INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU

Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan)Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata dan membaca anak. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen terhadap siswa kelompok B di SD Baugenvil Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata pada pembelajaran anak SDB dapat membantu perkembangan kemampuan membaca dan penguasaan kosa kata anak lebih baik daripada anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan media kartu kata lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi guru dengan siswa dalam proses perkembangan bahasa anak.

Proses pembelajaran di SD Bugenvil kelas 1 yang dilakukan melalui permainan kartu kata bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode permainan yang variatif sehingga membuat anak tertarik dan tidak merasa bosan.Pembelajaran menggunakan media kartu kata dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan bahan masukan bagi SD tempat peneliti melakukan penelitian, dalam merencanakan, melaksanakan, menempatkan dan melakukan pengawasan serta mengevaluasi konsep pembelajaran dan pengembangan kemampuan penguasaan kosa kata dan membaca anak usia dini sesuai dengan rencana dan strategi yang telah ditentukan.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas media kartu kata terhadap kemampuan membaca dan kosakata pada kelompok usia yang berbeda, misalnya pada anak-anak usia sekolah dasar kelas atas. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kartu kata yang paling efektif untuk meningkatkan pemahaman kosakata pada anak-anak dengan gaya belajar yang berbeda. Pengembangan aplikasi digital interaktif yang menggabungkan prinsip kartu kata dengan elemen gamifikasi juga dapat menjadi arah penelitian yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak dalam belajar kosakata.

  1. #gerak anak usia#gerak anak usia
  2. #bahasa anak#bahasa anak
Read online
File size267.11 KB
Pages11
DMCAReport

Related /

ads-block-test