NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL
Jurnal Ilmiah Global EducationJurnal Ilmiah Global EducationJenis penelitian yang digunakan mengikuti jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dikenal bersifat deskriptif yang dalam penerapannya menggunakan analisis data kualitatif yang membuat penjelasan data berupa informasi yang mudah dipahami. Pembelajaran yang diasumsikan sebagai mata pelajaran berada di Institut Pendidikan Nusantara Global dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran online atau yang sering disebut dengan distance learning. Mahasiswa melakukan pembelajaran online dan berinteraksi dalam pembelajaran dengan dosen menggunakan beberapa aplikasi yang sering digunakan pada umumnya, seperti Google Meet, Google Classroom, Zoom, dan Whatsapp Group yang dibuat secara mandiri oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa selama masa pandemi COVID-19 di Institut Pendidikan Nusantara Global. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online pada masa pandemi COVID-19 mempengaruhi minat belajar mahasiswa, mahasiswa merasa bosan selama belajar karena tidak bertemu atau bertatap muka langsung dengan teman dan dosen di kampus.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa karena mahasiswa menjadi mudah bosan ketika pembelajaran daring berlangsung.Pembelajaran kurang menarik tidak seperti pembelajaran di kelas/kampus.Dosen perlu menciptakan pembelajaran daring yang menarik dan meningkatkan minat belajar mahasiswa.Saran bagi peneliti, dosen selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa agar tidak cepat bosan dalam proses pembelajaran daring.
1. Penelitian lanjutan dapat menguji efektivitas berbagai platform digital (seperti Google Meet, Zoom, atau Telegram) dalam membentuk keterlibatan mahasiswa selama pembelajaran daring. 2. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami peran orang tua dalam mendukung minat belajar mahasiswa di rumah, termasuk bagaimana komunikasi antar keluarga dan institusi pendidikan dapat ditingkatkan. 3. Peneliti dapat mengembangkan model pembelajaran daring yang adaptif terhadap keterbatasan infrastruktur internet, terutama di daerah dengan ketersediaan jaringan tidak merata.
| File size | 158.88 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Problematika pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan meliputi kurangnya pendidikan karakter dan fasilitas pendukung pembelajaran. KepalaProblematika pendidikan dasar Islam abad 21 di SD Negeri Kentungan meliputi kurangnya pendidikan karakter dan fasilitas pendukung pembelajaran. Kepala
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Uji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaanUji reliabilitas angket dan tes yang digunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dan MANOVA. Hasil penelitian terdapat perbedaan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Dapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran berupa perangkat eksperimen berbasis pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar keterampilanDapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaran berupa perangkat eksperimen berbasis pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelasPenelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pola Lesson Study terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas
Useful /
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Tahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelasTahapan yang dilakukan adalah: Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Evaluasi/Observasi dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas
NUSANTARAGLOBALNUSANTARAGLOBAL Data penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. DataData penelitian adalah: (1). Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. (2). Aktivitas siswa dikumpulkan melalui pedoman observasi. Data
IJAINIJAIN Perbedaan dalam bahasa pemrograman, arsitektur aplikasi, sistem basis data, serta representasi data menciptakan masalah heterogenitas di lingkungan aplikasi.Perbedaan dalam bahasa pemrograman, arsitektur aplikasi, sistem basis data, serta representasi data menciptakan masalah heterogenitas di lingkungan aplikasi.
IJAINIJAIN Analisis waktu-frekuensi pada musik Gong Timor menggunakan Short-Time Fourier Transform (STFT) dan Continuous Wavelet Transform (CWT) memiliki peran pentingAnalisis waktu-frekuensi pada musik Gong Timor menggunakan Short-Time Fourier Transform (STFT) dan Continuous Wavelet Transform (CWT) memiliki peran penting