ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan Program Intertainer Perpustakaan di MTsN 1 Bener Meriah, yang menerapkan konsep STEAM Center berbasis desain grafis. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi proses perencanaan pra-tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang membentuk setiap siklus pengembangan program. Partisipan dalam penelitian ini meliputi guru dan siswa MTsN 1 Bener Meriah yang dipilih secara purposif berdasarkan keterlibatan aktif mereka dalam kegiatan STEAM Center. Tahap perencanaan program dimulai dengan identifikasi kondisi awal lingkungan perpustakaan dan kebutuhan pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berfungsi sebagai kerangka strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era Society 5.0 melalui integrasi desain grafis dalam paradigma STEAM. Pendekatan ini tidak hanya mendorong kreativitas dan inovasi peserta didik, tetapi juga menyesuaikan praktik pembelajaran dengan kompetensi abad ke-21. Temuan penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana inisiatif STEAM berbasis perpustakaan dapat mendorong pembelajaran yang interaktif, berbasis teknologi, dan berorientasi desain dalam konteks pendidikan menengah.

Studi ini menyimpulkan bahwa Program Intertainer Perpustakaan di MTsN 1 Bener Meriah, yang dikonseptualisasikan melalui model STEAM Center berbasis desain grafis, secara efektif mengubah perpustakaan sekolah menjadi lingkungan pembelajaran interdisipliner yang dinamis.Perencanaan terstruktur program ini—yang mencakup analisis situasional, desain partisipatif, dan evaluasi reflektif—menunjukkan bahwa mengintegrasikan seni dan teknologi dalam pendidikan sains dapat secara signifikan meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital siswa.Temuan ini menegaskan bahwa perpustakaan tidak lagi menjadi ruang pasif untuk pengambilan informasi, tetapi dapat berkembang menjadi ekosistem inovasi yang memelihara kompetensi abad ke-21 yang selaras dengan visi Society 5.

Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan model implementasi STEAM yang lebih terstruktur dan terukur di lingkungan perpustakaan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti ketersediaan sumber daya, pelatihan guru, dan integrasi kurikulum yang berkelanjutan. Penting untuk mengkaji bagaimana desain ruang perpustakaan dapat dioptimalkan untuk mendukung kegiatan STEAM, termasuk penyediaan ruang kerja kolaboratif, akses ke teknologi digital, dan koleksi materi yang relevan. Selain itu, studi lanjutan bisa mengeksplorasi efektivitas program STEAM berbasis perpustakaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di berbagai mata pelajaran, serta dampaknya terhadap minat dan motivasi mereka dalam mengejar karir di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika; dengan demikian akan muncul proposisi nilai dari pengembangan STEAM di lingkungan sekolah, khususnya pada tingkat menengah seperti MTsN.

  1. STEAM and Environment on students’ creative-thinking skills: A meta-analysis study - IOPscience.... doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012101STEAM and Environment on studentsyAAAo creative thinking skills A meta analysis study IOPscience doi 10 1088 1742 6596 1796 1 012101
  2. Society 5.0: A Japanese Concept for a Superintelligent Society. society japanese concept next article... mdpi.com/2071-1050/13/12/6567Society 5 0 A Japanese Concept for a Superintelligent Society society japanese concept next article mdpi 2071 1050 13 12 6567
  3. Society 5.0: For Human Security and Well-Being | IEEE Journals & Magazine | IEEE Xplore. society... doi.org/10.1109/MC.2018.3011041Society 5 0 For Human Security and Well Being IEEE Journals Magazine IEEE Xplore society doi 10 1109 MC 2018 3011041
  4. Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling, American Journal of Theoretical and Applied... doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling American Journal of Theoretical and Applied doi 10 11648 j ajtas 20160501 11
  5. Triangulation 2.0* - Norman K. Denzin, 2012. norman denzin skip main content intended healthcare journal... journals.sagepub.com/doi/10.1177/1558689812437186Triangulation 2 0 Norman K Denzin 2012 norman denzin skip main content intended healthcare journal journals sagepub doi 10 1177 1558689812437186
  1. #desain grafis#desain grafis
File size287.18 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test