45MATARAM45MATARAM
JURNAL ECONOMINAJURNAL ECONOMINAPenelitian penelitian eksplanatori. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan jasa pelayanan klinik kecantikan Larissa Asthetic Center Kota Malang. Objek penelitian ini adalah fasilitas, kualitas pelanggan. Teknik penarikan sampel menggunakan judgement sampling. Sampel yang didapatkan sebesar 84 responden. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif, analisis partial least square, pengujian mediasi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, secara signifikan fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan fasilitas dengan dimediasi kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Fasilitas yang baik dan memadai terbukti mampu meningkatkan kepuasan pelanggan di Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Kota Malang.Selain itu, fasilitas yang baik juga secara signifikan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh klinik tersebut.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, baik secara langsung maupun sebagai mediasi dari pengaruh fasilitas.
Untuk penelitian selanjutnya, sangat menarik untuk mengkaji lebih dalam faktor-faktor pemicu loyalitas pelanggan di industri kecantikan yang kompetitif. Sebuah studi kualitatif dapat meneliti bagaimana kepuasan pelanggan, yang dipengaruhi oleh persepsi harga dan kualitas produk, secara spesifik membentuk niat mereka untuk kembali dan merekomendasikan klinik kepada orang lain. Selain itu, penelitian kuantitatif ini menemukan bahwa aspek daya tanggap atau responsivitas pelayanan masih menjadi indikator dengan nilai terendah. Oleh karena itu, penelitian lanjutan bisa fokus mengidentifikasi hambatan-hambatan operasional utama yang dihadapi staf di garis depan dalam memberikan layanan yang cepat dan responsif, serta dampak langsungnya terhadap kepuasan pelanggan di saat-saat kritis. Penelitian berikutnya juga dapat memperluas cakupan dengan melakukan perbandingan antara beberapa jenis klinik kecantikan di Kota Malang. Sebagai contoh, bagaimana peran relatif fasilitas dan kualitas pelayanan dalam membentuk kepuasan pelanggan pada klinik dengan konsep bahan alami dibandingkan dengan klinik yang lebih menonjolkan teknologi medis tinggi. Pendekatan komparatif ini akan memberikan pemahaman yang lebih kaya dan dapat digeneralisasi mengenai preferensi pelanggan.
| File size | 247.58 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
FKIP UWGMFKIP UWGM Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan kurikulum PAUD yang responsif budaya, mengintegrasikanPenelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan kurikulum PAUD yang responsif budaya, mengintegrasikan
45MATARAM45MATARAM Pemanfaatan dana pajak telah memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas layanan, dan akses kesehatan masyarakat.Pemanfaatan dana pajak telah memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas layanan, dan akses kesehatan masyarakat.
45MATARAM45MATARAM Hipotesis ini dapat menjadi landasan bagi riset lanjutan untuk memperdalam pemahaman tentang upaya pencegahan kecurangan. Kajian lebih lanjut sangat diperlukanHipotesis ini dapat menjadi landasan bagi riset lanjutan untuk memperdalam pemahaman tentang upaya pencegahan kecurangan. Kajian lebih lanjut sangat diperlukan
45MATARAM45MATARAM Selanjutnya, konten visual yang menarik menjadi elemen penting dalam strategi digital marketing percetakan. Terakhir, penting untuk melakukan analisisSelanjutnya, konten visual yang menarik menjadi elemen penting dalam strategi digital marketing percetakan. Terakhir, penting untuk melakukan analisis
45MATARAM45MATARAM Hasil dari tinjauan pustaka menunjukkan bahwa: (1) Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba; (2) Leverage berpengaruh terhadap Manajemen Laba;Hasil dari tinjauan pustaka menunjukkan bahwa: (1) Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba; (2) Leverage berpengaruh terhadap Manajemen Laba;
STIE DEWANTARASTIE DEWANTARA Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Sengon menumbuhkan komunitas peduli sampah bernama KopeSamberlijo yang mendorong ekonomi umat tanpaKegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Sengon menumbuhkan komunitas peduli sampah bernama KopeSamberlijo yang mendorong ekonomi umat tanpa
STIE DEWANTARASTIE DEWANTARA Mayoritas masyarakat di wilayah mitra binaan bermata pencaharian sebagai pengrajin bambu dengan masalah utamanya kesulitan permodalan yang terjadi di KomunitasMayoritas masyarakat di wilayah mitra binaan bermata pencaharian sebagai pengrajin bambu dengan masalah utamanya kesulitan permodalan yang terjadi di Komunitas
STIE DEWANTARASTIE DEWANTARA Setelah pelatihan dan pendampingan, data administrasi desa menjadi lebih tertib dan tercatat rapi. Kemampuan menggunakan Microsoft Office serta pemahamanSetelah pelatihan dan pendampingan, data administrasi desa menjadi lebih tertib dan tercatat rapi. Kemampuan menggunakan Microsoft Office serta pemahaman
Useful /
LAPANLAPAN Setiap artikel menyoroti metodologi eksperimental maupun komputasional yang digunakan untuk mengatasi tantangan teknis di industri dirgantara. KombinasiSetiap artikel menyoroti metodologi eksperimental maupun komputasional yang digunakan untuk mengatasi tantangan teknis di industri dirgantara. Kombinasi
STIE DEWANTARASTIE DEWANTARA Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Cilinaya, Kota MataramKegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Cilinaya, Kota Mataram
STIE DEWANTARASTIE DEWANTARA Hasil dari kegiatan ini sangat memuaskan karena warga binaan mampu membuat media budidaya tanaman secara hidroponik dengan baik dan layak untuk dipasarkan.Hasil dari kegiatan ini sangat memuaskan karena warga binaan mampu membuat media budidaya tanaman secara hidroponik dengan baik dan layak untuk dipasarkan.
LAPANLAPAN Kecepatan pemrosesan dapat dipercepat hingga 21,25 kali dengan membatasi database sinyal sinus hanya pada 8 frekuensi DTMF utama dengan toleransi ±5 Hz,Kecepatan pemrosesan dapat dipercepat hingga 21,25 kali dengan membatasi database sinyal sinus hanya pada 8 frekuensi DTMF utama dengan toleransi ±5 Hz,