IDEBAHASAIDEBAHASA

IdeBahasaIdeBahasa

Siswa digital native lahir di era jaringan instan yang membuat segala sesuatu memiliki koneksi dengan teknologi. Hal ini memungkinkan potensi keterampilan dan pengetahuan teknologi mahasiswa untuk ditingkatkan guna tercapainya keterlibatan pembelajaran yang lebih baik di dalam kelas. Sebagai tindak lanjut dari penerbitan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 mengenai Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti, pada tahun 2017 pemerintah mulai meningkatkan secara intens budaya literasi di sekolah melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Guru perlu dapat memberikan teladan dalam menciptakan semangat budaya literasi di sekolah. Melalui peningkatan budaya membaca siswa ini juga meningkatkan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi Newsela dapat membantu guru dan siswa untuk menambah referensi guna memperkaya ilmu sebagai bekal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membedakan penggunaan Newsela sebagai media literasi untuk memperkaya kosakata siswa. Penelitian ini mencoba menjawab dua pertanyaan penelitian: (1) apakah Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca mereka? Dan (2) bagaimana dampak aplikasi Newsela terhadap pengembangan kosakata siswa? Langkah-langkah yang digunakan peneliti adalah: pertama, para peneliti membagikan kuesioner kepada mahasiswa bahasa Inggris. Kedua, para peneliti mengevaluasi tanggapan dari responden. Ketiga, para peneliti menemukan jawaban tentang dampak Newsela terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk melaksanakan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca.

Penelitian ini bertujuan menemukan bahwa Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan memperkaya kosakata melalui penggunaan Newsela.Penelitian ini menemukan bahwa membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dilakukan dengan memberikan teks yang mereka sukai, karena siswa tidak menyukai ketika dipaksa membaca materi yang bukan favoritnya.Di samping itu, untuk memperkaya kosakata siswa, membaca teks dapat membantu meningkatkan kosakata melalui dua langkah, yaitu menemukan kosakata yang belum diketahui lalu mencari arti di kamus.Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Newsela membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan memperkaya kosakata.

Penelitian lanjutan dapat dimulai dengan meneliti bagaimana Newsela dapat diintegrasikan lebih lanjut dengan materi pembelajaran bahasa Inggris lainnya, seperti keterampilan berbicara atau menulis, untuk melihat apakah peningkatan kosakata melalui aplikasi ini juga mempengaruhi kemampuan komunikasi siswa secara keseluruhan dalam konteks global yang digital. Selain itu, penelitian baru mungkin dapat mengeksplorasi dampak penggunaan Newsela pada siswa dari berbagai tingkat keparahan kendala membaca, seperti disleksia atau hambatan motivasi, untuk mengidentifikasi strategi penyesuaian yang lebih efektif agar aplikasi ini universal dan inklusif di lingkungan pendidikan Indonesia. Terakhir, studi masa depan bisa mengembangkan model pembelajaran campuran dengan menggabungkan Newsela bersama teknologi lain, seperti aplikasi bahasa mesin atau realitas virtual, guna memberikan pengalaman belajar yang lebih imersif dan mengukur secara kuantitatif peningkatan kosakata jangka panjang, sehingga hasilnya dapat mendukung kebijakan pendidikan literasi digital nasional yang lebih komprehensif dan berkelanjutan. Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, penelitian dapat mendorong inovasi pedagogi yang selaras dengan kebutuhan generasi digital saat ini.

  1. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
  2. #kosakata bahasa inggris#kosakata bahasa inggris
Read online
File size633.51 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test