UACUAC
Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamNidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamTujuan dari makalah ini adalah untuk meninjau strategi pembelajaran kepemimpinan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa sejak pemerintah mengirim siswa pulang untuk memperlambat penyebaran pandemi COVID-19. Keberhasilan belajar siswa selama pandemi terkait erat dengan pemahaman dan penerapan strategi kepemimpinan guru dalam membantu siswa belajar dari rumah. Untuk mendukung guru dalam keberhasilan belajar siswa, kami telah meninjau literatur, terutama pembelajaran siswa selama penutupan sekolah. Setelah pengumpulan data, kami melanjutkan analisis dan interpretasi mendalam dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dan interpretasi meliputi kompetensi yang ingin dicapai, motivasi belajar, bahan ajar, metode pendampingan, dan rubrik evaluasi keberhasilan. Setelah kami menghubungkan semua elemen di atas dengan pengajaran, pedagogi, dan pemahaman tentang realitas belajar siswa pada masa pandemi, akhirnya kami berhasil menyusun rumusan strategis strategi kepemimpinan guru sebagai berikut: 1) praktik pembelajaran spasial, 2) pendekatan retrospektif, 3) pembelajaran elaboratif praktis, 4) pembelajaran kolaboratif, 5) pendekatan interleaving, 6) komitmen konkret, 7) keterampilan pengkodean ganda, 8) sumber daya yang bermanfaat, 9) kompetensi digital, dan 10) merayakan setiap keberhasilan. Temuan ini valid dan reliabel. Oleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukan dengan cara yang berani.
Setelah melalui studi mendalam dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa peran dan dukungan guru sangat signifikan selama proses belajar dari rumah, sambil menjaga kesehatan dari coronavirus 2019 sambil terus belajar dari jarak jauh dengan memaksimalkan fasilitas yang ada.Temuan ini valid dan dapat menjadi strategi alternatif bagi guru untuk mendukung siswa belajar dari rumah selama COVID-19 masih ada.
Untuk mendukung siswa belajar dari rumah selama pandemi COVID-19, guru dapat menerapkan strategi kepemimpinan yang strategis dan dinamis. Strategi ini harus mencakup pendekatan transformatif yang melihat tantangan sebagai peluang untuk selalu mencari solusi. Guru harus berpikir kritis dan kreatif dalam merancang metode pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa. Selain itu, penting untuk mengembangkan kompetensi digital dan memanfaatkan sumber daya belajar yang bermanfaat. Guru juga dapat menerapkan pendekatan kolaboratif dan interaktif dalam pembelajaran jarak jauh, serta merayakan setiap keberhasilan siswa untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka. Dengan strategi kepemimpinan yang kuat, guru dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal meskipun dalam kondisi pandemi.
| File size | 216.53 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | Report |
Related /
UIN WALISONGOUIN WALISONGO Secara teoretis, studi ini memberikan kontribusi dengan menguraikan jalur tidak langsung melalui mana faktor demografis membentuk kesejahteraan orang tuaSecara teoretis, studi ini memberikan kontribusi dengan menguraikan jalur tidak langsung melalui mana faktor demografis membentuk kesejahteraan orang tua
STITMUBASTITMUBA Pendekatan berbasis riset terbukti efektif membantu guru PAI menjadi praktisi reflektif yang mampu mengintegrasikan temuan penelitian dalam praktik pembelajaran,Pendekatan berbasis riset terbukti efektif membantu guru PAI menjadi praktisi reflektif yang mampu mengintegrasikan temuan penelitian dalam praktik pembelajaran,
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi pemerintahPeningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan sumber daya manusia di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi komunikasi efektif guru serta memberikan dampak positif pada interaksi dan keterlibatan siswa. Untuk keberlanjutan,Kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi komunikasi efektif guru serta memberikan dampak positif pada interaksi dan keterlibatan siswa. Untuk keberlanjutan,
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Kemampuan numerasi memainkan peran krusial dalam kehidupan keseharian, termasuk bagi anak usia dini. Berdasarkan observasi awal di TK Putera Bhakti didapatkanKemampuan numerasi memainkan peran krusial dalam kehidupan keseharian, termasuk bagi anak usia dini. Berdasarkan observasi awal di TK Putera Bhakti didapatkan
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas,Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Sampel penelitian terdiri atas dua kelas,
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan populasi generasi Z yang pernah menggunakan produk Somethinc. Terdapat 100 sampel yang digunakan dalamPenelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan populasi generasi Z yang pernah menggunakan produk Somethinc. Terdapat 100 sampel yang digunakan dalam
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis IT dalam pengajaran lagu daerah Sumatera Utara dan mengidentifikasi
Useful /
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Keputusan pembelian konsumen sering kali dipengaruhi oleh berbagai factor, termasuk pengaruh lingkungan sosial. Social Influence merupakan istilah yangKeputusan pembelian konsumen sering kali dipengaruhi oleh berbagai factor, termasuk pengaruh lingkungan sosial. Social Influence merupakan istilah yang
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Masa anak merupakan masa emas perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Pada masa inilah intervensi yang dilakukan dapat efektif danMasa anak merupakan masa emas perkembangan intelektual, sosial emosional, dan multikultural. Pada masa inilah intervensi yang dilakukan dapat efektif dan
AKABAAKABA Peran dan fungsi partai oposisi belum diatur secara khusus dalam undang-undang di Indonesia, sehingga diperlukan revisi dalam UU Parpol untuk menambahkanPeran dan fungsi partai oposisi belum diatur secara khusus dalam undang-undang di Indonesia, sehingga diperlukan revisi dalam UU Parpol untuk menambahkan
POLNESPOLNES Wisatawan lebih tertarik pada aktivitas belajar sejarah Batak dan melihat koleksi museum. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap kebersihan, keamanan, kenyamananWisatawan lebih tertarik pada aktivitas belajar sejarah Batak dan melihat koleksi museum. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap kebersihan, keamanan, kenyamanan