NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL
Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global EducationTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah peserta dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPA semester genap 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (kemampuan penalaran matematis) dan nontes (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa MA dalam pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baik.
Kemampuan penalaran matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah termasuk kategori baik dengan tingkat ketercapaian 79,05.Beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematika adalah kesalahan memahami maksud soal, kesalahan menggunakan rumus, kesalahan dalam melakukan operasi hitung, ketidakpahaman konsep, dan kesulitan menuliskan alasan dalam bentuk tertulis berdasarkan indikator penalaran matematika siswa dalam pembelajaran berbasis masalah (PBM).
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran berbasis masalah dapat lebih meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Selain itu, bagaimana pengaruh kolaborasi antara siswa dalam kelompok kecil terhadap pemecahan masalah dalam matematika juga dapat menjadi fokus studi yang menarik. Penelitian dapat dilakukan dengan variabel lingkup yang lebih luas, termasuk antara berbagai jenis madrasah atau institusi pendidikan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran berbasis masalah di berbagai lingkungan.
| File size | 113.21 KB |
| Pages | 4 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkanHasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Peningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajarPeningkatan keterampilan proses sains ini secara positif memengaruhi keterampilan kognitif siswa, yang berujung pada pemahaman konsep dan hasil belajar
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Kelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabelKelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabel
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Subyek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tesSubyek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitasPenelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model TPS dalam pembelajaran Matematika (2) mengetahui aktivitas
IBNTEGALIBNTEGAL Kesesuaian antara temuan ilmiah modern dan penjelasan dalam al-Quran memperkuat keyakinan akan kebenaran Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia. DenganKesesuaian antara temuan ilmiah modern dan penjelasan dalam al-Quran memperkuat keyakinan akan kebenaran Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia. Dengan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema fluida dinamis merupakan modul pembelajaranPengembangan modul pembelajaran fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema fluida dinamis merupakan modul pembelajaran
IJAINIJAIN As a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-MeansAs a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-Means