SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER

Jurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanJurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan

Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menyelidiki inovasi balok huruf hijaiyah sebagai sebuah produk edupreneurship di TPQ Sabda Dua Pekalongan. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah fundamental dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu rendahnya motivasi dan penguasaan huruf hijaiyah di kalangan siswa. Penelitian ini mengimplementasikan media pembelajaran langsung berbasis permainan tersebut dan menganalisis efektivitasnya melalui triangulasi data, termasuk observasi partisipan, wawancara mendalam dengan seorang pengajar dan 17 siswa, serta analisis dokumen. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan kinestetik dan visual melalui balok ini secara signifikan mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mengurangi kecemasan siswa. Keunikan media ini terletak pada kemampuannya mentransformasi pembelajaran pasif menjadi aktif dan partisipatif. Hasilnya, terlihat peningkatan yang nyata dalam hal antusiasme partisipasi di kelas, kecepatan dalam mengenali bentuk huruf, serta ketepatan dalam menyusun huruf menjadi suku kata. Dari perspektif edupreneurship, media ini tidak hanya efektif secara pedagogis tetapi juga menunjukkan potensi komersial yang dapat mendukung sustainability lembaga. Nilai ekonomi dari produk ini memperkuat posisinya sebagai terobosan dalam merintis model bisnis pendidikan yang berkelanjutan. Sebagai rekomendasi, pengembangan lanjutan diperlukan pada aspek estetika desain, variasi permainan, serta integrasi dengan teknologi digital untuk memperluas dampak dan daya tariknya.

Implementasi balok huruf hijaiyah berhasil mengubah pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan huruf hijaiyah siswa.Media ini tidak hanya mendukung perkembangan kognitif melalui pembelajaran konkret dan menumbuhkan motivasi intrinsik, tetapi juga menunjukkan potensi kewirausahaan yang kuat berdasarkan penerimaan pasar dari siswa dan guru.Meskipun desainnya sudah ergonomis, penyempurnaan lebih lanjut pada kejelasan visual dan integrasi sistem permainan berbasis gamifikasi tetap diperlukan untuk memaksimalkan efektivitas pedagogis dan daya saing komersialnya.

Untuk mengembangkan penelitian ini lebih lanjut, ada beberapa ide menarik yang bisa diteliti. Pertama, mengingat penelitian ini hanya dilakukan pada satu lokasi dengan jumlah siswa terbatas, studi selanjutnya bisa menguji efektivitas balok hijaiyah dalam skala yang lebih besar dan waktu yang lebih panjang. Penelitian baru bisa membandingkan hasilnya di beberapa TPQ dengan karakteristik berbeda untuk melihat apakah manfaatnya konsisten di berbagai lingkungan. Kedua, saran tentang integrasi teknologi bisa dikembangkan lebih spesifik dengan meneliti apakah pembuatan aplikasi augmented reality (AR) yang bisa memindai balok fisik akan membuat pembelajaran lebih interaktif dan mudah dipahami. Hal ini akan menggabungkan keunggulan media fisik dan digital secara inovatif. Ketiga, penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi apakah desain balok dan variasi permainannya bisa diperluas untuk mengajarkan materi yang lebih kompleks, bukan hanya huruf. Sebagai contoh, sebuah studi bisa menginvestigasi bagaimana balok hijaiyah dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa memahami konsep tata bahasa sederhana atau bahkan membentuk kalimat pendek, sehingga manfaat edukasinya menjadi jauh lebih besar dan mendalam.

  1. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah... jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1212Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah jbasic index php basicedu article view 1212
  2. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Mufradat Pada Siswa Kelas V MIS... doi.org/10.58194/al-kilmah.v4i1.2820Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Mufradat Pada Siswa Kelas V MIS doi 10 58194 al kilmah v4i1 2820
  3. One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.60126/maras.v2i4.557One moment please moment please wait request verified doi 10 60126 maras v2i4 557
  4. THE EFFECTIVENESS OF ANIMATION VIDEO TECHNOLOGY IN ARABIC LANGUAGE TEACHING ON STUDENTS OF ISLAMIC ELEMENTARY... doi.org/10.32332/akademika.v26i1.3011THE EFFECTIVENESS OF ANIMATION VIDEO TECHNOLOGY IN ARABIC LANGUAGE TEACHING ON STUDENTS OF ISLAMIC ELEMENTARY doi 10 32332 akademika v26i1 3011
Read online
File size411.97 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1lS
DMCAReport

Related /

ads-block-test