UNDIKSHAUNDIKSHA
Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan IndonesiaPendidikan inklusif merupakan hak setiap individu, termasuk siswa tunarungu, untuk mendapatkan akses yang setara dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran bahasa isyarat berbasis web, menggunakan Bahasa Isyarat Amerika (WEBSL), bagi siswa tunarungu dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa tunarungu dari salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui analisis isi buku teks bahasa Inggris yang disesuaikan untuk siswa tunarungu, serta wawancara tematik dengan guru berpengalaman, untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran siswa yang meliputi inklusivitas, preferensi kejelasan pembelajaran visual. Hasil analisis menunjukkan perlunya model pembelajaran berbasis web yang interaktif untuk memfasilitasi akses siswa tunarungu terhadap materi bahasa Inggris yang disesuaikan. Prototipe yang dikembangkan dalam penelitian ini dirancang agar sesuai interaktif, mudah diakses, serta dengan kebutuhan, bersifat memperhitungkan sensitivitas budaya. Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan sumber daya pembelajaran yang adaptif dan interaktif, serta implikasinya terhadap peningkatan keterampilan bahasa Inggris siswa tunarungu.
Analisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnya integrasi bahasa isyarat.Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran web yang menggabungkan Bahasa Isyarat Amerika (ASL) dengan materi budaya lokal, meningkatkan pengalaman belajar siswa tunarungu.Model tersebut menawarkan sumber daya yang adaptif, interaktif, dan mudah diakses, setara dengan harapan pendidikan inklusif yang berkelanjutan.
Penelitian selanjutnya dapat menilai dampak platform ASL berbasis web yang terintegrasi budaya lokal pada kinerja belajar siswa tunarungu di berbagai wilayah dengan ketidaksetaraan akses teknologi, pembandingan efektivitas interaksi dua arah menggunakan augmentasi realitas (AR) atau realitas virtual (VR) dalam memperkaya pengalaman belajar bahasa isyarat, serta studi longitudinal mengeksplorasi perubahan tingkat motivasi dan kemandirian belajar siswa melalui modul pengembangan profesional guru berbasis e‑learning, khususnya bagi pendidik di daerah terpencil. Hasil evaluasi kuantitatif dan kualitatif akan mengukur peningkatan pemahaman bahasa Inggris serta keahlian mengekspresikan diri dalam ASL, yang dapat memperbaiki kebijakan penyediaan infrastruktur digital dan alokasi sumber daya Bakat. Peneliti dapat melakukan eksperimen A/B untuk memilih desain antarmuka yang paling memudahkan akses bagi siswa dengan tingkat kemampuan visual berbeda, menguji coba kelompok kontrol yang menggunakan materi tradisional versus kelompok test yang memakai platform kami, sehingga menghasilkan rekomendasi berbasis bukti untuk upgrade sistem pembelajaran assistif di sekolah menengah khusus. Kolaborasi dengan pihak teknologi dapat memperluas jangkauan multimedia, termasuk penerjemahan otomatis ASL ke teks, yang semua temuan akan disajikan dalam publikasi dan workshop untuk memfasilitasi adopsi luas di tingkat nasional.
- Project MUSE - Emergence and Evolutions: Introducing Sign Language Sociolinguistics. project muse emergence... doi.org/10.1353/sls.2021.0023Project MUSE Emergence and Evolutions Introducing Sign Language Sociolinguistics project muse emergence doi 10 1353 sls 2021 0023
- The tipping point: On the use of signs from American Sign Language in International Sign - ScienceDirect.... doi.org/10.1016/j.langcom.2020.06.004The tipping point On the use of signs from American Sign Language in International Sign ScienceDirect doi 10 1016 j langcom 2020 06 004
| File size | 586.19 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-4S |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Self-efficacy muncul sebagai faktor mediasi terkuat yang memperkuat dampak kompetensi digital, perilaku otonom, dan motivasi siswa terhadap hasil akademikSelf-efficacy muncul sebagai faktor mediasi terkuat yang memperkuat dampak kompetensi digital, perilaku otonom, dan motivasi siswa terhadap hasil akademik
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk pendidikan kejuruan kuliner valid, praktis, dan sangat efektif bagi siswa dengan disabilitas intelektualMultimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk pendidikan kejuruan kuliner valid, praktis, dan sangat efektif bagi siswa dengan disabilitas intelektual
UNMUNM Integrasi teknologi dalam pendidikan telah mengubah cara siswa belajar, memberi peluang tak tertandingi dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri (SDL).Integrasi teknologi dalam pendidikan telah mengubah cara siswa belajar, memberi peluang tak tertandingi dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri (SDL).
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan di tiga bidang utama: aksesibilitas bahan pembelajaran, efektivitas akomodasi ujian, dan kesadaranPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan di tiga bidang utama: aksesibilitas bahan pembelajaran, efektivitas akomodasi ujian, dan kesadaran
UNYUNY Rata-rata penguasaan mahasiswa di kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% dibandingkan kelompok kontrol, yang menunjukkan efektivitas pendekatan berpusatRata-rata penguasaan mahasiswa di kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% dibandingkan kelompok kontrol, yang menunjukkan efektivitas pendekatan berpusat
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran terintegrasi aritmatika sosial dan akuntansi.
UNMUNM Penelitian dilaksanakan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Mataram, Indonesia, melibatkan mahasiswa, dosen Bahasa Inggris, dosen bidang studi, dan manajemen.Penelitian dilaksanakan di Jurusan Kebidanan Poltekkes Mataram, Indonesia, melibatkan mahasiswa, dosen Bahasa Inggris, dosen bidang studi, dan manajemen.
UPIUPI Proses penyempurnaan adaptif menunjukkan estimasi galat global yang lebih efektif dibandingkan refinemen seragam dari sisi biaya komputasi.metode ini berpotensiProses penyempurnaan adaptif menunjukkan estimasi galat global yang lebih efektif dibandingkan refinemen seragam dari sisi biaya komputasi.metode ini berpotensi
Useful /
UNDIPUNDIP Penelitian sebelumnya telah banyak mengeksplorasi faktor individu seperti usia ibu, keparan, atau status gizi secara terpisah. Namun, belum ada analisisPenelitian sebelumnya telah banyak mengeksplorasi faktor individu seperti usia ibu, keparan, atau status gizi secara terpisah. Namun, belum ada analisis
UNMUNM Temuan menunjukkan bahwa instruksi eksplisit yang mencakup penetapan tujuan, scaffolding multimo, dan refleksi terstruktur meningkatkan kesadaran metakognitifTemuan menunjukkan bahwa instruksi eksplisit yang mencakup penetapan tujuan, scaffolding multimo, dan refleksi terstruktur meningkatkan kesadaran metakognitif
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil uji sifat fisik menunjukkan kertas kulit pisang memiliki gramatur 120 g/m², ketebalan 0,18 mm, kekuatan tarik 15,8 N, dan daya serap air 42 %. KertasHasil uji sifat fisik menunjukkan kertas kulit pisang memiliki gramatur 120 g/m², ketebalan 0,18 mm, kekuatan tarik 15,8 N, dan daya serap air 42 %. Kertas
UNDIKSHAUNDIKSHA Penguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphonePenguatan forum multi-pihak serta indikator kinerja yang jelas diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kebijakan. Pemanfaatan aplikasi berbasis smartphone