NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL

Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global Education

Jenis penelitian yang digunakan mengikuti jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dikenal bersifat deskriptif yang dalam penerapannya menggunakan analisis data kualitatif yang membuat penjelasan data berupa informasi yang mudah dipahami. Pembelajaran yang diasumsikan sebagai mata pelajaran berada di Institut Pendidikan Nusantara Global dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran online atau yang sering disebut dengan distance learning. Mahasiswa melakukan pembelajaran online dan berinteraksi dalam pembelajaran dengan dosen menggunakan beberapa aplikasi yang sering digunakan pada umumnya, seperti Google Meet, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapp Group yang dibuat secara mandiri oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa selama masa pandemi COVID-19 di Institut Pendidikan Nusantara Global. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 mempengaruhi minat belajar mahasiswa, mahasiswa merasa bosan selama belajar karena tidak bertemu atau bertatap muka langsung dengan teman dan dosen di kampus.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudah bosan ketika pembelajaran daring berlangsung.Pembelajaran kurang menarik tidak seperti pembelajaran di kelas/kampus.Dosen perlu menciptakan pembelajaran daring yang menarik dan meningkatkan minat belajar mahasiswa.Saran bagi peneliti, dosen selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa agar tidak cepat bosan dalam proses pembelajaran daring.

1. Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas berbagai platform digital (seperti Google Meet, Zoom, atau Telegram) dalam membentuk keterlibatan mahasiswa selama pembelajaran daring. 2. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami peran orang tua dalam mendukung minat belajar mahasiswa di rumah, termasuk bagaimana komunikasi antar keluarga dan institusi pendidikan dapat ditingkatkan. 3. Peneliti dapat mengembangkan model pembelajaran daring yang adaptif terhadap keterbatasan infrastruktur internet, terutama di daerah dengan ketersediaan jaringan tidak merata.

  1. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa | Andriani | Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.... ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa Andriani Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran ejournal upi edu index php jpmanper article view 14958
  1. #mahasiswa institut#mahasiswa institut
File size158.88 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test