LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA

Jurnal LiterasiologiJurnal Literasiologi

Penelitian ini meneliti pengaruh penggunaan balok angka sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak di TK Pertiwi Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research) dengan tiga siklus tindakan. Hasil observasi dan analisis data menunjukkan peningkatan signifikan pada skor kognitif anak, meningkat dari 52,85 % di siklus I menjadi 74,57 % di siklus II dan mencapai 86,85 % di siklus III. Penelitian ini menegaskan bahwa permainan balok angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan, konsentrasi, dan interaksi sosial anak.

Penggunaan balok angka dalam pembelajaran meningkatkan interaksi guru‑anak, memperkuat pemahaman konsep bilangan dan sebab-akibat.Anak menunjukkan peningkatan konsentrasi dan kemampuan menyelesaikan tugas secara berkelompok.Secara keseluruhan, media balok angka terbukti efektif dalam pengembangan kognitif anak usia dini.

Penelitian lanjutan dapat memadukan balok angka dengan teknologi digital untuk menguji efektivitas kombinasi media tradisional dan modern dalam memperkuat pemahaman konsep matematika pada anak usia dini. Selain itu, studi longitudinal diperlukan untuk mengevaluasi dampak jangka panjang penggunaan balok angka terhadap prestasi akademik di jenjang berikutnya, sehingga dapat memetakan hubungan antara permainan awal dan pencapaian pelajaran sekolah. Akhirnya, perbandingan antara balok angka dan manipulatif lain seperti koin atau batu dapat dikaji untuk mengidentifikasi media mana yang paling merangsang kreativitas dan pemecahan masalah pada kelompok usia yang berbeda.

  1. #anak usia#anak usia
  2. #alat data#alat data
Read online
File size289.94 KB
Pages17
Short Linkhttps://juris.id/p-1ng
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test