NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah peserta dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPA semester genap 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (kemampuan penalaran matematis) dan nontes (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baik.

Kemampuan penalaran matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan tingkat ketercapaian 79,05.Beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika adalah kesalahan memahami maksud soal, kesalahan menggunakan rumus, kesalahan dalam melakukan operasi hitung, ketidakpahaman konsep, dan kesulitan menuliskan alasan dalam bentuk tertulis berdasarkan indikator penalaran matematika siswa dalam pembelajaran berbasis masalah (PBM).

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis masalah dapat lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Selain itu, bagaimana pengaruh kolaborasi antara siswa dalam kelompok kecil terhadap pemecahan masalah dalam matematika juga dapat menjadi fokus studi yang menarik. Penelitian dapat dilakukan dengan variabel lingkup yang lebih luas, termasuk antara berbagai jenis madrasah atau institusi pendidikan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran berbasis masalah di berbagai lingkungan.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size113.21 KB
Pages4
DMCAReportReport

ads-block-test