STAINUSANTARASTAINUSANTARA

Jurnal Ikhtibar NusantaraJurnal Ikhtibar Nusantara

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode studi literatur. Fokus utama penelitian ini adalah mengeksplorasi prinsip-prinsip dasar dan arah ideal pengembangan kurikulum PAI dengan mengkaji sumber-sumber tertulis, seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAI secara ideal mengintegrasikan nilai-nilai Islam, filosofi pendidikan nasional, psikologi perkembangan siswa, tuntutan sosial, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan yang digunakan bersifat holistik, mengakomodasi pendekatan akademis, rekonstruksi sosial, dan humanistik, sehingga kurikulum PAI tidak hanya bersifat normatif-teologis, tetapi juga kontekstual dan transformasional.

Pengembangan kurikulum adalah aktivitas untuk menghasilkan kurikulum baru melalui langkah-langkah evaluasi yang berkelanjutan, yang melibatkan perubahan mendasar dari satu kurikulum ke kurikulum lain dalam jangka panjang.Arah pengembangan kurikulum PAI ditujukan untuk mempertahankan kemurnian iman, memperkuat ketaatan siswa, serta mendorong sikap kritis, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan modern.Pendidik memainkan peran strategis, baik sebagai pelaksana mikro dalam pendekatan sentralisasi maupun sebagai perancang dan pemikir strategis dalam pendekatan desentralisasi, dengan tanggung jawab luas dalam menyusun kurikulum yang kontekstual dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana integrasi pendekatan humanistik dan sosial rekonstruksi dalam kurikulum PAI dapat diukur dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa di berbagai jenis sekolah, baik negeri maupun swasta. Selain itu, perlu dikaji sejauh mana peran guru sebagai perancang kurikulum dalam pendekatan desentralisasi benar-benar terwujud dalam praktik sehari-hari, terutama di daerah dengan keterbatasan sumber daya, dengan membandingkan implementasi antara sekolah perkotaan dan pedesaan. Terakhir, penelitian ini juga dapat melanjutkan pemahaman tentang bagaimana kemajuan teknologi, seperti penggunaan AI atau platform digital, dapat dimanfaatkan untuk memperkaya materi PAI secara kontekstual tanpa mengorbankan nilai-nilai religius, dengan memetakan kebutuhan siswa generasi Z terhadap pembelajaran agama yang relevan dan menarik.

  1. #kurikulum pai#kurikulum pai
Read online
File size236.96 KB
Pages14
DMCAReport

Related /

ads-block-test