UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

IT outsourcing telah ada sebagai sarana penting untuk organisasi memungkinkan mendapatkan akses ke pelayanan yang berkeahlian khusus, fokus pada kompetensi inti mereka, dan mengurangi biaya penyediaan layanan TI. Dengan meningkatnya jumlah kegagalan IT outsourcing, inilah saatnya untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu kepuasan outsourcing IT. Studi ini mengkaji jenis fungsi TI outsourcing dan meneliti faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam outsourcing TI di perusahaan-perusahaan menengah-kecil di Malaysia. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui email, dan data dikumpulkan ada 100 dari perusahaan yang terdaftar di direktori perusahaan kecil dan menengah di Malaysia. Mengacu dari teori Domberger tentang kontrak organisasi, empat hipotesis yang dikembangkan dan diuji dalam penelitian ini menggunakan teknik PLS path modeling. Temuan menunjukkan bahwa fokus pada kompetensi inti, adalah pengurangan biaya, akses ke keahlian TI dan keterampilan, serta fleksibilitas yang positif yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan dalam IT outsourcing. Dalam makalah ini terdapat implikasi dan rekomendasi untuk studi masa depan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa fokus pada kompetensi inti, pengurangan biaya, akses ke keahlian dan keterampilan TI, serta fleksibilitas memiliki hubungan positif dengan kepuasan outsourcing TI.Pengurangan biaya dan fleksibilitas menjadi penentu signifikan kepuasan outsourcing TI di kalangan UKM di Malaysia.Penyedia layanan outsourcing TI di Malaysia sebaiknya fokus pada manfaat biaya saat memberikan layanan TI kepada UKM.

Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai dampak perubahan dinamis lingkungan bisnis, seperti adopsi teknologi baru (cloud computing, AI, machine learning) terhadap kepuasan pelanggan IT outsourcing di kalangan UKM. Studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengamati bagaimana perubahan kebutuhan bisnis dan perkembangan teknologi memengaruhi strategi outsourcing UKM dari waktu ke waktu, termasuk pemilihan vendor dan negosiasi kontrak. Selain itu, diperlukan studi yang lebih mendalam mengenai peran mediasi dari kepercayaan dan komunikasi antara UKM dan penyedia layanan IT outsourcing dalam mempengaruhi keberhasilan hubungan outsourcing. Penelitian lanjutan juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual seperti kebijakan pemerintah dan dukungan industri dalam memfasilitasi adopsi IT outsourcing yang sukses di kalangan UKM.

File size201.6 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test