45MATARAM45MATARAM

JURNAL ECONOMINAJURNAL ECONOMINA

Penelitian penelitian eksplanatori. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan jasa pelayanan klinik kecantikan Larissa Asthetic Center Kota Malang. Objek penelitian ini adalah fasilitas, kualitas pelanggan. Teknik penarikan sampel menggunakan judgement sampling. Sampel yang didapatkan sebesar 84 responden. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif, analisis partial least square, pengujian mediasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, secara signifikan fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan fasilitas dengan dimediasi kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Fasilitas yang baik dan memadai terbukti mampu meningkatkan kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Kota Malang.Selain itu, fasilitas yang baik juga secara signifikan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh klinik tersebut.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, baik secara langsung maupun sebagai mediasi dari pengaruh fasilitas.

Untuk penelitian selanjutnya, sangat menarik untuk mengkaji lebih dalam faktor-faktor pemicu loyalitas pelanggan di industri kecantikan yang kompetitif. Sebuah studi kualitatif dapat meneliti bagaimana kepuasan pelanggan, yang dipengaruhi oleh persepsi harga dan kualitas produk, secara spesifik membentuk niat mereka untuk kembali dan merekomendasikan klinik kepada orang lain. Selain itu, penelitian kuantitatif ini menemukan bahwa aspek daya tanggap atau responsivitas pelayanan masih menjadi indikator dengan nilai terendah. Oleh karena itu, penelitian lanjutan bisa fokus mengidentifikasi hambatan-hambatan operasional utama yang dihadapi staf di garis depan dalam memberikan layanan yang cepat dan responsif, serta dampak langsungnya terhadap kepuasan pelanggan di saat-saat kritis. Penelitian berikutnya juga dapat memperluas cakupan dengan melakukan perbandingan antara beberapa jenis klinik kecantikan di Kota Malang. Sebagai contoh, bagaimana peran relatif fasilitas dan kualitas pelayanan dalam membentuk kepuasan pelanggan pada klinik dengan konsep bahan alami dibandingkan dengan klinik yang lebih menonjolkan teknologi medis tinggi. Pendekatan komparatif ini akan memberikan pemahaman yang lebih kaya dan dapat digeneralisasi mengenai preferensi pelanggan.

Read online
File size247.58 KB
Pages11
DMCAReport

Related /

ads-block-test