ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan yaitu test, merupakan sederetan pertanyaan dalam bentuk soal yang dapat digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Test yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tes di bidang studi fisika. Test yang diberikan berbentuk test objektif, yaitu soal-soal dalam bentuk multiple choice dan essay yang sesuai dengan kurikulum bidang studi fisika tingkat Madrasah Aliyah kelas XII. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dengan taraf signifikan 𝛼 = 0,05, maka dari tabel chi-kuadrat diperoleh 𝑋(0,95)(4)Β² = 9,49, karena π‘‹β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”Β² < π‘‹π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β² yaitu 6,765 < 9,49. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai prestasi belajar fisika yang berasal dari SMP berdistribusi normal. Dan untuk MTs dengan taraf signifikan 𝛼 = 0,05, maka dari tabel chi-kuadrat diperoleh 𝑋(0,95)(4)Β² = 9,49, karena π‘‹β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”Β² < π‘‹π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™Β² yaitu 5,358 < 9,49. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai prestasi belajar fisika yang berasal dari MTs berdistribusi normal. Dari daftar distribusi t dengan peluang 0,95 dan dk = 24, didapat 𝑑0,95 = 1,71, maka perhitungan diperoleh t = 3,20. Karena π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 3,20 > 1,71, sehingga jelas harga t berada pada daerah penerimaan π»π‘Ž. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 0,05, sehingga ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs dapat diterima.

Ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar fisika antara siswa yang berasal dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah Darussyariah Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.Siswa yang berasal dari SMP menunjukkan prestasi belajar fisika yang lebih baik dibandingkan siswa yang berasal dari MTs.Perbedaan ini didukung oleh hasil uji statistik t yang menunjukkan nilai hitung melebihi nilai tabel pada taraf signifikan 0,05.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana peran strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan siswaβ€”SMP atau MTsβ€”dapat mempengaruhi hasil belajar fisika, apakah pendekatan berbasis konteks agama lebih efektif bagi siswa MTs dibandingkan pendekatan umum yang digunakan di SMP, dan bagaimana pengaruh ketersediaan sumber belajar fisika yang relevan dengan kebutuhan siswa dari kedua latar belakang tersebut terhadap peningkatan prestasi belajar. Selain itu, studi lebih dalam bisa dilakukan untuk memahami apakah perbedaan prestasi ini disebabkan oleh perbedaan durasi atau intensitas pembelajaran IPA di tingkat SMP dan MTs, atau oleh faktor sikap dan motivasi siswa yang terbentuk sejak awal pendidikan mereka, serta bagaimana pelatihan guru fisika dalam memahami perbedaan latar belakang siswa dapat menjadi solusi untuk menutup kesenjangan prestasi belajar antara kedua kelompok ini.

  1. #guru motivasi siswa#guru motivasi siswa
  2. #sikap motivasi siswa#sikap motivasi siswa
Read online
File size1004.73 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test