UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA. Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest nonequivalent control group digunakan pada 72 siswa kelas XI di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kedua variabel dibandingkan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara bertahap dengan pendampingan guru agar siswa terbiasa mengelola tugas mandiri.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi.Guru disarankan menerapkan model ini secara bertahap dengan pendampingan agar siswa dapat mengelola tugas mandiri secara optimal.
Bila model ini sudah terbukti bermanfaat, bagaimana jika peneliti berikutnya mengeksplorasi bagaimana perbedaan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran eksak lain seperti fisika atau kimia, serta mengaitkannya dengan kemampuan berpikir kritis siswa? Selain itu, apakah penggunaan teknologi seperti aplikasi belajar berbasis kecerdasan buatan dapat memperkuat efek self-regulated learning ketika dipadukan dengan model ini? Dan, bagaimana jika penelitian lanjutan menelusuri apakah latar belakang gender atau kemampuan awal siswa memoderasi keberhasilan model ini, sehingga dapat dirancang strategi yang lebih personal untuk setiap kelompok?.
| File size | 1.02 MB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-55 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan
UNYUNY Berdasarkan hasil analisis, terdapat tiga temuan utama. pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulisBerdasarkan hasil analisis, terdapat tiga temuan utama. pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis
UNYUNY Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis danSampel dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dan
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki kerapatan 0,69 g/cm³, ketebalan 0,22 mm, kuat tarik 21,45 N/mm², dan kadar air 7,8%. Kertas iniHasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki kerapatan 0,69 g/cm³, ketebalan 0,22 mm, kuat tarik 21,45 N/mm², dan kadar air 7,8%. Kertas ini
UNYUNY Instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajarInstrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar
UNYUNY Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan,Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan,
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
Useful /
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia pada periode kekaisaran, dengan menekankan tren historis, pola pertumbuhan, tantangan budayaOleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia pada periode kekaisaran, dengan menekankan tren historis, pola pertumbuhan, tantangan budaya
UNUSAUNUSA Kesimpulannya, penundaan pemeriksaan serum hingga 3 jam dengan berbagai pertimbangan masih dapat diterima. Penelitian ini menemukan tidak ada perbedaanKesimpulannya, penundaan pemeriksaan serum hingga 3 jam dengan berbagai pertimbangan masih dapat diterima. Penelitian ini menemukan tidak ada perbedaan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Melalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harianMelalui survei dan observasi terhadap 120 anak di bawah delapan tahun, hasil menunjukkan hubungan signifikan antara jam penggunaan media sosial harian