NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL
Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global EducationPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MA Sabilurrasyad NW Barabali pada tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain posttest‑only control group, melibatkan 37 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen (IPA) dan kelas kontrol (IPS) secara random. Instrumen berupa tes essay sebanyak 8 soal menunjukkan rata‑rata nilai post‑test kelas eksperimen 74,2 dibanding kontrol 66,17; analisis t‑test menghasilkan t‑hitung 3,418 lebih besar dari t‑tabel 1,690 pada taraf signifikansi 5%, menandakan adanya pengaruh signifikan penerapan GI dengan Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MA Sabilurrasyad NW Barabali tahun 2018/2019.Kelas eksperimen memperoleh rata‑rata nilai akhir 74,2, lebih tinggi dibanding kelas kontrol 66,17, dan uji‑t menunjukkan t‑hitung 3,418 > t‑tabel 1,690 (p < 0.Model pembelajaran ini juga meningkatkan aktivitas belajar mengajar serta kemampuan siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan secara kritis.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengaruh penerapan Group Investigation dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran lain, seperti matematika atau bahasa, serta pada jenjang kelas yang lebih tinggi untuk menguji generalisasi temuan. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang meneliti dampak jangka panjang penerapan model tersebut terhadap retensi kemampuan problem solving siswa selama beberapa semester atau tahun pelajaran. Selanjutnya, perbandingan antara Group Investigation‑Lesson Study dengan pendekatan kolaboratif lain, misalnya Project Based Learning atau Cooperative Learning, dapat memberikan insight tentang efektivitas relatif masing‑masing metode dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.
| File size | 120.14 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkanHasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiriPembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbukti dapat melatih sikap ilmiah siswa, meningkatkan keaktifan, dan mendorong penemuan konsep secara mandiri
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dan model pengembangan modul yang digunakan adalah modelJenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dan model pengembangan modul yang digunakan adalah model
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Perkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuanPerkembangan tempat wisata di kawasan Lombok Tengah harus diiringi peningkatan sumber daya manusia, khususnya di bidang bahasa Inggris, karena kemajuan
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tesSubyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes
IBNTEGALIBNTEGAL Kesesuaian ilmu pengetahuan dan al-Quran terhadap fenomena alam yang dibuktikan secara logis menjadikan umat manusia di dunia merasa terpana. Manusia banyakKesesuaian ilmu pengetahuan dan al-Quran terhadap fenomena alam yang dibuktikan secara logis menjadikan umat manusia di dunia merasa terpana. Manusia banyak
IJAINIJAIN As a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-MeansAs a result, K-Means algorithm has the highest accuracy for both data models. The experiment on simulated data and real dataset showed that the K-Means
IJAINIJAIN Algoritma transformasi numerik dapat dikembangkan sebagai bagian dari perangkat lunak pengendali. Penggunaan algoritma yang diusulkan merupakan salah satuAlgoritma transformasi numerik dapat dikembangkan sebagai bagian dari perangkat lunak pengendali. Penggunaan algoritma yang diusulkan merupakan salah satu