UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationIntegrasi teknologi dalam pendidikan telah mengubah cara siswa belajar, memberi peluang tak tertandingi dalam memfasilitasi pembelajaran mandiri (SDL). Penelitian ini menelusuri pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang menggabungkan alat teknologi dengan praktik pendidikan berbasis kearifan lokal guna meningkatkan SDL siswa. Metode penelitian bersifat kualitatif, dan Analisis Tematik (AT) digunakan untuk menganalisis data dengan bantuan perangkat lunak Nvivo R14. Partisipan adalah guru sekolah menengah atas di Sulawesi Selatan, Indonesia, yang menerapkan PjBL terintegrasi teknologi dan kearifan lokal. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, difokuskan pada integrasi PjBL, teknologi, dan kearifan lokal dalam proses belajar. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tema utama: prosedur PjBL, integrasi teknologi, integrasi kearifan lokal, dan dampak pada SDL siswa, masing-masing didukung oleh subtema. Temuan penelitian ini memiliki tiga implikasi praktis. Pertama, memasukkan kearifan lokal ke dalam ELT membantu memelihara warisan budaya sekaligus membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan bagi siswa. Kedua, mengintegrasikan teknologi dan kearifan lokal ke dalam PjBL dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa; proyek yang berakar pada konteks budaya yang dikenali bersama alat teknologi interaktif membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Selanjutnya, penerapan PjBL berbasis kearifan lokal dengan teknologi memfasilitasi SDL siswa. Siswa memperoleh kesempatan untuk mengambil kepemilikan atas proses belajarnya serta mengembangkan keterampilan kolaborasi, pemikiran kritis, kemandirian belajar, kompetensi bahasa, dan pemahaman budaya. Akhirnya, peneliti berharap studi ini memberi pemahaman lebih komprehensif mengenai penerapan konten budaya lokal dalam pengajaran bahasa Inggris.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna.Integrasi teknologi dan kearifan lokal dalam PjBL secara efektif mendorong pembelajaran mandiri (SDL) siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menyelesaikan proyek berbasis kearifan lokal yang terintegrasi teknologi mengembangkan kemampuan belajar mandiri dalam kelompok, namun guru perlu menyediakan panduan dan instruksi yang jelas agar siswa dapat mengelola waktu, membagi tugas, dan menetapkan tujuan belajar.
Pertama, sebaiknya dilakukan studi kuantitatif yang membandingkan kemampuan bahasa Inggris dan kemandirian belajar siswa yang mengikuti proyek PjBL berbasis kearifan lokal dengan kelompok kontrol tanpa pendekatan tersebut. Hasilnya diharapkan menghasilkan data statistik yang dapat memperkuat validitas keberhasilan integrasi ini dalam konteks ELT. Kedua, perlu diteliti dampak program pengembangan profesional bagi guru dalam meningkatkan kompetensi integrasi teknologi dan kearifan lokal, serta hubungan langsungnya dengan efektivitas PjBL. Penelitian ini dapat mencakup survei dan observasi harian yang mendokumentasikan perubahan penggunaan alat teknologi dan pemahaman budaya di kelas. Ketiga, penelitian lintas daerah di Indonesia dapat dikembangkan untuk menilai apakah keberhasilan PjBL terpusat pada kearifan lokal bersifat kontekstual dan bagaimana penerapannya dapat diadaptasi di daerah dengan budaya dan sumber daya teknologi yang berbeda. Pemetaan kasus ini dapat memandu pembuat kebijakan dalam mengalokasikan sumber daya yang tepat bagi pengembangan kurikulum berbasis proyek.
- Research Gap on Differentiated Learning in The EFL Classroom: A Conceptual Framework | Journal of Language... doi.org/10.71194/jlla.v2i1.108Research Gap on Differentiated Learning in The EFL Classroom A Conceptual Framework Journal of Language doi 10 71194 jlla v2i1 108
- THE PROJECT-BASED ASSESSMENT LEARNING MODEL THAT IMPACTS LEARNING ACHIEVEMENT AND NATIONALISM ATTITUDES... doi.org/10.21831/cp.v40i2.38427THE PROJECT BASED ASSESSMENT LEARNING MODEL THAT IMPACTS LEARNING ACHIEVEMENT AND NATIONALISM ATTITUDES doi 10 21831 cp v40i2 38427
| File size | 449.32 KB |
| Pages | 21 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Dengan memindahkan pengembangan pengetahuan ke aktivitas sebelum kelas dan mendedikasikan waktu kelas untuk diskusi interaktif, pendekatan ini mendorongDengan memindahkan pengembangan pengetahuan ke aktivitas sebelum kelas dan mendedikasikan waktu kelas untuk diskusi interaktif, pendekatan ini mendorong
UNMUNM Sebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang mengintegrasikan prinsip gamifikasiSebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang mengintegrasikan prinsip gamifikasi
UNMUNM Desain penelitian meta-analisis memungkinkan peneliti untuk mencari dokumen publik terkait yang tersedia. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakanDesain penelitian meta-analisis memungkinkan peneliti untuk mencari dokumen publik terkait yang tersedia. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan
UNMUNM Cerita tersebut menggambarkan kehidupan seorang gadis berusia dua belas tahun asal Suriah yang meninggalkan kota penuh pertempuran untuk beribadah di AmerikaCerita tersebut menggambarkan kehidupan seorang gadis berusia dua belas tahun asal Suriah yang meninggalkan kota penuh pertempuran untuk beribadah di Amerika
Useful /
UNDIPUNDIP Mahasiswa banyak menggunakan strategi coping baik intrapersonal maupun interpersonal. Namun, ketika stres dari instruktur klinis meningkat, penggunaanMahasiswa banyak menggunakan strategi coping baik intrapersonal maupun interpersonal. Namun, ketika stres dari instruktur klinis meningkat, penggunaan
UNMUNM Menggunakan partisipan aksi penelitian, penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan 18 siswa kelas empat dalam intervensiMenggunakan partisipan aksi penelitian, penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris di sekolah dasar dan 18 siswa kelas empat dalam intervensi
UMMUMM AI tidak memiliki status hukum yang memadai untuk dijelaskan dalam sistem pidana Indonesia. Dalam kertas ini, penulis akan menilai apakah sistem pidanaAI tidak memiliki status hukum yang memadai untuk dijelaskan dalam sistem pidana Indonesia. Dalam kertas ini, penulis akan menilai apakah sistem pidana
UMMUMM Penelitian ini menyoroti dinamika zonasi pendidikan yang berdampak pada pilihan pasangan, mengajukan kerangka konseptual untuk menilai pengaruh zona terhadapPenelitian ini menyoroti dinamika zonasi pendidikan yang berdampak pada pilihan pasangan, mengajukan kerangka konseptual untuk menilai pengaruh zona terhadap