NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL
Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global EducationPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional. Sebanyak 58 siswa kelas IV SDN Liwung dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan non-equivalent post-test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Uji validitas angket dan uji dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran ARIAS dengan Setting Group Investigation dibandingkan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional (F=10,373 dan Sig.=0,020; p<0,05).
Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Liwung antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Liwung, antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA.Ketiga, berdasarkan hasil analisis hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ARIAS dengan Setting Problem Based Learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Liwung.
Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran untuk penelitian lanjutan dapat dipertimbangkan. Pertama, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran ARIAS dengan Problem Based Learning pada motivasi dan hasil belajar IPA di jenjang pendidikan yang berbeda, seperti sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Hal ini penting untuk mengetahui apakah model pembelajaran ini tetap efektif diterapkan pada siswa dengan karakteristik usia dan tingkat kognitif yang berbeda. Kedua, penelitian dapat memperdalam pemahaman mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi efektivitas model pembelajaran ini, seperti gaya belajar siswa, karakteristik guru, dan dukungan lingkungan sekolah. Investigasi terhadap faktor-faktor ini akan memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kondisi optimal untuk menerapkan model pembelajaran ini. Ketiga, studi komparatif dapat dilakukan dengan membandingkan efektivitas model pembelajaran ARIAS dengan Problem Based Learning dengan model pembelajaran inovatif lainnya, seperti pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran berbasis penemuan. Perbandingan ini akan membantu menentukan model pembelajaran yang paling sesuai untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Dengan demikian, penelitian-penelitian lanjutan ini akan semakin memperkaya khazanah pengetahuan mengenai pembelajaran IPA yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era modern.
| File size | 109.78 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UTMUTM Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilanPemanfaatan teknologi dalam meningkatkan literasi multikultural dalam pembelajaran bahasa dan sastra merupakan strategi efektif untuk mengembangkan keterampilan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Dapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran berupa perangkat eksperimen berbasis pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar keterampilanDapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran berupa perangkat eksperimen berbasis pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah pesertaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus dan dilakukan di madrasah aliyah swasta di kabupaten Lombok Tengah. Jumlah peserta
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu tahapanHasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kompetensi berpikir kritis siswa memiliki ciri yaitu tahapan
Useful /
UTMUTM Pembelajaran interaktif memperkaya pengalaman belajar dan membantu pemahaman keberagaman budaya. Siswa dapat mengakses informasi berbagai latar belakangPembelajaran interaktif memperkaya pengalaman belajar dan membantu pemahaman keberagaman budaya. Siswa dapat mengakses informasi berbagai latar belakang
UTMUTM Pembelajaran sastra yang melibatkan berbagai perspektif budaya berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral siswa, yang penting dalamPembelajaran sastra yang melibatkan berbagai perspektif budaya berkontribusi pada pembentukan karakter dan nilai-nilai moral siswa, yang penting dalam
UTMUTM Metode ini dipilih untuk mendalami fenomena penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaMetode ini dipilih untuk mendalami fenomena penerapan AI dalam pengajaran bahasa sastra di SMP Negeri 9 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
UTMUTM Buku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasanBuku pelajaran ini dirancang agar siswa memahami konteks global dan mengenal berbagai perbedaan budaya dari berbagai belahan dunia. Pentingnya penjelasan