UNIVERSITASPUTRABANGSAUNIVERSITASPUTRABANGSA

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan KeuanganJurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan

Covid-19 telah memunculkan pilihan pembelajaran dengan konsep pendidikan jarak jauh melalui aplikasi pembelajaran online seperti Zoom, Google Meet, MS Teams, dan bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan WHO. Meskipun ini merupakan dorongan positif bagi dunia pendidikan Indonesia, ia juga menimbulkan masalah serius yaitu kecurangan dalam pembelajaran online. Masalah ini sangat penting dalam konteks pendidikan tinggi, karena mahasiswa telah menjadi pembelajar dewasa yang bebas dari pengawasan orang tua, berbeda dengan siswa sekolah dasar, menengah, dan atas. Untuk memahami secara komprehensif bagaimana dan mengapa kecurangan dilakukan dalam perkuliahan daring, penelitian ini menggunakan variabel-variabel psikologis yang terkait dengan Dark Triads (psikopati, narsisisme, dan Machiavellianisme) terhadap sikap mahasiswa.

Covid-19 telah memunculkan pilihan pembelajaran dengan konsep pendidikan jarak jauh melalui aplikasi pembelajaran online seperti Zoom, Google Meet, MS Teams, dan bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan WHO.Meskipun ini merupakan dorongan positif bagi dunia pendidikan Indonesia, ia juga menimbulkan masalah serius yaitu kecurangan dalam pembelajaran online.Masalah ini sangat penting dalam konteks pendidikan tinggi, karena mahasiswa telah menjadi pembelajar dewasa yang bebas dari pengawasan orang tua, berbeda dengan siswa sekolah dasar, menengah, dan atas.Untuk memahami secara komprehensif bagaimana dan mengapa kecurangan dilakukan dalam perkuliahan daring, penelitian ini menggunakan variabel-variabel psikologis yang terkait dengan Dark Triads (psikopati, narsisisme, dan Machiavellianisme) terhadap sikap mahasiswa.Narsisisme memiliki pengaruh signifikan langsung maupun tidak langsung melalui niat terhadap tindakan pelanggaran akademik, mendukung hipotesis pertama.Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana peran faktor lingkungan seperti kebijakan pengawasan daring oleh dosen atau desain ujian online memodifikasi hubungan antara Dark Triads dan kecurangan akademik, karena saat ini hanya fokus pada sifat pribadi mahasiswa.Selain itu, perlu diteliti apakah pelatihan etika akademik yang terintegrasi dalam kurikulum dapat mengurangi dampak negatif dari ketiga sifat Dark Triads ini, khususnya pada mahasiswa jurusan ekonomi dan akuntansi yang cenderung memiliki skor lebih tinggi.Terakhir, studi longitudinal sebaiknya dilakukan untuk melihat apakah pola kecurangan yang dipicu oleh Dark Triads di masa kuliah berlanjut menjadi perilaku tidak etis di dunia kerja setelah lulus, sehingga bisa membangun hubungan sebab-akibat jangka panjang antara kepribadian, kecurangan akademik, dan perilaku profesional.Psikopati menunjukkan hubungan positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap niat untuk melakukan pelanggaran akademik, yang mengkonfirmasi hipotesis ketiga.Covid-19 telah memunculkan pilihan pembelajaran dengan konsep pendidikan jarak jauh melalui aplikasi pembelajaran online seperti Zoom, Google Meet, MS Teams, dan bahkan aplikasi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan WHO.Meskipun ini merupakan dorongan positif bagi dunia pendidikan Indonesia, ia juga menimbulkan masalah serius yaitu kecurangan dalam pembelajaran online.Masalah ini sangat penting dalam konteks pendidikan tinggi, karena mahasiswa telah menjadi pembelajar dewasa yang bebas dari pengawasan orang tua, berbeda dengan siswa sekolah dasar, menengah, dan atas.Untuk memahami secara komprehensif bagaimana dan mengapa kecurangan dilakukan dalam perkuliahan daring, penelitian ini menggunakan variabel-variabel psikologis yang terkait dengan Dark Triads (psikopati, narsisisme, dan Machiavellianisme) terhadap sikap mahasiswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana peran faktor lingkungan seperti kebijakan pengawasan daring oleh dosen atau desain ujian online memodifikasi hubungan antara Dark Triads dan kecurangan akademik, karena saat ini hanya fokus pada sifat pribadi mahasiswa. Selain itu, perlu diteliti apakah pelatihan etika akademik yang terintegrasi dalam kurikulum dapat mengurangi dampak negatif dari ketiga sifat Dark Triads ini, khususnya pada mahasiswa jurusan ekonomi dan akuntansi yang cenderung memiliki skor lebih tinggi. Terakhir, studi longitudinal sebaiknya dilakukan untuk melihat apakah pola kecurangan yang dipicu oleh Dark Triads di masa kuliah berlanjut menjadi perilaku tidak etis di dunia kerja setelah lulus, sehingga bisa membangun hubungan sebab-akibat jangka panjang antara kepribadian, kecurangan akademik, dan perilaku profesional.

  1. Student use of homework assistance websites: Accounting Education: Vol 31, No 3. student homework assistance... tandfonline.com/doi/full/10.1080/09639284.2021.1971095Student use of homework assistance websites Accounting Education Vol 31 No 3 student homework assistance tandfonline doi full 10 1080 09639284 2021 1971095
  2. APA PsycNet. psycnet loading doi.org/10.1037/a0025679APA PsycNet psycnet loading doi 10 1037 a0025679
  1. #dark triads#dark triads
  2. #sifat dark#sifat dark
Read online
File size1019.9 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test