MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa dengan menggunakan metode field trip. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis puisi, subjek penelitiannya siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah, yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu nilai KKM=70 dengan ketuntasan secara klasikal minimal 85% dan aktivitas siswa minimal aktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode field trip pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas XI IPS 1 di MAN 1 Hulu Sungai Tengah dengan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 63,8% dengan rata-rata kelas 69,42 pada siklus I, 91,6% dengan rata-rata kelas 88,08% pada siklus II.

Penggunaan metode field trip terbukti meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa dalam menulis puisi.Metode ini memberikan pengalaman belajar nyata yang memacu kreativitas siswa serta memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah secara langsung.Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penerapan metode inovatif seperti field trip serta minat dan karakteristik belajar siswa, sehingga guru sebaiknya mengombinasikan metode tradisional dengan pendekatan lapangan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi media digital dengan kegiatan field trip memengaruhi kemampuan menulis puisi siswa, misalnya dengan menguji apakah penggunaan aplikasi ponsel selama kunjungan lapangan meningkatkan kreativitas teks puisi. Selain itu, penting untuk meneliti dampak jangka panjang field trip terhadap retensi kemampuan menulis puisi, dengan membandingkan hasil belajar pada siswa yang menerima intervensi tersebut selama satu hingga tiga tahun ke depan. Selanjutnya, penelitian dapat menyelidiki peran faktor socio‑emosional siswa, seperti rasa percaya diri dan motivasi intrinsik, sebagai mediator efek field trip pada kualitas tulisan puisi, sehingga dapat dirumuskan strategi pembelajaran yang lebih holistik dan responsif terhadap kebutuhan emosional belajar.

  1. Layanan Informasi Karier Berbasis Field Trip untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa | Indonesian Journal... ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/105Layanan Informasi Karier Berbasis Field Trip untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa Indonesian Journal ijec ejournal index php counseling article view 105
  2. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012045Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1503 1 012045
  3. Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi | Nugraha | Indonesian... doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi Nugraha Indonesian doi 10 17509 ijpe v2i1 11647
  1. #hasil analisis data#hasil analisis data
  2. #hasil belajar biologi#hasil belajar biologi
File size179.23 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test