STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU

Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniAr-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) melibatkan instruksi dengan fokus pada pematangan kepribadian masing-masing anak sementara juga mendukung perkembangan umum anak. Antara dua hingga empat persen anak usia sekolah di Indonesia adalah penderita ADHD. Seorang anak dengan ADHD berperilaku berbeda dari anak biasa dengan cara yang berbeda, kesulitan berkonsentrasi, hiperaktif, atau gangguan defisit perhatian. Karena mempengaruhi hiperaktif dan gangguan defisit perhatian, hiperaktif anak usia dini adalah masalah yang parah. Prevalensi gangguan defisit perhatian dan hiperaktif pada anak-anak meningkat akhir-akhir ini.

Program terapi Back in Control dan program IEP berperan penting dalam membantu anak dengan ADHD.Guru dan orang tua harus berkolaborasi sebagai sumber belajar, motivator, serta memberikan dukungan yang tepat untuk mengembangkan kemampuan anak.Teknik seperti Brain Gym serta kerjasama antara tenaga kesehatan, guru, orang tua, dan program terapi dapat meningkatkan konsentrasi, perilaku, dan memastikan pendidikan serta perawatan optimal bagi anak dengan kebutuhan khusus.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas integrasi latihan brain gym dengan teknik mind mapping dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi dan perilaku anak ADHD di lingkungan PAUD, sehingga memberikan bukti empiris tentang sinergi kedua pendekatan. Selanjutnya, diperlukan studi yang meneliti dampak program pelatihan keterlibatan orang tua yang dipadukan dengan pengembangan profesional guru untuk memperkuat kolaborasi antara rumah dan sekolah dalam mendukung anak ADHD, dengan mengukur perubahan pada aspek sosial‑emosional dan akademik anak. Terakhir, penelitian longitudinal selama dua tahun terhadap program IEP yang disesuaikan khusus untuk anak ADHD hiperaktif‑impulsif dapat memberikan wawasan tentang perkembangan akademik, sosial, dan emosional jangka panjang, serta mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan intervensi.

  1. Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku... obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku obsesi index php obsesi article view 4
  2. UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING ANAK HIPERAKTIF DI TK PKK TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN | Iftitah | Jurnal Anak... jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/950UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING ANAK HIPERAKTIF DI TK PKK TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN Iftitah Jurnal Anak jurnal uai ac index php AUDHI article view 950
  1. #gerak anak usia#gerak anak usia
  2. #prestasi akademik anak#prestasi akademik anak
Read online
File size446.81 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test