SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER
Jurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanJurnal Ekonomi Bisnis dan KewirausahaanPenelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menyelidiki inovasi balok huruf hijaiyah sebagai sebuah produk edupreneurship di TPQ Sabda Dua Pekalongan. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah fundamental dalam pembelajaran bahasa Arab, yaitu rendahnya motivasi dan penguasaan huruf hijaiyah di kalangan siswa. Penelitian ini mengimplementasikan media pembelajaran langsung berbasis permainan tersebut dan menganalisis efektivitasnya melalui triangulasi data, termasuk observasi partisipan, wawancara mendalam dengan seorang pengajar dan 17 siswa, serta analisis dokumen. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan kinestetik dan visual melalui balok ini secara signifikan mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mengurangi kecemasan siswa. Keunikan media ini terletak pada kemampuannya mentransformasi pembelajaran pasif menjadi aktif dan partisipatif. Hasilnya, terlihat peningkatan yang nyata dalam hal antusiasme partisipasi di kelas, kecepatan dalam mengenali bentuk huruf, serta ketepatan dalam menyusun huruf menjadi suku kata. Dari perspektif edupreneurship, media ini tidak hanya efektif secara pedagogis tetapi juga menunjukkan potensi komersial yang dapat mendukung sustainability lembaga. Nilai ekonomi dari produk ini memperkuat posisinya sebagai terobosan dalam merintis model bisnis pendidikan yang berkelanjutan. Sebagai rekomendasi, pengembangan lanjutan diperlukan pada aspek estetika desain, variasi permainan, serta integrasi dengan teknologi digital untuk memperluas dampak dan daya tariknya.
Implementasi balok huruf hijaiyah berhasil mengubah pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, yang secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan penguasaan huruf hijaiyah siswa.Media ini tidak hanya mendukung perkembangan kognitif melalui pembelajaran konkret dan menumbuhkan motivasi intrinsik, tetapi juga menunjukkan potensi kewirausahaan yang kuat berdasarkan penerimaan pasar dari siswa dan guru.Meskipun desainnya sudah ergonomis, penyempurnaan lebih lanjut pada kejelasan visual dan integrasi sistem permainan berbasis gamifikasi tetap diperlukan untuk memaksimalkan efektivitas pedagogis dan daya saing komersialnya.
Untuk mengembangkan penelitian ini lebih lanjut, ada beberapa ide menarik yang bisa diteliti. Pertama, mengingat penelitian ini hanya dilakukan pada satu lokasi dengan jumlah siswa terbatas, studi selanjutnya bisa menguji efektivitas balok hijaiyah dalam skala yang lebih besar dan waktu yang lebih panjang. Penelitian baru bisa membandingkan hasilnya di beberapa TPQ dengan karakteristik berbeda untuk melihat apakah manfaatnya konsisten di berbagai lingkungan. Kedua, saran tentang integrasi teknologi bisa dikembangkan lebih spesifik dengan meneliti apakah pembuatan aplikasi augmented reality (AR) yang bisa memindai balok fisik akan membuat pembelajaran lebih interaktif dan mudah dipahami. Hal ini akan menggabungkan keunggulan media fisik dan digital secara inovatif. Ketiga, penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi apakah desain balok dan variasi permainannya bisa diperluas untuk mengajarkan materi yang lebih kompleks, bukan hanya huruf. Sebagai contoh, sebuah studi bisa menginvestigasi bagaimana balok hijaiyah dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa memahami konsep tata bahasa sederhana atau bahkan membentuk kalimat pendek, sehingga manfaat edukasinya menjadi jauh lebih besar dan mendalam.
- Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah... jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1212Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah jbasic index php basicedu article view 1212
- Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Mufradat Pada Siswa Kelas V MIS... doi.org/10.58194/al-kilmah.v4i1.2820Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Kartu Mufradat Pada Siswa Kelas V MIS doi 10 58194 al kilmah v4i1 2820
- One moment, please.... moment please wait request verified doi.org/10.60126/maras.v2i4.557One moment please moment please wait request verified doi 10 60126 maras v2i4 557
- THE EFFECTIVENESS OF ANIMATION VIDEO TECHNOLOGY IN ARABIC LANGUAGE TEACHING ON STUDENTS OF ISLAMIC ELEMENTARY... doi.org/10.32332/akademika.v26i1.3011THE EFFECTIVENESS OF ANIMATION VIDEO TECHNOLOGY IN ARABIC LANGUAGE TEACHING ON STUDENTS OF ISLAMIC ELEMENTARY doi 10 32332 akademika v26i1 3011
| File size | 411.97 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-1lS |
| DMCA | Report |
Related /
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Metode Just In Time (JIT) terbukti paling efektif dalam menekan biaya persediaan dibandingkan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan kebijakan perusahaanMetode Just In Time (JIT) terbukti paling efektif dalam menekan biaya persediaan dibandingkan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan kebijakan perusahaan
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Subjek penelitian merupakan seorang pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kauman Wiradesa yang juga melaksanakan pengajaran di Taman PendidikanSubjek penelitian merupakan seorang pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kauman Wiradesa yang juga melaksanakan pengajaran di Taman Pendidikan
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Kesimpulannya, branding pribadi yang dirancang dengan matang dan berlandaskan etika profesional memberi peluang nyata bagi guru MI menjadi edupreneur tanpaKesimpulannya, branding pribadi yang dirancang dengan matang dan berlandaskan etika profesional memberi peluang nyata bagi guru MI menjadi edupreneur tanpa
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan Market Day berperan dalam menanamkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada pesertaPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan Market Day berperan dalam menanamkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada peserta
SMARTPUBLISHERSMARTPUBLISHER Penelitian ini membahas cara Museum Batik Pekalongan dalam menciptakan minat pada edupreneurship dan memperkuat budaya batik di kalangan Generasi Z. PenelitianPenelitian ini membahas cara Museum Batik Pekalongan dalam menciptakan minat pada edupreneurship dan memperkuat budaya batik di kalangan Generasi Z. Penelitian
ITSCIENCEITSCIENCE Penyuluhan kesehatan tentang manajemen pembuangan sampah yang baik telah dilaksanakan di Desa Perkebunan Marpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, KabupatenPenyuluhan kesehatan tentang manajemen pembuangan sampah yang baik telah dilaksanakan di Desa Perkebunan Marpinggan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten
AIRAAIRA Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam memanfaatkan menir yang nantinya diharapkan akan diadopsiTujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga dalam memanfaatkan menir yang nantinya diharapkan akan diadopsi
AIRAAIRA Pelatihan pembuatan database pelanggan membantu menyelesaikan masalah pengolahan data pelanggan yang dihadapi perusahaan. Kegiatan ini mendapat dukunganPelatihan pembuatan database pelanggan membantu menyelesaikan masalah pengolahan data pelanggan yang dihadapi perusahaan. Kegiatan ini mendapat dukungan
Useful /
UKSWUKSW Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Model Computable General Equilibrium (CGE). Untuk mendukung dan melengakapi konstruksi model tersebutPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Model Computable General Equilibrium (CGE). Untuk mendukung dan melengakapi konstruksi model tersebut
ITSCIENCEITSCIENCE Diabetes melitus merupakan masalah kesehatan yang besar dan terus berkembang di sebagian besar negara serta merupakan penyebab penting penyakit berkepanjanganDiabetes melitus merupakan masalah kesehatan yang besar dan terus berkembang di sebagian besar negara serta merupakan penyebab penting penyakit berkepanjangan
ITSCIENCEITSCIENCE Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung secaraKegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung secara
ITSCIENCEITSCIENCE Pengajuan dapat dilakukan pada palikasi KTKI dan Satu sehat. Adanya ketentuan baru berlakunya UU No 17 tahun 2023 tentang kesehatan, maka perlunya adanyaPengajuan dapat dilakukan pada palikasi KTKI dan Satu sehat. Adanya ketentuan baru berlakunya UU No 17 tahun 2023 tentang kesehatan, maka perlunya adanya