UNUKALTIMUNUKALTIM
Journal of Sustainable TransformationJournal of Sustainable TransformationPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kepemimpinan dalam penerapan tiga aspek utama manajemen satu menit, yaitu pujian, teguran, dan permintaan maaf di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam. Dalam konteks kepemimpinan pendidikan, kepala madrasah memegang peran strategis dalam memotivasi dan membina kinerja tenaga pendidik serta kependidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan pengumpulan data melalui kuesioner online yang dibagikan kepada 15 responden yang terdiri dari guru dan staf madrasah. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis tema untuk mengidentifikasi pola perilaku dan respons terhadap ketiga aspek kepemimpinan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pujian oleh kepala madrasah secara signifikan meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri guru, sementara teguran yang diberikan secara konstruktif membantu memperbaiki kinerja. Selain itu, sikap pemimpin yang meminta maaf saat melakukan kesalahan menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan meningkatkan kepercayaan bawahan terhadap kepemimpinan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan yang mengintegrasikan pujian, teguran, dan permintaan maaf dapat membangun hubungan yang positif serta meningkatkan kinerja di lingkungan pendidikan.
Pengaruh kepemimpinan yang melibatkan pujian, teguran, dan permintaan maaf terhadap karyawan menunjukkan peningkatan motivasi dan kepuasan kerja.Pujian yang tepat memperkuat hubungan pemimpin-karyawan dan menciptakan lingkungan kerja positif.Teguran konstruktif meningkatkan kinerja tanpa menurunkan moral.Pemimpin yang mampu meminta maaf menunjukkan integritas dan membangun kepercayaan.Kepemimpinan terbuka dan responsif mendorong produktivitas serta loyalitas karyawan.
Bagaimana jika peneliti mendesain studi banding lintas sekolah untuk menelusuri apakah tiga aspek manajemen satu menit tetap efektif ketika diterapkan oleh kepala sekolah yang berbeda karakteristik usia, jenis kelamin, dan latar belakang keagamaan? Apakah pengaruhnya terhadap motivasi guru juga kuat di madrasah yang lebih besar atau di wilayah rural? Selanjutnya, peneliti bisa membuat intervensi pelatihan mini-workshop tiga kali pertemuan, kemudian mengukur perubahan hormon stres kortisol serta kepuasan kerja guru sebelum dan sesudah pelatihan untuk melihat apakah manajemen satu menit benar-benar menurunkan stres secara biologis. Terakhir, penting untuk menelusuri pengalaman guru berusia muda (di bawah 30 tahun) yang notabene tumbuh di era media sosial; apakah mereka merasa pujian satu menit di depan kelompok lebih bermakna, atau justru meminta privasi melalui pesan tertulis, sehingga strategi kepemimpinan perlu disesuaikan dengan generasi agar tetap relevan.
| File size | 269.96 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengembangkanDengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan mengembangkan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Hasil konfigurasi dari pengaturan server mendapatkan IP publik yang diberikan oleh jasa provider adalah http. 145/dengan alamat ini aplikasi Raport DigitalHasil konfigurasi dari pengaturan server mendapatkan IP publik yang diberikan oleh jasa provider adalah http. 145/dengan alamat ini aplikasi Raport Digital
IAIQHIAIQH Hal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. KemampuanHal ini menunjukan masih kurangnya siswa yang mampu menumbuhkan keterampilan literasi sains didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kemampuan
OJSOJS Instrumen utama berupa tes hasil belajar, dan data dianalisis menggunakan uji normalitas dan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwaInstrumen utama berupa tes hasil belajar, dan data dianalisis menggunakan uji normalitas dan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Inisiatif ini menjawab kebutuhan mendesak bagi para siswa untuk memperoleh keterampilan perangkat lunak perkantoran yang penting, yang sangat penting untukInisiatif ini menjawab kebutuhan mendesak bagi para siswa untuk memperoleh keterampilan perangkat lunak perkantoran yang penting, yang sangat penting untuk
STITMUBOSTITMUBO Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan creative thinking pada siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelasPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan creative thinking pada siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas
UPNYKUPNYK Kepemimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Pegawai unit manajemenKepemimpinan dan lingkungan kerja yang mendukung berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja pegawai melalui motivasi kerja. Pegawai unit manajemen
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Kemampuan penalaran matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan tingkat ketercapaian 79,05. BeberapaKemampuan penalaran matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan tingkat ketercapaian 79,05. Beberapa
Useful /
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Untuk membuat pembelajaran interaktif dan bermakna, pendidik harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Tujuan dari artikel ini adalah untukUntuk membuat pembelajaran interaktif dan bermakna, pendidik harus memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Tujuan dari artikel ini adalah untuk
UMAUMA Penilaian ini mencakup berbagai indikator seperti tangibles, reliability, responsiveness, assurance, cakupan, kesesuaian, akuntabilitas, dan inovasi, yangPenilaian ini mencakup berbagai indikator seperti tangibles, reliability, responsiveness, assurance, cakupan, kesesuaian, akuntabilitas, dan inovasi, yang
UMAUMA Faktor utama yang mempengaruhi kinerja aparatur adalah kurangnya pendidikan dan pelatihan, minimnya sarana, serta kurangnya pengawasan dan motivasi. UntukFaktor utama yang mempengaruhi kinerja aparatur adalah kurangnya pendidikan dan pelatihan, minimnya sarana, serta kurangnya pengawasan dan motivasi. Untuk
UMAUMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru pada kebijakan TIK terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (2)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru pada kebijakan TIK terhadap peningkatan kualitas pendidikan, (2)