UACUAC

Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamNidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Tujuan dari makalah ini adalah untuk meninjau strategi pembelajaran kepemimpinan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa sejak pemerintah mengirim siswa pulang untuk memperlambat penyebaran pandemi COVID-19. Keberhasilan belajar siswa selama pandemi terkait erat dengan pemahaman dan penerapan strategi kepemimpinan guru dalam membantu siswa belajar dari rumah. Untuk mendukung guru dalam keberhasilan belajar siswa, kami telah meninjau literatur, terutama pembelajaran siswa selama penutupan sekolah. Setelah pengumpulan data, kami melanjutkan analisis dan interpretasi mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dan interpretasi meliputi kompetensi yang ingin dicapai, motivasi belajar, bahan ajar, metode pendampingan, dan rubrik evaluasi keberhasilan. Setelah kami menghubungkan semua elemen di atas dengan pengajaran, pedagogi, dan pemahaman tentang realitas belajar siswa pada masa pandemi, akhirnya kami berhasil menyusun rumusan strategis strategi kepemimpinan guru sebagai berikut: 1) praktik pembelajaran spasial, 2) pendekatan retrospektif, 3) pembelajaran elaboratif praktis, 4) pembelajaran kolaboratif, 5) pendekatan interleaving, 6) komitmen konkret, 7) keterampilan pengkodean ganda, 8) sumber daya yang bermanfaat, 9) kompetensi digital, dan 10) merayakan setiap keberhasilan. Temuan ini valid dan reliabel. Oleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukan dengan cara yang berani.

Setelah melalui studi mendalam dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa peran dan dukungan guru sangat signifikan selama proses belajar dari rumah, sambil menjaga kesehatan dari coronavirus 2019 sambil terus belajar dari jarak jauh dengan memaksimalkan fasilitas yang ada.Temuan ini valid dan dapat menjadi strategi alternatif bagi guru untuk mendukung siswa belajar dari rumah selama COVID-19 masih ada.

Untuk mendukung siswa belajar dari rumah selama pandemi COVID-19, guru dapat menerapkan strategi kepemimpinan yang strategis dan dinamis. Strategi ini harus mencakup pendekatan transformatif yang melihat tantangan sebagai peluang untuk selalu mencari solusi. Guru harus berpikir kritis dan kreatif dalam merancang metode pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Selain itu, penting untuk mengembangkan kompetensi digital dan memanfaatkan sumber daya belajar yang bermanfaat. Guru juga dapat menerapkan pendekatan kolaboratif dan interaktif dalam pembelajaran jarak jauh, serta merayakan setiap keberhasilan siswa untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka. Dengan strategi kepemimpinan yang kuat, guru dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal meskipun dalam kondisi pandemi.

  1. One moment, please.... moment please wait request verified e-journal.uac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/issue/view/81One moment please moment please wait request verified e journal uac ac index php NAZHRUNA issue view 81
  1. #hasil belajar siswa#hasil belajar siswa
  2. #kompetensi digital guru#kompetensi digital guru
Read online
File size216.53 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test