INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU
Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan)Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata dan membaca anak. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen terhadap siswa kelompok B di SD Baugenvil Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata pada pembelajaran anak SDB dapat membantu perkembangan kemampuan membaca dan penguasaan kosa kata anak lebih baik daripada anak yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan media kartu kata lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi guru dengan siswa dalam proses perkembangan bahasa anak.
Proses pembelajaran di SD Bugenvil kelas 1 yang dilakukan melalui permainan kartu kata bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dan kemampuan membaca anak usia dini dengan metode permainan yang variatif sehingga membuat anak tertarik dan tidak merasa bosan.Pembelajaran menggunakan media kartu kata dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan bahan masukan bagi SD tempat peneliti melakukan penelitian, dalam merencanakan, melaksanakan, menempatkan dan melakukan pengawasan serta mengevaluasi konsep pembelajaran dan pengembangan kemampuan penguasaan kosa kata dan membaca anak usia dini sesuai dengan rencana dan strategi yang telah ditentukan.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas media kartu kata terhadap kemampuan membaca dan kosakata pada kelompok usia yang berbeda, misalnya pada anak-anak usia sekolah dasar kelas atas. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kartu kata yang paling efektif untuk meningkatkan pemahaman kosakata pada anak-anak dengan gaya belajar yang berbeda. Pengembangan aplikasi digital interaktif yang menggabungkan prinsip kartu kata dengan elemen gamifikasi juga dapat menjadi arah penelitian yang menarik untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak dalam belajar kosakata.
| File size | 267.11 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
UNUUNU Perubahan isi Undang-Undang yang semula pihak laki-laki 19 tahun dan perempuan 16 tahun menjadi pihak laki-laki tetap sama seperti sebelumnya, dan si perempuanPerubahan isi Undang-Undang yang semula pihak laki-laki 19 tahun dan perempuan 16 tahun menjadi pihak laki-laki tetap sama seperti sebelumnya, dan si perempuan
FTKJOURNAL UINMATARAMFTKJOURNAL UINMATARAM Makalah ini akan lebih fokus menganalisis Al-Maktabat As Syaamilah Fi Tiknulujiyya At-Talim karya Dr. Ibrahim Abdul Fattah Yunus yang membahas secara konfrehenshifMakalah ini akan lebih fokus menganalisis Al-Maktabat As Syaamilah Fi Tiknulujiyya At-Talim karya Dr. Ibrahim Abdul Fattah Yunus yang membahas secara konfrehenshif
INSANPRIMAMUINSANPRIMAMU Karena praktik pendidikan Islam belum dijiwai oleh nilai-nilai ajaran Islam. Banyak lembaga pendidikan Islam yang justru berlomba-lomba mengadopsi sistemKarena praktik pendidikan Islam belum dijiwai oleh nilai-nilai ajaran Islam. Banyak lembaga pendidikan Islam yang justru berlomba-lomba mengadopsi sistem
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan Independent sample t-test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, yangData yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan Independent sample t-test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, yang
STAISKUTIMSTAISKUTIM Evaluasi diri sekolah adalah sebuah proses pelaksaanaan penilaian diri lembaga pendidikan guna melihat kelebihan dan kelemahan lembaga sehingga dapat melakukanEvaluasi diri sekolah adalah sebuah proses pelaksaanaan penilaian diri lembaga pendidikan guna melihat kelebihan dan kelemahan lembaga sehingga dapat melakukan
STAISKUTIMSTAISKUTIM Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana relevansi prophetic intelligence dengan pendidikan Islam saat ini.Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana relevansi prophetic intelligence dengan pendidikan Islam saat ini.
IAIN KENDARIIAIN KENDARI Karakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Awaliyah secara umum belum sepenuhnya baik karena terdapat beberapa anak dengan perilaku yangKarakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Awaliyah secara umum belum sepenuhnya baik karena terdapat beberapa anak dengan perilaku yang
UISUUISU Selama beberapa dekade, para peneliti di Kurdistan Irak lebih banyak memfokuskan kajian pada mahasiswa, sementara penelitian mengenai gangguan bahasa padaSelama beberapa dekade, para peneliti di Kurdistan Irak lebih banyak memfokuskan kajian pada mahasiswa, sementara penelitian mengenai gangguan bahasa pada
Useful /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Beberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicaraBeberapa anak mengalami kesulitan berbicara karena pengucapan huruf dan kata tidak jelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Dengan keberadaan gadget seluruhnya senantiasa sangat cepat mengambil informasi, namun banyak sekali yang dapat mempengaruhi seluruh anak. Langkah sekaliDengan keberadaan gadget seluruhnya senantiasa sangat cepat mengambil informasi, namun banyak sekali yang dapat mempengaruhi seluruh anak. Langkah sekali
IAIN SUIAIN SU Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 93/PUU-X/2012 mengukuhkan kewenangan absolut Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa perbankan syariah, memperkuatPutusan Mahkamah Konstitusi Nomor 93/PUU-X/2012 mengukuhkan kewenangan absolut Peradilan Agama dalam menyelesaikan sengketa perbankan syariah, memperkuat
IAIN SUIAIN SU Imam al‑Nawawî menekankan bahwa seorang pendidik harus memperhatikan etika personal, etika akademik dalam kegiatan ilmiah, dan etika dalam mengajar.Imam al‑Nawawî menekankan bahwa seorang pendidik harus memperhatikan etika personal, etika akademik dalam kegiatan ilmiah, dan etika dalam mengajar.