UNUKALTIMUNUKALTIM

Journal of Sustainable TransformationJournal of Sustainable Transformation

Manajemen strategi dalam menghadapi perubahan kebijakan pendidikan dan tuntutan perkembangan teknologi. oleh karena itu, sekolah melakukan proses perencanaan, pelaksanaan, mobilisasi dan pengawasan, serta faktor-faktor yang mendukung keberhasilan manajemen strategi perubahan di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 39 Samarinda telah melakukan strategi perencanaan berdasarkan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kebutuhan perubahan, seperti penerapan Kurikulum Mandiri, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan infrastruktur teknologi. Perubahan tersebut dilakukan secara bertahap, dimulai dengan sosialisasi dan pelatihan guru, dilanjutkan dengan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran hybrid. Namun, proses perubahan menghadapi tantangan seperti penolakan guru, keterbatasan fasilitas teknologi, dan keterbatasan anggaran. Namun keberhasilan manajemen perubahan didukung oleh kepemimpinan kepala sekolah yang kuat, partisipasi aktif komite sekolah dan orang tua, serta pemantauan dan evaluasi yang dilakukan secara berkala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan strategi manajemen di SMP Negeri 39 Samarinda cukup efektif meskipun memerlukan penyesuaian dan perbaikan secara terus menerus. Sekolah diharapkan terus beradaptasi dan berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menghadapi tantangan masa depan secara optimal.

.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih jauh model pelatihan dan pendampingan yang efektif untuk meningkatkan kesiapan dan keterlibatan guru dalam penerapan perubahan strategi manajemen, misalnya dengan membandingkan metode workshop langsung, mentoring antarguru, dan pelatihan berbasis video pembelajaran untuk melihat mana yang paling meningkatkan kompetensi dan mengurangi resistensi guru. Selain itu, studi mendalam mengenai dampak peningkatan dan pemanfaatan infrastruktur teknologi, seperti jaringan internet, perangkat komputer, platform belajar daring, dan kendala anggaran sehingga dapat diidentifikasi solusi pendanaan yang tepat melalui studi perbandingan alternatif sumber dana internal dan eksternal, juga penting untuk memahami sejauh mana faktor teknis dan finansial mempengaruhi efektivitas implementasi metode pembelajaran hybrid dan berbasis proyek di SMP Negeri 39 Samarinda. Terakhir, penelitian dapat diarahkan untuk menganalisis peran serta komite sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam memastikan keberlanjutan program perubahan, misalnya melalui penelitian tentang mekanisme koordinasi, pola komunikasi, dan bentuk dukungan konkret yang dapat meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan terhadap inovasi pendidikan yang berlangsung.

  1. MANAJEMEN STRATEGI PERUBAHAN DI SMP NEGERI 39 SAMARINDA | Journal of Sustainable Transformation. manajemen... doi.org/10.59310/jst.v3i01.49MANAJEMEN STRATEGI PERUBAHAN DI SMP NEGERI 39 SAMARINDA Journal of Sustainable Transformation manajemen doi 10 59310 jst v3i01 49
  1. #strategi manajemen dakwah#strategi manajemen dakwah
  2. #strategi perubahan#strategi perubahan
Read online
File size237.62 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test