SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER
Jurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanJurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanGuru Pendidikan Kewirausahaan (PKWU) di SMK Maarif NU Kajen memiliki peran penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dan mendorong lahirnya produk inovatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji bagaimana guru PKWU mendukung siswa dalam menumbuhkan kreativitas dan menghasilkan karya inovatif. Hasil penelitian menunjukkan tiga peran utama guru, yaitu sebagai fasilitator yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan simulasi bisnis; mentor yang memberikan bimbingan akademik serta motivasi emosional untuk meningkatkan kepercayaan diri dan ketangguhan siswa; serta evaluator yang menilai pemahaman teori, sikap, dan hasil produk inovatif siswa. Tantangan yang ditemukan mencakup rendahnya motivasi siswa, ketidakseimbangan antara teori dan praktik, serta kurangnya soft skills. Untuk mengatasinya, guru menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL), memanfaatkan teknologi digital, dan memberikan pendampingan berkelanjutan. Kesimpulannya,.
Penelitian menunjukkan bahwa guru PKWU di SMK Maarif NU Kajen berperan sebagai fasilitator, mentor, dan evaluator dalam mengembangkan kreativitas serta menghasilkan produk inovatif siswa.Namun, tantangan seperti rendahnya motivasi belajar, ketidakseimbangan antara teori dan praktik, serta kurangnya soft skills dan keterbatasan produksi dan pemasaran produk masih menghambat pencapaian kompetensi kewirausahaan.Guru berupaya mengatasi hambatan tersebut melalui pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi digital, dan pendampingan berkelanjutan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas integrasi proyek kewirausahaan nyata yang melibatkan mitra industri lokal dalam meningkatkan kompetensi praktis dan motivasi siswa, dengan mengukur perubahan prestasi akademik serta kemampuan produksi inovatif. Selanjutnya, perlu dikaji dampak program pelatihan soft skills terstruktur—seperti komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan—terhadap kepercayaan diri siswa dan kualitas produk inovatif yang dihasilkan, menggunakan pendekatan eksperimen longitudinal. Terakhir, studi dapat meneliti peran platform portofolio digital sebagai media publikasi karya inovatif siswa, mengkaji bagaimana eksposur pasar digital mempengaruhi perkembangan mindset wirausaha, jaringan bisnis, dan peluang komersialisasi produk secara berkelanjutan.
- PERAN GURU PKWU DI SMK MA’ARIF NU KAJEN PEKALONGAN DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN PRODUKSI PRODUK... journal.smartpublisher.id/index.php/jeber/article/view/1197PERAN GURU PKWU DI SMK MAAoARIF NU KAJEN PEKALONGAN DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN PRODUKSI PRODUK journal smartpublisher index php jeber article view 1197
- Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kompetensi Guru dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Siswa dalam... jonedu.org/index.php/joe/article/view/5818Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Kompetensi Guru dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Siswa dalam jonedu index php joe article view 5818
| File size | 463.29 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lR |
| DMCA | Report |
Related /
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah sangat terpengaruh oleh pandemi COVID-19 di banyak bidang, termasuk di sekitar kampus Universitas Jambi.Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah sangat terpengaruh oleh pandemi COVID-19 di banyak bidang, termasuk di sekitar kampus Universitas Jambi.
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Implementasi langsung melalui pembentukan bisnis, terutama dalam industri kuliner yang memiliki pasar luas, memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa.Implementasi langsung melalui pembentukan bisnis, terutama dalam industri kuliner yang memiliki pasar luas, memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa.
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Kegiatan ini menciptakan keterampilan sosial, ekonomi, dan kemandirian sejak usia dini. Namun, implementasinya masih menghadapi kendala seperti keterbatasanKegiatan ini menciptakan keterampilan sosial, ekonomi, dan kemandirian sejak usia dini. Namun, implementasinya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan
IPBIPB Metode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan 200 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran berbasisMetode yang digunakan adalah studi eksperimen dengan 200 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran berbasis
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan self-efficacy siswa untuk memaksimalkan dampak literasi digital, kemandirian, dan motivasi terhadap teoriTemuan ini menekankan pentingnya meningkatkan self-efficacy siswa untuk memaksimalkan dampak literasi digital, kemandirian, dan motivasi terhadap teori
UNIDHAUNIDHA Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengoptimalisasikan perpustakaan STMIK Indragiri Pekanbaru menjadi E-Library memberikan banyak manfaat sertaHasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengoptimalisasikan perpustakaan STMIK Indragiri Pekanbaru menjadi E-Library memberikan banyak manfaat serta
BERUGAKBACABERUGAKBACA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas XII IPA mengikuti AMBK menggunakan aplikasi e-ujian browse pada mata pelajaran fisika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas XII IPA mengikuti AMBK menggunakan aplikasi e-ujian browse pada mata pelajaran fisika.
UNDIKSHAUNDIKSHA Materi komik tematik dinilai sangat layak berdasarkan penilaian ahli dan mendapat respons positif siswa. Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudahMateri komik tematik dinilai sangat layak berdasarkan penilaian ahli dan mendapat respons positif siswa. Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah
Useful /
IPBIPB Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Penerapan model iniModel pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Penerapan model ini
YBLIYBLI Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa anggota OSIS serta PMR SMA 9 Binsus dalam hal tanggap darurat bencana, khususnyaPelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa anggota OSIS serta PMR SMA 9 Binsus dalam hal tanggap darurat bencana, khususnya
BERUGAKBACABERUGAKBACA Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMAN 5 BoneBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengan peserta didik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMAN 5 Bone
BERUGAKBACABERUGAKBACA Penelitian pada Azza Hotel Palembang dengan 97 responden menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat pengunjung memiliki nilai sebesar 4,05. Rata‑rataPenelitian pada Azza Hotel Palembang dengan 97 responden menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi minat pengunjung memiliki nilai sebesar 4,05. Rata‑rata