IKIP SILIWANGIIKIP SILIWANGI

Infinity JournalInfinity Journal

Studi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang dilihat dari rasa ingin tahu melalui bahan ajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 75 sampel yang dibagi menjadi dua kelas. Penelitian ini menggunakan teknik sampling acak sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematik dan kuesioner rasa ingin tahu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. Data dianalisis melalui uji Anova dua arah. Berdasarkan analisis dan interpretasi temuan penelitian, ditemukan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa dari tingkat keingintahuan tinggi dengan menggunakan bahan ajar model Pembelajaran Berbasis Masalah; 1) Ada peningkatan dari tingkat keingintahuan rata-rata melalui pembelajaran dengan bahan ajar kalkulus integral; 2) Ada peningkatan dari tingkat keingintahuan rendah; 3) Tidak ada peningkatan dari tingkat keingintahuan (Tinggi, Sedang, Rendah) melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 4) Tidak ada pengaruh antara tingkat keingintahuan dan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa. Lakukan studi lebih mendalam terkait peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik dengan meninjau aspek afektif lainnya.

(1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah kalkulus integral lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah baik dalam hal tingkat keingintahuan tinggi, sedang, dan rendah.(2) Tidak ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang belajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah kalkulus integral dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah berdasarkan tingkat keingintahuan (tinggi, sedang, rendah).(3) Tidak ada efek interaksi antara tingkat keingintahuan dan pembelajaran pada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penting untuk mengeksplorasi bagaimana aspek pembelajaran dapat ditingkatkan dengan pertanyaan penelitian baru seperti: Bagaimana pengaruh penggunaan perangkat lunak matematika seperti GeoGebra dalam pembelajaran kalkulus terhadap tingkat keingintahuan dan berpikir kritis siswa? Selanjutnya, studi lebih lanjut juga dapat dilakukan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbasis masalah tidak hanya pada kalkulus integral, tetapi juga pada kalkulus diferensial dan mata pelajaran lainnya. Akhirnya, penelitian dapat mempertimbangkan pendekatan metode campuran untuk menyelidiki interaksi kompleks antara pengajaran berbasis masalah, keingintahuan, dan pemahaman konsep matematik secara lebih menyeluruh.

  1. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan... doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.148Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan doi 10 24832 jpnk v20i3 148
  2. Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika | Mutakin | Formatif: Jurnal Ilmiah... doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika Mutakin Formatif Jurnal Ilmiah doi 10 30998 formatif v3i1 113
  3. Mathematical Critical Thinking and Curiosity Attitude in Problem Based Learning and Cognitive Conflict... ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/66563Mathematical Critical Thinking and Curiosity Attitude in Problem Based Learning and Cognitive Conflict ccsenet journal index php ies article view 66563
  4. PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KALKULUS 2 BAHASAN VOLUM BENDA PUTAR | Phenomenon : Jurnal Pendidikan... doi.org/10.21580/phen.2013.3.1.179PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KALKULUS 2 BAHASAN VOLUM BENDA PUTAR Phenomenon Jurnal Pendidikan doi 10 21580 phen 2013 3 1 179
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #pemahaman konsep matematika#pemahaman konsep matematika
File size312.34 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test