UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA. Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest nonequivalent control group digunakan pada 72 siswa kelas XI di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kedua variabel dibandingkan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara bertahap dengan pendampingan guru agar siswa terbiasa mengelola tugas mandiri.

Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi.Guru disarankan menerapkan model ini secara bertahap dengan pendampingan agar siswa dapat mengelola tugas mandiri secara optimal.

Bila model ini sudah terbukti bermanfaat, bagaimana jika peneliti berikutnya mengeksplorasi bagaimana perbedaan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran eksak lain seperti fisika atau kimia, serta mengaitkannya dengan kemampuan berpikir kritis siswa? Selain itu, apakah penggunaan teknologi seperti aplikasi belajar berbasis kecerdasan buatan dapat memperkuat efek self-regulated learning ketika dipadukan dengan model ini? Dan, bagaimana jika penelitian lanjutan menelusuri apakah latar belakang gender atau kemampuan awal siswa memoderasi keberhasilan model ini, sehingga dapat dirancang strategi yang lebih personal untuk setiap kelompok?.

File size1.02 MB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test