UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA. Metode kuasi eksperimen dengan desain pretest–posttest nonequivalent control group digunakan pada 72 siswa kelas XI di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji MANOVA. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kedua variabel dibandingkan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara bertahap dengan pendampingan guru agar siswa terbiasa mengelola tugas mandiri.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-regulated learning siswa SMA.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi.Guru disarankan menerapkan model ini secara bertahap dengan pendampingan agar siswa dapat mengelola tugas mandiri secara optimal.
Bila model ini sudah terbukti bermanfaat, bagaimana jika peneliti berikutnya mengeksplorasi bagaimana perbedaan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran eksak lain seperti fisika atau kimia, serta mengaitkannya dengan kemampuan berpikir kritis siswa? Selain itu, apakah penggunaan teknologi seperti aplikasi belajar berbasis kecerdasan buatan dapat memperkuat efek self-regulated learning ketika dipadukan dengan model ini? Dan, bagaimana jika penelitian lanjutan menelusuri apakah latar belakang gender atau kemampuan awal siswa memoderasi keberhasilan model ini, sehingga dapat dirancang strategi yang lebih personal untuk setiap kelompok?.
| File size | 1.02 MB |
| Pages | 8 |
| Short Link | https://juris.id/p-55 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan berulang, koreksi kesalahan, dan pendekatan pembelajaran yang menekankan aspek fonetik sejakUntuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan berulang, koreksi kesalahan, dan pendekatan pembelajaran yang menekankan aspek fonetik sejak
UNYUNY Anak dengan kemampuan asosiasi tinggi juga menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih baik dibandingkan dengan anak dengan kemampuan asosiasiAnak dengan kemampuan asosiasi tinggi juga menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih baik dibandingkan dengan anak dengan kemampuan asosiasi
UNYUNY Permainan daring tidak selalu berdampak negatif pada kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa selama durasi bermain dikelola dengan baik. KontrolPermainan daring tidak selalu berdampak negatif pada kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa selama durasi bermain dikelola dengan baik. Kontrol
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki kerapatan 0,69 g/cm³, ketebalan 0,22 mm, kuat tarik 21,45 N/mm², dan kadar air 7,8%. Kertas iniHasil menunjukkan bahwa kertas yang dihasilkan memiliki kerapatan 0,69 g/cm³, ketebalan 0,22 mm, kuat tarik 21,45 N/mm², dan kadar air 7,8%. Kertas ini
UNYUNY Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-testModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA. Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-test
UNYUNY Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan,Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan,
UNYUNY Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick & Carey. Pada tahap evaluasi formatif dilakukan melalui (1) validasi perangkatPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick & Carey. Pada tahap evaluasi formatif dilakukan melalui (1) validasi perangkat
UNMUNM Penelitian ini menerapkan studi kasus kualitatif interpretatif terhadap sembilan dosen Bahasa Inggris melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi.Penelitian ini menerapkan studi kasus kualitatif interpretatif terhadap sembilan dosen Bahasa Inggris melalui wawancara, analisis dokumen, dan observasi.
Useful /
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan denganHasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan dengan
UNYUNY Analisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnyaAnalisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnya
UNYUNY Pra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswaPra‑tes dan pasca‑tes dilaksanakan untuk mengukur peningkatan tingkat pemahaman bacaan, sementara wawancara mengungkap pengalaman dan persepsi siswa
UNUSAUNUSA Tujuan penelitian ini menguji kesesuaian alat otomatis Lenshooke™ SQA X1 Pro dengan metode manual sebagai standar emas. Subjek penelitian adalah pasienTujuan penelitian ini menguji kesesuaian alat otomatis Lenshooke™ SQA X1 Pro dengan metode manual sebagai standar emas. Subjek penelitian adalah pasien