Raniry, Banda Aceh, dipilih secara acak sederhana dari populasi 254 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang dimodifikasi dari Calsiyao (2015) dan Elsaghayer (2014), serta wawancara semi‑terstruktur. Metode penelitian menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif; data kuesioner dianalisis dengan persentase, sedangkan data wawancara dianalisis secara tematik. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa memandang umpan balik korektif lisan sebagai komponen penting dalam pembelajaran bahasa dan sangat membantu peningkatan kemampuan berbicara mereka. Dapat disimpulkan bahwa umpan balik korektif lisan memberikan hasil positif pada kinerja berbicara mahasiswa. Penelitian ini penting untuk menyoroti persepsi mahasiswa terhadap umpan balik tersebut, sehingga dosen dan mahasiswa dapat menyadari pentingnya pemberian dan penerimaan umpan balik korektif lisan dalam proses belajar mengajar kelas berbicara.
Kesimpulannya, mayoritas mahasiswa menyukai umpan balik korektif lisan dari dosen dan menganggapnya berharga serta membantu mereka belajar, meskipun mereka cemas akan kesalahan lisan dan merasa frustrasi bila tidak memahami koreksi dosen.Oleh karena itu, dosen harus menyampaikan umpan balik secara jelas sehingga mahasiswa dapat memahami bentuk bahasa yang benar.Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan desain eksperimental untuk mengukur efek umpan balik positif, negatif, atau kombinasi keduanya terhadap peningkatan kemampuan berbicara.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh berbagai jenis umpan balik korektif lisan, seperti koreksi eksplisit, implisit, dan permintaan klarifikasi, terhadap tingkat kepercayaan diri dan kecemasan mahasiswa saat berbicara, dengan membagi partisipan ke dalam kelompok eksperimen yang masing‑masing menerima satu jenis umpan balik. Selanjutnya, studi dapat membandingkan efektivitas timing umpan balik—misalnya umpan balik diberikan segera setelah kesalahan, setelah selesai menyelesaikan tugas berbicara, atau dengan penundaan tertentu—dalam hal retensi kesalahan dan perkembangan bahasa jangka panjang. Selain itu, penelitian dapat meneliti peran umpan balik peer‑to‑peer dibandingkan umpan balik dosen, dengan mengadakan sesi praktik berbicara yang dipandu oleh teman sekelas, kemudian mengukur hasil belajar serta persepsi mahasiswa terhadap kedua sumber umpan balik. Semua penelitian ini sebaiknya menggunakan desain eksperimental atau quasi‑eksperimen dengan ukuran sampel yang memadai, melibatkan instrumen pengukuran kuantitatif (misalnya tes kemampuan berbicara) dan kualitatif (misalnya wawancara atau jurnal reflektif), serta mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual seperti tingkat kemahiran bahasa dan motivasi belajar. Hasilnya diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis bagi dosen dalam merancang strategi umpan balik yang efektif, serta memperkaya literatur tentang pedagogi korektif lisan dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia.
| File size | 510.82 KB |
| Pages | 16 |
| Short Link | https://juris.id/p-8y |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gabungan YouTube dan WhatsApp memberikan dukungan yang bermakna untuk pembelajaran kolaboratif dalam konteksPenelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gabungan YouTube dan WhatsApp memberikan dukungan yang bermakna untuk pembelajaran kolaboratif dalam konteks
UMPWRUMPWR Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Lesson Study dan teknik Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) untuk mengkaji keterlibatan siswaPenelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Lesson Study dan teknik Transcript-Based Lesson Analysis (TBLA) untuk mengkaji keterlibatan siswa
UPIUPI Analisis varians menunjukkan perbedaan signifikan pada jumlah penangkapan antara tiga jenis perangkap. Perangkap corong menangkap total 1627 ekor dewasaAnalisis varians menunjukkan perbedaan signifikan pada jumlah penangkapan antara tiga jenis perangkap. Perangkap corong menangkap total 1627 ekor dewasa
UNUSAUNUSA Dengan demikian, MPV lebih tinggi pada kelompok diabetes dengan komplikasi dibandingkan dengan yang tanpa komplikasi. Pasien diabetes dengan komplikasiDengan demikian, MPV lebih tinggi pada kelompok diabetes dengan komplikasi dibandingkan dengan yang tanpa komplikasi. Pasien diabetes dengan komplikasi
UNHASUNHAS Dalam negara tuan rumah, BUMN lebih rentan terhadap tekanan institusional dibanding perusahaan swasta, dan status tanah bukanlah aset negara karena penguasaannyaDalam negara tuan rumah, BUMN lebih rentan terhadap tekanan institusional dibanding perusahaan swasta, dan status tanah bukanlah aset negara karena penguasaannya
UNMUNM Untuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisisUntuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis
USDUSD Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menganalisis 19 jurnal reflektif calon guru bahasa asing untuk mengetahui identitas profesional yangPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menganalisis 19 jurnal reflektif calon guru bahasa asing untuk mengetahui identitas profesional yang
USDUSD Data dikumpulkan dari jurnal reflektif dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki beberapa keyakinan terkait mengajar dan belajar.Data dikumpulkan dari jurnal reflektif dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memiliki beberapa keyakinan terkait mengajar dan belajar.
Useful /
UMPWRUMPWR Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan strategi pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika dengan pencapaian tinggi, sedang,Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan strategi pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika dengan pencapaian tinggi, sedang,
UMPWRUMPWR Komik digital yang mengangkat proses pembuatan tahu sebagai representasi potensi lokal dianggap tepat untuk pembelajaran materi fluida karena dapat menghubungkanKomik digital yang mengangkat proses pembuatan tahu sebagai representasi potensi lokal dianggap tepat untuk pembelajaran materi fluida karena dapat menghubungkan
INABJINABJ LATAR BELAKANG: Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi di dunia dan diketahui memiliki pengaruh terhadap sistem kardiovaskular. Banyak penelitian telahLATAR BELAKANG: Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi di dunia dan diketahui memiliki pengaruh terhadap sistem kardiovaskular. Banyak penelitian telah
INABJINABJ Latar belakang: Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes melitusLatar belakang: Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes melitus