NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Pengaruh Model Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Mengenal Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V MI NW Peseng Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan Model PBI dalam pembelajaran IPS (2) mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan Model Pengenalan Berbasis Masalah dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data diketahui bahwa: (1). Rata-rata hasil belajar siswa 70,77 ketuntasan klasikal 83,33 % (2). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil data di atas, penerapan model PBI dapat dijadikan sebagai strategi dalam proses pembelajaran.

Penerapan model Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas IPS siswa kelas V di MI NW Peseng.Prestasi belajar IPS ekonomi meningkat melalui model ini pada kompetensi mengenal jenis usaha dan kegiatan ekonomi.Hal tersebut ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar sebesar 67,08%, aktivitas siswa 19,04%, dan kinerja guru 13,63%.

Penelitian lanjutan bisa mengkaji apakah model Problem Based Introduction yang terbukti efektif di tingkat elementary school ini dapat diterapkan pada jenjang pendidikan menengah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ekonomi modern yang lebih kompleks. Selain itu, peneliti dapat mempelajari dampak integrasi teknologi digital dalam model PBI terhadap motivasi siswa berkebutuhan khusus yang menghadapi kesulitan belajar, sehingga menciptakan pendekatan yang lebih inklusif. Akhirnya, studi banding antar sekolah dengan demografi siswa yang berbeda-beda dapat mengeksplorasi variasi hasil pembelajaran untuk menyesuaikan model PBI dengan konteks budaya dan sosial lokal, membuka peluang bagi inovasi pembelajaran yang lebih luas. Dengan mengembangkan aspek-aspek ini, penelitian masa depan dapat memperdalam bagaimana model PBI mendorong kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah dalam berbagai subjek, membantu siswa tidak hanya menghafal tetapi benar-benar memahami materi ekonomi untuk kehidupan nyata. Peninjauan terhadap hambatan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya di sekolah kecil seperti MI NW Peseng juga perlu dieksplorasi lebih dalam melalui desain penelitian longitudinal yang melihat perkembangan siswa setelah masa studi mereka. Ini penting agar pendidikan menjadi lebih efektif dan relevan dengan tantangan dunia kerja masa depan. Dengan demikian, penelitian baru dapat membuktikan kekuatan model ini dalam membentuk generasi yang aktif dan berdaya saing. Kata-kata: 278.

  1. #model problem based#model problem based
  2. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
File size163.81 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test