NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan Yogyakarta dan bagaimana kontribusi kepala sekolah dalam menangani permasalahan tersebut guna mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan sebagai berikut: (1) kurangnya pendidikan karakter (2) kurangnya fasilitas pendukung untuk proses pembelajaran.

Problematika pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan meliputi kurangnya pendidikan karakter dan fasilitas pendukung pembelajaran.Kepala sekolah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meminimalkan masalah tersebut.Sekolah menerapkan GSM dan memanfaatkan teknologi agar siswa tetap aktif dan berkarakter.

Bagaimana jika penelitian selanjutnya mengeksplorasi pengembangan model pendidikan karakter berbasis teknologi digital untuk anak SD Islam yang dapat dipantau orangtua secara real-time? Selanjutnya, bisa dikaji pula bagaimana kolaborasi sekolah-minim-fasilitas dengan universitas dan komunitas lokal dapat dijadikan model replicable untuk mendongkrak ekstrakurikuler non-akademik? Terakhir, apakah efek jangka panjang dari program GSM terhadap pembentukan jiwa entrepreneur anak usia dasar dapat diukur dengan desain longitudinal 5-10 tahun agar kebijakan pendidikan nasional dapat diperbarui?.

File size118.78 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test