SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER

Jurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanJurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan

Guru Pendidikan Kewirausahaan (PKWU) di SMK Maarif NU Kajen memiliki peran penting dalam mengembangkan kreativitas siswa dan mendorong lahirnya produk inovatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji bagaimana guru PKWU mendukung siswa dalam menumbuhkan kreativitas dan menghasilkan karya inovatif. Hasil penelitian menunjukkan tiga peran utama guru, yaitu sebagai fasilitator yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan simulasi bisnis; mentor yang memberikan bimbingan akademik serta motivasi emosional untuk meningkatkan kepercayaan diri dan ketangguhan siswa; serta evaluator yang menilai pemahaman teori, sikap, dan hasil produk inovatif siswa. Tantangan yang ditemukan mencakup rendahnya motivasi siswa, ketidakseimbangan antara teori dan praktik, serta kurangnya soft skills. Untuk mengatasinya, guru menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL), memanfaatkan teknologi digital, dan memberikan pendampingan berkelanjutan. Kesimpulannya,.

Penelitian menunjukkan bahwa guru PKWU di SMK Maarif NU Kajen berperan sebagai fasilitator, mentor, dan evaluator dalam mengembangkan kreativitas serta menghasilkan produk inovatif siswa.Namun, tantangan seperti rendahnya motivasi belajar, ketidakseimbangan antara teori dan praktik, serta kurangnya soft skills dan keterbatasan produksi dan pemasaran produk masih menghambat pencapaian kompetensi kewirausahaan.Guru berupaya mengatasi hambatan tersebut melalui pembelajaran berbasis proyek, pemanfaatan teknologi digital, dan pendampingan berkelanjutan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas integrasi proyek kewirausahaan nyata yang melibatkan mitra industri lokal dalam meningkatkan kompetensi praktis dan motivasi siswa, dengan mengukur perubahan prestasi akademik serta kemampuan produksi inovatif. Selanjutnya, perlu dikaji dampak program pelatihan soft skills terstruktur—seperti komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan—terhadap kepercayaan diri siswa dan kualitas produk inovatif yang dihasilkan, menggunakan pendekatan eksperimen longitudinal. Terakhir, studi dapat meneliti peran platform portofolio digital sebagai media publikasi karya inovatif siswa, mengkaji bagaimana eksposur pasar digital mempengaruhi perkembangan mindset wirausaha, jaringan bisnis, dan peluang komersialisasi produk secara berkelanjutan.

  1. PERAN GURU PKWU DI SMK MA’ARIF NU KAJEN PEKALONGAN DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN PRODUKSI PRODUK... journal.smartpublisher.id/index.php/jeber/article/view/1197PERAN GURU PKWU DI SMK MAAoARIF NU KAJEN PEKALONGAN DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN PRODUKSI PRODUK journal smartpublisher index php jeber article view 1197
  2. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kompetensi Guru dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Siswa dalam... jonedu.org/index.php/joe/article/view/5818Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Kompetensi Guru dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Siswa dalam jonedu index php joe article view 5818
  1. #motivasi siswa#motivasi siswa
  2. #proses evaluasi ambk#proses evaluasi ambk
Read online
File size463.29 KB
Pages9
Short Linkhttps://juris.id/p-1lR
DMCAReport

Related /

ads-block-test