STAINUSANTARASTAINUSANTARA
Jurnal Ikhtibar NusantaraJurnal Ikhtibar NusantaraPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode studi literatur. Fokus utama penelitian ini adalah mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar dan arah ideal pengembangan kurikulum PAI dengan mengkaji sumber-sumber tertulis, seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI secara ideal mengintegrasikan nilai-nilai Islam, filosofi pendidikan nasional, psikologi perkembangan siswa, tuntutan sosial, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan yang digunakan bersifat holistik, mengakomodasi pendekatan akademis, rekonstruksi sosial, dan humanistik, sehingga kurikulum PAI tidak hanya bersifat normatif-teologis, tetapi juga kontekstual dan transformasional.
Pengembangan kurikulum adalah aktivitas untuk menghasilkan kurikulum baru melalui langkah-langkah evaluasi yang berkelanjutan, yang melibatkan perubahan mendasar dari satu kurikulum ke kurikulum lain dalam jangka panjang.Arah pengembangan kurikulum PAI ditujukan untuk mempertahankan kemurnian iman, memperkuat ketaatan siswa, serta mendorong sikap kritis, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan modern.Pendidik memainkan peran strategis, baik sebagai pelaksana mikro dalam pendekatan sentralisasi maupun sebagai perancang dan pemikir strategis dalam pendekatan desentralisasi, dengan tanggung jawab luas dalam menyusun kurikulum yang kontekstual dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana integrasi pendekatan humanistik dan sosial rekonstruksi dalam kurikulum PAI dapat diukur dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa di berbagai jenis sekolah, baik negeri maupun swasta. Selain itu, perlu dikaji sejauh mana peran guru sebagai perancang kurikulum dalam pendekatan desentralisasi benar-benar terwujud dalam praktik sehari-hari, terutama di daerah dengan keterbatasan sumber daya, dengan membandingkan implementasi antara sekolah perkotaan dan pedesaan. Terakhir, penelitian ini juga dapat melanjutkan pemahaman tentang bagaimana kemajuan teknologi, seperti penggunaan AI atau platform digital, dapat dimanfaatkan untuk memperkaya materi PAI secara kontekstual tanpa mengorbankan nilai-nilai religius, dengan memetakan kebutuhan siswa generasi Z terhadap pembelajaran agama yang relevan dan menarik.
| File size | 236.96 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Test yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tes di bidang studi fisika. Test yang diberikan berbentuk test objektif, yaitu soal-soal dalam bentuk multipleTest yang dimaksud dalam penelitian ini adalah tes di bidang studi fisika. Test yang diberikan berbentuk test objektif, yaitu soal-soal dalam bentuk multiple
ABULYATAMAABULYATAMA Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 74,28 dengan kualifikasi baik. Terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas X-3 SMAPada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 74,28 dengan kualifikasi baik. Terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas X-3 SMA
ABULYATAMAABULYATAMA Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran perbaikan (remedial teaching) dalam mencapai ketuntasan belajarTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran perbaikan (remedial teaching) dalam mencapai ketuntasan belajar
ABULYATAMAABULYATAMA Pendekatan naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan alat pengumpul data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitianPendekatan naturalistik kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan alat pengumpul data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian
ABULYATAMAABULYATAMA Aktivitas guru yang paling menonjol selama pembelajaran adalah melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengomunikasikan hasil penelitian (14,6%), sedangkanAktivitas guru yang paling menonjol selama pembelajaran adalah melaksanakan penyelidikan sederhana dan mengomunikasikan hasil penelitian (14,6%), sedangkan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Prosedur penelitian melibatkan empat langkah: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan model induktif. HasilProsedur penelitian melibatkan empat langkah: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan model induktif. Hasil
IFRELIFREL These three models provide a systematic approach to the educational innovation process, from design and implementation to diffusion and routinization withinThese three models provide a systematic approach to the educational innovation process, from design and implementation to diffusion and routinization within
STAISKUTIMSTAISKUTIM Hasil penelitian terlihat bahwa: (1) Pendekatan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis multikultural yang digunakan di sekolah dasar swasta SangattaHasil penelitian terlihat bahwa: (1) Pendekatan kurikulum pendidikan agama Islam berbasis multikultural yang digunakan di sekolah dasar swasta Sangatta
Useful /
STISIPOLRAJAHAJISTISIPOLRAJAHAJI PKL adalah pedagang yang kebanyakan berjualan dengan memanfaatkan area pinggir jalan raya. Dengan jumlah pedagang di Taman Batu 10 sebanyak 30 orang yangPKL adalah pedagang yang kebanyakan berjualan dengan memanfaatkan area pinggir jalan raya. Dengan jumlah pedagang di Taman Batu 10 sebanyak 30 orang yang
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Strategi pembelajaran berbasis visual harus dioptimalkan, tetapi metode adaptif diperlukan bagi siswa dengan gaya belajar berbeda. Implementasi programStrategi pembelajaran berbasis visual harus dioptimalkan, tetapi metode adaptif diperlukan bagi siswa dengan gaya belajar berbeda. Implementasi program
STTAASTTAA Penulis menekankan pentingnya disiplin, pengetahuan diri bagi pembina, serta metode mengajar yang kreatif melalui kelompok kecil, konseling, dan kegiatanPenulis menekankan pentingnya disiplin, pengetahuan diri bagi pembina, serta metode mengajar yang kreatif melalui kelompok kecil, konseling, dan kegiatan
STTAASTTAA Penulis mengamati bahwa meskipun Kekristenan berkembang pesat secara kuantitas di Indonesia, teologi Injili cenderung mengulang-ulang model Barat tanpaPenulis mengamati bahwa meskipun Kekristenan berkembang pesat secara kuantitas di Indonesia, teologi Injili cenderung mengulang-ulang model Barat tanpa